Cara Mengatasi Lidah Pahit yang Efektif dan Mudah

Muncul rasa pahit pada lidah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya asam lambung, efek samping konsumsi obat-obatan, hingga bakteri dalam mulut. Masalah ini menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan dalam beberapa kasus dapat memperburuk kondisi kesehatan. Dalam penanganannya sendiri, Anda harus paham cara mengatasi lidah pahit yang benar.

Pasalnya, area mulut yang terasa pahit membuat penderita enggan mengonsumsi apapun. Padahal tubuh membutuhkan asupan baik berupa makanan maupun minuman.

Area mulut terasa pahit setelah bangun tidur atau mengonsumsi makanan asam normal terjadi, tapi bagaimana jika rasa tidak nyaman tersebut tidak kunjung hilang. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan pahit pada lidah.

Minum Air Putih

Baik dalam kondisi sehat maupun sakit usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dehidrasi dapat memicu rasa pahit di area mulut, dan semakin parah apabila kondisi sedang tidak sehat.

Selain membantu meningkatkan produksi liur, air putih dapat membantu menghilangkan rasa pahit yang disebabkan oleh asam lambung. Mengonsumsi air putih dapat mengurangi kadar asam pada lambung dan menetralisir racun di dalam mulut.

Bukan hanya itu, air putih memiliki sejuta manfaat untuk tubuh, seperti melumasi sendi, kesehatan kulit, menjaga tekanan darah, meningkatkan stamina, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, konsumsi air putih sesuai yang disarankan, yaitu enam hingga delapan gelas sehari.

Membersihkan Mulut

Lidah terasa pahit bisa disebabkan oleh penumpukan kuman di dalam mulut. Sehingga, cara mengatasi lidah pahit paling sederhana adalah menjaga kebersihan mulut. Kebiasaan ini dapat mencegah penumbukan bakteri sekaligus mencegah rasa tidak enak di area mulut.

Cukup menerapkan kebiasaan menyikat gigi setiap pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Lakukan pembersihan sela-sela gigi dari sisa makanan menggunakan dental floss minimal satu kali sehari.

Selain gusi dan gigi, lidah perlu dibersihkan menggunakan alat khusus karena bagian ini juga menjadi tempat tumbuh kuman. Penumpukan bakteri di area pengecap tidak hanya menimbulkan rasa pahit, tapi juga mengakibatkan masalah bau mulut.

Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Menghilangkan rasa pahit di area lidah dapat dilakukan dengan mengunyah permen karet. Cara ini dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga mulut selalu basah. Namun, perlu diperhatikan bahwa permen harus bebas gula agar kadar gula dalam darah tetap terjaga.

Mengunyah permen karet selama kurang lebih 20 menit setelah makan efektif membersihkan kotoran di sela-sela gigi. Selain itu, permen karet bebas gula juga mampu membantu menjaga kesehatan area mulut dan mencegah gigi berlubang.

Beberapa peneletian menunujukkan bahwa kebiasaan mengunyah permen karet dapat mengalihkan perhatian dari kecanduan rokok dan membantu menurunkan resiko stres. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya konsumsi permen karet sewajarnya saja.

Berkumur dengan Obat Kumur

Cara mengatasi lidah pahit bisa dengan menggunakan larutan obat kumur. Lakukan setiap selesai membersihkan mulut dan gigi. Kumur kurang lebih selama 1 menit. Pilih obat kumur yang tidak banyak mengandung alkohol.

Selain obat kumur, masalah pahit pada lidah juga dapat Anda atasi dengan baking soda dan garam. Larutkan ¼ sendok teh soda kue dan ½ sendok teh garam dalam secangkir air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Cara tersebut juga dapat membersihkan plak pada gigi.

Makan Buah Jeruk atau Lemon

Buah jeruk dan lemon ampuh mengatasi rasa getir dan pahit pada lidah akibat dari obat-obatan maupun gejala pada ibu hamil. Menurut beberapa sumber, kandungan asam pada buah ini mempu menstimulasi indra pengecap.

Buah jeruk atau lemon dapat dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi minuman. Namun, mengonsumsi buah ini tidak boleh terlalu banyak. Kelebihan vitamin C justru membuat lidah terasa pahit. Normalnya, konsumsi  vitamin C dalam sehari adalah 1000 mg.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Meskipun dalam kondisi tidak sehat, tubuh harus tetap mendapatkan asupan gizi. Pastikan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral terpenuhi untuk tubuh.  Maka dari itu, konsumsi makanan sehat seperti  ayam, daging, sayur, dan buah dengan kadar yang seimbang.

Ketika lidah terasa pahit biasanya penderita mengalami penurunan nafsu makan. Campurkan rempah-rempah di setiap olahan makanan. Selain menambah cita rasa, rempa-rempah dapat mengembalikan selera makan.

Misal, campurkan bumbu rempah pada olahan ayam, daging, atau sayuran. Selain itu, rempah-rempah juga dapat Anda gunakan sebagai campuran minuman, seperti teh kayu manis, susu jahe, dan lainnya. Rempah-rempah juga bisa membantu menghilangkan rasa pahit di lidah secara alami.

Apabila sudah mempraktikkan cara mengatasi lidah pahit seperti yang ada di atas, tapi masalah tidak kunjung hilang penderita perlu mendapat penanganan medis. Anda bisa pergi ke dokter untuk periksa. Perawatan yang mereka lakukan sudah pasti berbeda akan menyesuaikan dari faktor penyebabnya. Di sini, tentu dokter akan lebih paham masalah yang terjadi sebenarnya.