32 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi Rasa Kehilangan Kucing Kesayangan

Cara Mengatasi Rasa Kehilangan Kucing Kesayangan

Reportasee.com – Kematian terkadang menjadi suatu bahasan yang sangat biasa di saat kita belum mengalaminya atau orang terdekat kita mengalaminya. Namun menjadi sebuah tragedi yang menyisakan rasa trauma mendalam dan jika kita lah orang yang mengalaminya. Kepergian kucing kesayangan akan menjadi sesuatu yang begitu menyakitkan bagi kita para pecintanya.

Hal inipun terjadi saat seseorang harus mengalami kesedihan saat berpisah dari hewan peliharaannya. Hewan yang sudah seperti keluarga sendiri.

Bahkan banyak orang yang menganggap bahwa hewan peliharaannya telah memiliki ikatan batin yang begitu kuat. Ikatan yang bahkan lebih kuat melebihi kekuatan ikatan antar manusia sendiri.

Hingga jika kita berpisah dengan “anak kesayangan” tersebut, maka akan terasa runtuh dunia ini. Ini bukan lebay kawan…rasa ini hanya bisa terasa bagi orang-orang yang memiliki cinta dan ikatan batin terhadap hewan peliharaannya tersebut.

Baik anjing, kucing, ayam ataupun hewan lain yang sudah begitu dekat dengan pemiliknya, tentu saja rasa kehilangan itu akan membuat kehidupan menjadi terasa lain. Rasa yang biasa ada di sekitar kita menjadi sangat muram dan hitam.

Tips Mengatasi Rasa Berduka Atas Kepergian Kucing Kesayangan

Menyendiri

Ada kalanya berdiam diri sendiri menjadi obat yang cukup mujarab untuk mengatasi rasa kehilangan. Beri waktu untuk diri sendiri merenungi hal dan kejadian apa saja yang pernah terlewati bersama kucing kesayangan anda.

Lihat kembali galeri memori di kamera kita. Kita bisa merasakan kehadirannya di sebelah kita saat kita memandangi photonya atau menonton sejenak video kebersamaan dengannya.

Menangislah

Tidak perlu malu untuk mengungkapkan rasa sedih dengan menangis. Menangis merupakan salah satu obat mujarab untuk mengobati luka hati yang kita rasakan.

Menangis akan membuat tubuh mengeluarkan endorphin yang berguna untuk mematikan rasa sejenak. Hal ini membuat kita merasakan adanya kenyamanan walau sesaat. Namun manfaatnya akan lebih baik bagi jiwa maupun raga kita.

Dengan menangis, selain endorphin ada pula oksitosin yang bisa membuat perasaan menjadi tenang dan nyaman.

Tidak perlu merasa malu untuk menangis. Carilah tempat untuk berdiam diri, mungkin di kamar tidur dan kuncilah. Lepaskan segala rasa duka saat menangis. Curahkan rasa kehilangan tanpa melibatkan orang lain.

Curhat Kepada Orang Terdekat atau Terpercaya

Jika anda memiliki kerabat dekat atau teman yang terpercaya, tidak ada salahnya untuk mencurahkan segala kesedihan anda kepadanya.

Namun kita perlu menilai dulu orang tersebut. Apakah orang tersebut benar-benar cukup bijak untuk setidaknya mendengarkan segala keluh kesah kita. Jangan sampai salah orang. Orang yang salah hanya akan menjadi toksik bagi kesedihan kita.

Jika anda sudah menemukan orang untuk berbagi cerita, ungkapkan segala rasa kehilangan kepadanya.

Mungkin orang tersebut tidak dapat memberi saran atau nasehat yang bisa meredakan duka kita. Tapi barangakali setidaknya dia telah bersedia menjadi pendengar baik kita.

Dengan mengungkapkan rasa kehilangan dan emosi, kita bisa merasakan adanya sedikit rasa lepas. Hal ini sangat baik untuk kita melanjutkan hidup ke depannya.

Berkomunikasi dengan Kucing Kesayangan

Tataplah photo atau videonya. Katakanlah betapa anda mencintainya dan mohon maaflah jika anda merasa belum sempurna menjaganya. Anggaplah kucing kesayangan anda masih hidup dan berada di samping anda saat ini.

Namun perlu diingat, hal ini hanya kita lakukan setelah beberapa hari kepergiannya. Jangan lakukan berlarut-larut. Karena ini akan mempengaruhi kesehatan mental dan tubuh kita sendiri.

Berduka atas kehilangan hewan kesayangan itu perlu, namun jangan biarkan hal-hal negative malah menghalangi langkah kita ke depannya.

