Begini Cara Mengatasi Hp Lemot Dengan Mudah

Pasti sebagian dari Anda sering mengalami hp lemot bukan? Penyebab hp berjalan lambat tersebut bisa bermacam-macam. Hal itu akan membuat pengoperasian ponsel tidak nyaman. Cara mengatasi hp lemot wajib diketahui agar Anda bisa mensiasati kondisi tersebut.

Penyebab hp lemot bisa karena pemakaian yang tidak benar, pemasangan aplikasi yang berlebihan, hingga peforma hp yang memang berkurang. Lalu, bagaimana cara megatasi permasalahan tersebut? Berikut adalah beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Perhatikan Jumlah Memori Penyimpanan

Setiap ponsel berbekali RAM atau kapasitas kecepatan yang berbeda-beda. Umumnya, kapasitas Ram lebih sedikit daripada ROM, dimana RAM berguna untuk penyimpanan aplikasi dan data. Oleh karena itu, lakukan pengecekan, mungkin saja kapasitas yang tersisa sudah tinggal sedikit.

Sisa kapasitas internal yang sedikit tersebut menyebabkan kinerja ponsel melambat. Anda bisa mensiasatinya dengan memindahkan beberapa aplikasi instalan ke memori eksternal (ROM) yang dibantu oleh penggunaan microSD sehingga penyimpanan yang tersedia lebih luas.

Pasang Aplikasi Yang Berguna Saja

Hal utama yang menjadi faktor penyebab ponsel lemot adalah pemasangan aplikasi yang terlalu banyak. Sebaiknya menginstal aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan saja. Tujuannya agar memori yang terpakai tidak sia-sia. Belum lagi jika ukuran aplikasi yang Anda pasang memiliki ukuran yang cukup besar.

Hentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Cara lain untuk mengatasi hp yang super lemot yaitu menghentikan beberapa aplikasi latar belakang yang tidak sedang berjalan. Jika memang tidak terlalu penting, hentikan atau hapus saja aplikasi-aplikasi ini agar tidak menghabiskan penyimpanan ponsel.

Memang banyak sekali aplikasi baru di Playstore yang menarik untuk Anda coba. Namun, tanpa sadar pemasangan banyak aplikasi bisa mengurangi ruang penyimpanan. Jika aplikasi tersebut memiliki fungsi dan manfaat boleh saja, tapi jika tidak terlalu berfungsi sebaiknya tidak usah memasangnya.

Untuk menghentikan aplikasi ada teknisnya. Caranya yaitu dengan memutus aplikasi atau disable. Langkahnya masuk menu Settings, pilih menu Apps, lalu pilih tab Running. Pilih beberapa aplikasi yang ingin Anda hentikan, lalu klik Disable.

Kurangi Penggunaan Widget

Cara megatasi hp lemot selanjutnya adalah mengurangi penggunaan widget. Penggunaan widget yang berlebihan juga membuat hp menjadi lemot. Kurangi penggunaan widget tersebut, gunakan yang memang penting untuk Anda pasang.

Matikan Animasi Atau Screensaver

Penggunaan animasi atau screensaver yang bergerak juga bisa menyebabkan hp melambat. Selain itu, daya baterai juga cepat terkuras karena animasi atau screensaver selalu bergerak dan bekerja. Matikan animasi di menu Settings lalu masuk ke Developer Options.

Setelah melewati langkah di atas, ubah nilai Windows Animation Scale, lalu pilih Transition Animation Scale, dan atur nilai pada Animator Duration Scale. Jika perlu, nonaktifkan saja dengan mengklik menu Off.

Gunakan Antivirus

Antivirus memiliki peran untuk membersihkan virus dan malware yang menyebabkan hp lemot. Gunakan antivirus satu saja agar tidak membuat RAM boros. Contoh aplikasi antivirus yang bisa Anda pasang yaitu Clean Master. Aplikasi antivirus bisa melakukan back up aplikasi dan partisi SD card.

Rutin Mengupdate Aplikasi

Jika ada notifikasi untuk update aplikasi, segara lakukan update tersebut. Jika tidak, hal itu bisa menyebabkan kinerja ponsel lama karena aplikasi yang belum versi terbaru. Dengan melakukan update, sistem aplikasi akan diusung ke sistem terbaru.

Untuk melakukan update, Anda bisa mengeceknya langsung di Playstore anda atau melalui menu Pengaturan pada ponsel. Jika melalui pengaturan ponsel, silakan menuju menu Settings, lalu pilih About, kemudian pilih System Update, dan klik Check for updates. Update aplikasi yang perlu diupdate.

Untuk melakukan update langsung di playstore, silakan buka google playstore dahulu. Kemudian pilih menu My Apps & Games. Lakukan update yang diperlukan. Ini hanya berlaku untuk aplikasi-aplikasi yang Anda install saja.

Bersihkan Cache Data

Cache merupakan data sementara yang disimpan oleh sistem akibat pengoperasian aplikasi yang pernah Anda gunakan. Manfaat cache ini bisa langsung menemukan dengan cepat data yang pernah Anda kunjungi. Namun, jika data ini terlalu menumpuk, maka bisa menyebabkan sistem hp menjadi lemot.

Solusinya adalah cache harus Anda hapus secara rutin. Caranya masuk pada menu Settings ponsel, kemudian pilih menu Apps, lalu klik All. Akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di handphone. Pilih beberapa cache aplikasi yang perlu Anda bersihkan.

Melakukan Factory Reset

Cara ini bisa Anda lakukan jika memang peforma smartphone benar-benar lambat. Kegiatan factory reset akan mengembalikan semua aplikasi pada versi pabrik, sehingga data-data kemungkinan akan hilang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan backup data dan simpan di perangkat lain dahulu.

Tujuan factory reset adalah untuk membersihkan perangkat. Caranya masuk menu settings pada ponsel, lalu pilih menu Backup & Reset. Setelah itu pilih Factory Data Reset. Proses install ulang akan langsung dimulai.  Tunggu hingga selesai dan hp merestart sendiri.

Informasi tentang cara mengatasi hp lemot si atas bisa Anda terapkan jika mengalami masalah tersebut. Hal yang paling penting adalah rutin untuk mengecek kondisi hp dan merawatnya dengan baik. Gunakan ponsel dengan baik dan benar agar tidak terjadi masalah-masalah yang tidak diinginkan.