32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi Mata Kabur dan Pencegahannya

Cara Mengatasi Mata Kabur dan Pencegahannya

Bingung bagaimana cara mengatasi mata kabur? Saat ini ada banyak orang yang menderita masalah kesehatan tersebut. Mata kabur bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya usia. Namun, ada juga penyebab lain dari mata kabur yang bisa saja Anda alami.

Cara untuk mengatasi mata kabur juga beraneka ragam tergantung dari penyebabnya. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasi risiko terburuk dari sebuah penyakit. Berikut penjelasan mata kabur dan cara mengatasinya.

Hindari Mata Dari Zat Iritan

Salah satu cara mengatasi mata kabur yakni dengan menghindari zat iritan agar tidak masuk ke mata. Zat iritan merupakan zat yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, seperti debu, asap, hingga polusi udara.

Untuk menghindari hal di atas Anda bisa menggunakan pelindung mata, seperti kacamata saat bepergian ke luar rumah. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari zat iritan yang bisa masuk ke mata. Apalagi dengan banyaknya kendaraan dan polusi akan menambah jumlah zat iritan di udara.

Hindari Membaca Dengan Cahaya Redup

Membaca dengan cahaya redup juga menjadi salah satu penyebab kaburnya mata. Maka dari itu bagi Anda yang masih sering melakukannya, cobalah untuk menghindari hal tersebut. Hal ini dapat membantu meringankan beban mata secara berlebihan.

Ketika membaca dengan cahaya redup mata akan berusaha keras untuk melihat suatu objek. Hal ini tentu membuat beban mata bertambah, apalagi jika Anda membaca dengan posisi tidur itu justru akan membuat mata menerima beban lebih.

Akibatnya mata akan lelah dan keesokan harinya bisa terasa sedikit ngilu dan kabur. Bahkan bisa saja dampaknya terjadi secara langsung atau saat itu juga. Maka dari itu, menghindari hal ini menjadi salah satu cara mengatasi mata kabur yang bisa Anda lakukan.

Hindari Menggunakan Kosmetik Berlebihan Di Sekitar Mata

Menggunakan make up secara berlebihan di area mata perlu Anda hindari juga jika tidak ingin mata Anda bermasalah. Pasalnya menggunakan make up berlebihan di area mata dapat menyebabkan berbagai bahaya.

Salah satu bahayanya yaitu bahan kimia pembuat make up bisa masuk ke dalam mata. Misalnya alis mata, eyeliner, maskara dan lainnya memiliki kandungan kimia yang berbahaya jika masuk ke dalam mata. Maka usahakan untuk mengaplikasikan make up secara sederhana.

Selain masuk ke dalam mata, bahan kimia yang ada pada make up juga bisa merusak kulit area mata sehingga dapat membuat iritasi di sekitar mata. Saat diterpa angin atau dalam perjalanan, make up kemungkinan juga bisa luntur dan masuk ke dalam mata yang membuat penglihatan menjadi kabur.

Baca:  Drone Harga Murah yang Di Bawah 500 Ribu

Hindari Menggunakan Obat Mata Secara Berlebihan

Menggunakan obat tetes secara berlebihan juga dapat membuat mata menjadi kabur, dan menghindarinya adalah salah satu cara mengatasinya. Ketika mata terkena debu atau terasa gatal biasanya Anda akan mengucek atau menggunakan obat tetes mata secara berlebih. Mulai sekarang hindari melakukan hal tersebut.

Baca:  Indopremier Sekuritas, Broker Beli Saham Terbaik

Mengucek akan membuat gesekan yang bisa melukai mata Anda. Jadi akan lebih baik untuk menghilangkan debu dengan air mata Anda sendiri atau menggunakan obat tetes mata. Namun perlu Anda perhatikan pula takaran penggunaannya.

Pasalnya menggunakan tetes mata secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi akibat dari reaksi bahan kimia yang ada di dalamnya.

Gunakan Kacamata Ketika Berada Di Terik Matahari

Menggunakan kacamata dapat membantu Anda untuk menghindari paparan langsung sinar matahari terhadap mata. Cahaya UV dari matahari dapat merusak mata, apalagi jika terkena secara berturut-turut akan membuat mata menjadi kabur, bahkan buta.

Oleh karenanya menggunakan kacamata saat beraktifitas di luar ruangan atau dalam perjalanan perlu Anda lakukan.

Hindari Menatap Handphone Terlalu Lama

Menatap layar handphone terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab mata kabur. Maka cara mengatasi mata kabur maupun menghindarinya berikutnya dengan membatasi penggunaan handphone. Pasalnya layar handphone juga memiliki sinyal UV yang dapat merusak mata.

Akibatnya mata bisa saja kabur secara tiba-tiba karena terlalu lama menatap layar handphone. Apalagi jika Anda menatapnya dengan posisi tidur, itu akan menambah risiko mata kabur. Ini berlaku tidak hanya untuk orang tua, namun juga bagi anak-anak muda.

Gunakan Kacamata Minus Ataupun Silinder Secara Teratur

Bagi Anda yang memang sudah memiliki gangguan pada mata, akan lebih baik untuk memakai kacamata sesuai kebutuhan Anda. Gunakan secara teratur dan tidak lepas pasang. Hal ini akan membantu Anda untuk memperkecil resiko penambahan buram secara drastis.

Konsumsi Makanan Sehat

Selain hal-hal yang perlu Anda hindari dan lakukan, ada pula makanan yang bisa Anda konsumsi agar kesehatan mata tetap terjaga. Di antaranya yaitu perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin A dan juga vitamin C.

Vitamin A memang telah banyak orang percaya dan terbukti baik bagi kesehatan mata. Selain itu vitamin C juga baik Anda konsumsi bagi kesehatan mata dan tubuh.

Demikian beberapa cara mengatasi mata kabur yang bisa Anda lakukan. Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga mulai perbaiki pola hidup dan kebiasaan Anda agar tetap sehat.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer