32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi Gigi Ngilu yang Mudah dan Aman

Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Mudah dan Aman

Ada yang bilang bahwa lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, padahal sakit gigi pun menyakitkan. Penyebab sakit gigi ini pun sangat beragam mulai dari, kebersihan, hingga cara perawatan yang tidak benar yang bisa bisa akibatkan rasa ngilu tak tertahankan. Namun, Anda jangan khawatir, karena ada cara mengatasi gigi ngilu yang mudah.

Sayangnya, tidak semua orang merasa nyaman pergi ke dokter gigi dan menginginkan pengobatan di rumah yang sederhana. Nah, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meredam sakit gigi dengan segera tanpa perlu ke dokter gigi.

Kumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara menghilangkan rasa sakit pada gigi yang umum dilakukan orang kebanyakan. Selain karena mudah, air garam juga berperan sebagai disinfektan alami dan bisa melonggarkan sela-sela gigi.

Juga, berkumur dengan air garam bisa mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka yang ada pada mulut. Cara membuat air garam berikut sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan segelas air hangat dan memasukkan 1 sdm garam dan aduk sampai larut. Jadikan obat kumur.

Menggunakan Kantong Teh Bekas

Apakah Anda kerap merasa ngilu pada gigi saat kedingingan? Eits, jangan buru-buru minum obat! Anda bisa memanfaatkan kantong teh bekas, terutama jika teh yang dikonsumsi punya rasa peppermint. Mungkin Anda meragukan ini, tapi apa salahnya mencoba dan berhasil seperti lainnya.

Cara mengatasi gigi ngilu dengan kantong teh bekas ini bisa Anda mulai dengan tidak membuang kantong bekas teh yang masih hangat atau baru sekali Anda pakai. Anda bisa langsung letakkan kantong tehnya ke gigi yang sakit atau mendinginkannya dalam kulkas lebih dulu.

Konsumsi Bawang dan Garam

Biasanya dijadikan bumbu saat memasak, bawang ternyata bisa jadi obat mujarab untuk sakit gigi. Bawang mengandung anti bakteri sehingga bisa menghindarkan gigi dari plak yang menggangu. Tidak itu saja, bawang juga berperan sebagai anti nyeri saat Anda sakit gigi.

Untuk mencoba menggunakan bawang sebagai obat ngilu sakit gigi, tumbuh kasar bawang sampai mengelurkan air, tambahkan sedikit garam, dan letakkan pada gigi yang sakit. Atau, mengunyah bawang dengan perlahan bisa juga Anda coba.

Memanfaatkan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji terkenal sebagai obat untuk penyakit diare yang baik karena bisa memampetkan buang air besar dalam waktu cepat. Selain itu, daun jambu biji juga mengandung anti mikroba sehingga dapat Anda andalkan untuk perawatan mulut.

Nah, adanya anti inflamasi pada daun jambu biji berperan penting untuk mengobati luka yang terjadi pada area mulut. Untuk menggunakannya, cukup rebus beberapa lembar daun jambu biji dan jadikan obat kumur. Lakukan dengan rutin untuk penyembuhan.

Pemakaian Minyak Cengkeh

Sama dengan bawang, cengkeh juga sudah terkenal lama sebagai obat alami sakit gigi. Nah, cara mengatasi gigi ngilu dengan ini bisa dengan mengoles minyak cengkeh ke area pipi yang terasa sakit. Atau, Anda juga bisa memberi beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air untuk kumur

Kemanjuran cengkeh sebagai obat saki gigi sudah teruji dan bukan lagi mitos. Ini karena kandungan eugenol yang merupakan antiseptik alami dan bisa mengurangi rasa sakit dengan cepat. Dengan cengkeh pun peradangan pada mulut bisa diobati dengan baik.

Melakukan Pijatan Akupresur

Tahu kah Anda bahwa ada pijatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sakit gigi? Ini namanya adalah pijatan pada akupresur yang diyakini bisa melancarkan peredaran darah pada sekujur tubuh, termasuk area mulut yang sakit karena gigi.

Biasanya, pijatan ini dilakukan beberapa titik di tubuh seperti di bagian bawah tulang pipi, di ujung bawah mata, dan sejajar dengan hidung bagian bawah. Pijat dengan pelan dan ulangi sampai merasa lebih baik.

Kompres dengan Es Batu

Ketika bahan-bahan di atas tak Anda temukan di dapur, masih ada jalan lain untuk mengobati sakit gigi tersebut dengan cara yang paling sederhana, yaitu memakai es batu. Masukkan beberapa es batu dalam handuk dan gunakan untuk kompres bagian yang menyakitkan.

Es batu dapat membantu mengecilkan pembuluh darah pada area yang sakit sehingga membuat lebih santai dan bisa beristirahat. Kompres antara 15 sampai 20 menit per jam untuk mengurangi rasa sakit atau saat malam sebelum tidur.

Konsumsi Obat Oral

Apakah Anda sudah mencoba cara di atas tapi sakit masih sering datang sampai mengganggu aktifitas? Jika benar, mungkin Anda perlu konsumsi obat oral yang bisa membantu mengurangi rasa sakitnya. Sebut saja seperti obat yang mengandung ibuprofen atau acetaminophen.

Walau begitu, tetap pastikan bahwa Anda mengonsumsi obat dengan dosis yang tepat. Jangan karena terlalu sakit sampai obat yang Anda konsumsi jadi berlebihan. Perhatikan dosis yang tertera pada bungkus.

Sejatinya yang paling tepat untuk mengetahui cara mengatasi gigi ngilu adalah bertemu dengan dokter dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bagian mana yang bermasalah, cara mengobati yang tepat, dan apa yang bisa Anda lakukan.

Berita Terkait

TERPOPULER