Katakan padanya betapa anda ingin sekali bertemu dengannya kelak. Betapa anda begitu merindukannya untuk segera bertemu dan bermain bersama lagi di sebuah tempat yang indah.

Kenanglah Rainbow Bridge

Dalam dunia hewan ada sebuah tempat bernama Rainbow Bridge. Disinilah kucing kesayangan kita menanti kedatangan kita untuk bersama-sama memasuki surga NYA. 

Di rainbow bridge ini, kucing kesayangan kita akan berlarian kesana kemari dengan riang gembira. Mereka mendapatkan makanan yang cukup, tempat istirahat yang nyaman, tempat bermain yang menyenangkan.

Disinilah mereka menanti kehadiran kita. Seseorang yang selalu berada dalam ingatannya. Seseorang tempat mereka merasakan rasa segala rindu.

Wallahualam bissawab.

Maafkanlah Diri Sendiri

Banyak pemilik kucing yang harus merelakan kepergian anabul nya tersebut dengan terus menerus menyalahkan diri sendiri.

Terlepas dari penyebab kehilangan kucing tersebut apakah mengalami sakit, ketabrak mobil atau motor atau hilang tanpa meninggalkan jejak.

Pemilik akan merasa tidak becus mengurus dan merawatnya dengan baik. Penyesalan kenapa kita tidak segera membawanya ke dokter hewan, kenapa tidak segera memasukkannya ke dalam rumah, dan beribu kenapa-kenapa lainnya.

Namun ketahuilah, bahwa dengan selalu menyalahkan diri sendiri tidak akan mengembalikan kucing kesayangan dan kembali ke dalam pelukanmu bukan?

Bangkitlah, tataplah hari esok dengan bersinar. Toh kita tidak mau kan melihat kucing kesayangan kita di rainbow bridge melihat kita orang yang sangat mereka cintainya berantakan, acak-acakan.

Jangan membuat mereka merasa bersedih atas kepergiannya meninggalkan kita.

Move on

Cobalah sedikit demi sedikit melupakan rasa kehilangan itu. Tidak pernah mudah memang untuk bisa melakukan hal itu. Easier said than done!

Tapi cobalah untuk mengingat kembali ini adalah skenario yang telah Tuhan rancang untuk kita. Ini adalah bagian dari coretan takdir yang sudah ada dalam hidup kita.

Entah sekarang atau nanti toh tetap saja semua yang bernyawa pasti mati. Ini adalah ketetapan Ilahi yang wajib kita yakini.

Menambah Kepasrahan dan Keyakinan kepada Yang Maha Kuasa

Dengan menerima takdir atas kehilangan kucing kesayangan, kita semestinya semakin bertambah yakin akan kuasa Nya. Bahwa janji Tuhan itu benar, kita semua akan kembali pada Nya suatu saat nanti. Entah detik keberapa dari sekarang.

Isilah hari-hari kita dengan semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Berdoalah semoga kita bisa berjumpa kembali dengan kucing kesayangan kita tersebut.   Jika Tuhan mengijinkan apapun dapat terjadi atas kuasa dan ijin Nya.

Insya Allah

Mohonlah doa untuk diberi kekuatan dan keyakinan yang akan meringankan beban hidup kita untuk mengatasi rasa kehilangan tersebut.

Perteballah iman kita kepada Nya, bahwa semua yang gaib memang akan terjadi tanpa kita akan tahu kapan dan dimana terjadinya.

Berbagi Kasih Sayang terhadap Hewan Lain

Bagi para pecinta hewan, seberapa besar apapun rasa cinta yang kita miliki terhadap hewan kesayangan kita baik anjing, kucing, ayam, kera, kelinci ataupun yang lainny. perlu kita igat satu hal, berbahagialah karena kita memiliki rasa sayang.

Banyak di luar sana orang-orang yang tidak memiliki rasa sayang baik terhadap sesama. Orang-orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan saat berbagi kasih terhadap hewan.

Kita wajib memelihara rasa kasih dan sayang ini, karena dengan kasih sayang itu hidup kita menjadi lebih damai.

Memberi kasih dan sayang bukan cukup sebatas kata. Perlakuan kita terhadap mereka itulah yang nyata. Berbagi makanan atau sekedar usapan di kepala mereka cukup membuat hewan-hewan tersebut merasakan kasih sayang yang tulus.

Hal ini cukup jitu untuk mengurangi rasa kehilangan akan kepergian kucing kesayangan kita. Setidaknya sedikit mengobati dan melupakan rasa rindu padanya.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk my orange best buddy ever; Beleng…hope you happy and healthy forever in rainbow bridge…have now met and played with your pretty sister Sea Tea? Infinitive love buddy….

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER