32 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
BerandaBeritaBegini Cara Mengatasi Katarak Pada Mata yang Ampuh

Begini Cara Mengatasi Katarak Pada Mata yang Ampuh

Cara mengatasi katarak pada mata bisa Anda lakukan menggunakan metode medis maupun dengan mengkonsumsi bahan alami. Lalu, apa saja cara yang bisa digunakan untuk mengobati katarak pada mata? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Pengobatan Extracapsular Surgery

Pengobatan medis pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi katarak pada mata adalah extracapsular surgery. Operasi katarak ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan inti lensa yang berkabut menggunakan alat penghisap.

Lensa asli akan diganti dengan cara memasukkan intraokular yang akan dilakukan pada saat operasi. Pengobatan extracapsular surgery ini dilakukan tanpa rasa nyeri, sehingga pasien tidak akan merasakan sakit pada saat proses operasi.

Pengobatan Small Incision Surgery

Cara untuk mengatasi katarak dengan pengobatan medis berikutnya adalah menjalani operasi small incision surgery. Pengobatan ini metodenya dengan cara insisi kecil pada bagian tepi kornea mata untuk mengambil lensa dengan alat penghisap.

Proses pengambilan lensa ini dilakukan dengan menyinarkan gelombang ultrasound. Di samping itu, dokter akan menggunakan obat tetes yang menggunakan mata menjadi baal. Obat tersebut akan membuat pasien tidak merasakan nyeri saat operasi karena harus tetap dalam kondisi sadar.

Menggunakan Almond

Katarak pada mata juga bisa Anda atasi dengan cara mengonsumsi bahan alami. Cara mengatasi katarak bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi almond secara rutin setiap pagi hari. Almond mempunyai kandungan asam lemak omega 3, sehingga resiko katarak pada mata akan berkurang.

Cara mengobati katarak dengan almond adalah merendamnya di air selama satu malam. Selanjutnya konsumsi almond tersebut setiap pagi hari. Anda juga bisa mencampur almond tersebut dengan susu hangar agar lebih nikmat untuk Anda konsumsi.

Mengonsumsi Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati katarak. Kandungan fitonutrien pada bayam mampu membantu mengobati kerusakan mata karena stres oksidatif dan menghilangkan radikal.

Mengkonsumsi bayam bisa membantu untuk mencegah adanya endapan protein pada mata. Sayuran hijau ini juga dapat membantu menetralkan efek negatif yang bisa menyebabkan katarak. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa tidak baik jika mengkonsumsi bayam secara berlebihan.

Mengonsumsi Bilberry

Pengobatan katarak dengan bahan alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi bilberry. Buah ini mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat menjadi antioksidan alami. Nutrisi tersebut bisa membantu menghilangkan stres oksidatif pada tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin ketika sudah merasakan gejala katarak agar. Bilberry ini mampu untuk mencegah gejala katarak tersebut agar tidak bertambah parah. Di samping itu, mengkonsumsinya secara rutin juga berpotensi untuk menghilangkan gejala katarak pada mata.

Mengonsumsi Wortel

Cara mengatasi katarak yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi wortel. Sayuran ini memang terkenal mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Wortel ternyata juga bisa memperlambat degenerasi makula yang bisa menyebabkan katarak.

Kandungan nutrisi pada wortel yang bisa meningkatkan kesehatan mata adalah beta karoten. Di samping itu, sayur ini juga kaya akan kandungan lutein yang berguna untuk mencegah deposisi protein dan membuat kadar stres oksidatif berkurang.

Mengonsumsi Wheatgrass

Wheatgrass atau rumput gandum ternyata juga bisa Anda konsumsi guna mengatasi katarak pada mata. Tumbuhan yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi, sehingga bisa berperan sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk mengobati katarak dengan wheatgrass adalah mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Di samping itu, Anda juga bisa mencampurkan bubuk wheatgrass ke dalam smoothie apabila ingin mengkonsumsinya dengan lebih nikmat. Alternatif lainnya adalah membeku dalam bentuk tablet.

Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif pengobatan alami untuk mengatasi katarak. Langkah yang perlu dilakukan cukup mudah, yaitu dengan mengunyah bawang putih secara rutin setiap pagi hari.

Bawang putih mempunyai kandungan allicin yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Zat tersebut akan mencegah stress oksidatif, sehingga efek katarak dapat berkurang. Bawang putih juga akan mencegah perkembangan katarak agar tidak bertambah parah.

Madu

Madu ternyata juga bisa membantu untuk mengatasi katarak pada mata. Kandungan nutrisi yang ada pada madu akan membantu melindungi mata, sehingga tidak terkena pengaruh katarak. Cara untuk mengobati katarak dengan madu adalah mengkonsumsinya secara rutin.

Pepaya

Buah yang kaya akan kandungan nutrisi ini juga bisa membantu mengatasi katarak pada mata, yaitu pepaya. Buah ini mengandung enzim papain yang berfungsi untuk mempercepat proses pencernaan protein dalam tubuh.

Mengkonsumsi pepaya secara rutin akan membantu mencegah terjadinya katarak pada mata. Di samping itu, buah ini juga bisa menghilangkan pengendapan plak di area mata.

Teh Hijau

Satu lagi cara mengatasi katarak pada mata dengan bahan alami, yaitu mengonsumsi teh hijau. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk mengurangi gejala katarak. Hal ini karena teh hijau mengandung fitonutrien untuk memperlambat pengaburan penglihatan.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER