32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi Rem Blong Pada Motor dengan Benar

Cara Mengatasi Rem Blong Pada Motor dengan Benar

Permasalahan yang kerap terjadi pada kendaraan bermotor adalah rem blong. Terkadang rem blong bisa terjadi secara tiba-tiba dan hal itu pasti akan membuat Anda panic. Jika hal tersebut terjadi simaklah cara mengatasi rem blong pada kendaraan bermotor di bawah ini.

Tetap Berusaha Bersikap Tenang

Hal pertama dan yang paling penting ketika rem mendadak blong di tengah jalan adalah tetap bersikap tenang. Hal ini terkadang tidak dilakukan oleh orang yang mengalami kejadian tersebut sehingga bingung harus bersikap bagaimana karena pikirannya belum jernih.

Oleh karena itu, Anda harus tetap bisa bersikap tenang agar masalah dapat segera selesai. Anda harus ingat bahwa rem blong terjadi karena adanya panas yang berlebihan pada komponen motor. Ini mulai dari caliper motor yang mendadak mengalami kerusakan fungsi dan merambat ke bagian piston.

Piston tersebut macet sehingga rem mendadak tidak bisa Anda gunakan. Maka dari itu Anda harus tetap bersikap tenang dan memikirkan bagaimana cara membenarkan rem blong tersebut.

Memberi Tanda Kepada Pengendara Lain

Hal yang satu ini juga perlu Anda lakukan adalah memberi isyarat agar pengendara lain bisa tahu bahwa kendaraan Anda mengalami rem blong. Walaupun termasuk tindakan yang kecil akan tetapi memiliki manfaat besar karena bisa menghindari kecelakaan di jalan.

Hal ini juga agar pengendara lain tetap memberikan Anda jalan. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memberi tanda kepada pengendara lain adalah dengan menyalakan klakson dan menghidupkan lampu sen. Anda juga bisa mengatakan apa yang sedang terjadi kepada pengendara lain.

Jangan Berada di Tempat yang Ramai

Cara mengatasi rem blong yang berikutnya adalah menghindari keramaian. Hampir sama seperti penjelasan sebelumnya, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kecelakaan besar. Ketika Anda sudah memberi tanda coba untuk menurunkan kecepatan motor dengan menggunakan engine break.

Setelah itu, Anda bisa mencari tujuan sesaat untuk menepikan kendaraan. Usahakan untuk mencari tempat yang luas dan sepi jika mendadak mengalami rem blong selama di perjalanan. Hal ini penting agar motor bisa beristirahat sejenak apalagi jika habis melewati jalanan menanjak.

Mengganti Kampas Rem

Kampas rem yang sudah aus adalah salah satu penyebab mengapa Anda bisa mengalami insiden tersebut. Alangkah baiknya Anda melakukan pengecekan secara rutin pada bagian kampas rem untuk mengetahui kondisinya aus atau tidak.

Ketika kampas aus Anda bisa langsung membawanya ke bengkel untuk menggantinya dengan yang baru.

Baca:  Berita Aneh Tentang Hujan, Takut dan Takjub!

Mendinginkan Kampas dengan Air

Cara mengatasi rem blong yang berikutnya adalah mendinginkan bagian kampas dengan menggunakan air. Hal ini bisa Anda lakukan jika tidak sempat untuk membeli kampas yang baru. Air bisa menjadi sebagai alternatif agar bagian yang panas tadi bisa dingin.

Baca:  Obat Untuk Sembelit Berikut Sangat Efektif

Lalu, cara mengaplikasikannya adalah dengan menyiram kampas menggunakan air dan diamkan selama beberapa saat hingga mendingin. Ketika proses pendinginan, alangkah baiknya Anda tidak menggunakan motor terlebih dahulu.

Menekan Bagian Tuas Rem

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberi tekanan pada bagian tuas rem. Setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga terjadi tekanan dan jangan lepas terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa mengendurkan cakram tersebut secara perlahan.

Langkah berikutnya adalah dengan membukanya lalu kencangkan kembali. Ketika Anda melakukan ini biasanya baut nipel akan terbuka dan saat itulah akan keluar minyak rem dari lubang tersebut. Kemudian coba perhatikan minyak rem yang keluar tersebut.

Jika keluarnya deras berarti udara di dalam sistem pengereman sudah keluar semua. Akan tetapi jika minyak rem keluarnya tidak deras berarti masih ada udara di dalam sistem pengereman kendaraan Anda. Setelah itu, Anda bisa mengencangkannya lagi hingga oli rem ikut kencang.

Ketika Anda melakukan hal ini jangan lupa untuk mengisi oli rem kembali ke dalam tabung reservoir. Hal ini perlu agar tidak ada lagi udara yang masuk ke sistem pengereman sehingga membuat blong. Sebenarnya sekarang sudah banyak motor yang dilengkapi dengan fitur Anti lock braking system.

Adanya fitur ABS tersebut dapat membantu proses pencegahan roda ketika mengalami panic break. Roda motor akan tetap bisa dikendalikan oleh fitur ABS ini.

Memaksimalkan Penggunaan Rem Belakang

Cara mengatasi rem blong apabila Anda sedang berada di jalan turunan adalah memaksimalkan penggunaan rem bagian belakang. Ketika Anda menggunakan rem belakang maka rem depan juga akan membantu secara perlahan.

Hal ini agar roda dan piringan tidak terkunci terlalu lama karena bisa membahayakan keselamatan Anda dan pengendara lainnya. Anda juga tidak boleh lupa untuk menjaga jarak dengan pengendara lain agar lebih mudah ketika ingin melakukan recovery atau pengeraman mendadak.

Terakhir, jangan sampai meletakkan jari Anda pada bagian rem depan terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan kampas rem kembali blong.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer