Cara Mengatasi Depresi Berikut Bisa Anda Terapkan

Menurut analisis data yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO), pada tahun 2015 setidaknya ada lebih dari 300 juta orang di dunia mengalami depresi. Nah, apabila Anda cukup waspada terhadap gangguan jiwa tersebut, maka mengetahui cara mengatasi depresi sangat penting.

Pada dasarnya pengobatan depresi ini tidak hanya dilakukan dengan cara mengkonsultasikannya ke para psikolog atau ahli kejiwaan saja. Melainkan, banyak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya seperti yang telah dirangkum di bawah ini.

Jangan Membiarkan Diri Anda Sendirian

Biasanya orang yang memiliki trauma depresi ini tak jarang akan “tersesat” ke dalam jalan pikiran maupun kekhawatirannya sendiri. Maka dari itu, agar terhindari dari penyakit depresi ini Anda harus tetap berusaha untuk menjalin komunikasi bersama orang-orang di sekitar.

Cara mengatasi depresi ini tentunya akan lebih mudah jika didukung oleh orang-orang yang peduli dan sayang kepada Anda. Di sisi lain, berkat komunikasi bersama orang lain, perasaan depresi tersebut akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Apabila Anda tetap berusaha untuk menyendiri, maka rasanya akan sangat sulit untuk bertahan terhadap akal sehat serta menyingkirkan pikiran yang negatif. Selain itu, kebanyakan depresi yang kerap menarik diri dari lingkungan sosial akan menyulitkan orang yang akan membantu.

Menggeluti Hobi Yang Disukai

Salah satu kecenderungan yang kerap para penderita depresi lakukan adalah berusaha menjauh dari lingkaran pergaulan serta hobi yang dulunya disenangi. Hal itu penyebabnya karena perasaan akan kesenangan terhadap hobi tersebut sudah melebur akibat emosi negatif.

Tapi sayangnya tidak semua orang menyadari bahwa dengan menggeluti hobi yang Anda sukainya ini dapat membantu mengurangi depresi. Jika tidak, dengan hobi tersebut akan membuat Anda sejenak mengalihkan pikiran yang negatif.

Jangan Lupa Untuk Mengatur Waktu Tidur Yang Cukup

Dampak negetif akibat depresi ini salah satunya yaitu akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Depresi akan membuat jam tidur Anda terganggu hingga pola makan yang berantakan. Tidak hanya berdampak buruk pada fisik, tetapi secara psikologis Anda pun akan terganggu.

Berdasarkan penelitian oleh para ahli telah lakukan, depresi dapat membuat sepertiga dari para penderitanya akan terkena gejala insomnia atau susah tidur. Penelitian yang lain juga mengungkapkan bahwa gejala di antaranya adalah nafsu makan berkolerasi.

Parahnya lagi jika ketika mengalami depresi Anda tidak mau minum air putih, maka dehidrasi atau kekurangan cairan pun akan memperburuk kesehatan. Agar hal tersebut tidak terjadi maka segera kembali untuk peduli terhadap tubuh Anda ya!

Rutin Melakukan Olahraga Agar Suasana Hati Lebih Membaik

Selain ke tiga tips di atas, cara mengatasi depresi yang ke empat ini bisa Anda ikuti karena sangat mudah penerapannya. Sering kali Anda pasti lebih memilih untuk berbaring di atas kasur selama seharian penuh dan meratapi nasib bukan?

Tetapi jangan salah, ternyata hal ini justru akan membuat pikiran negatif yang ada di kepala Anda malah berkumpul menjadi satu dan semakin berkembang. Mungkin langkah ini terasa sulit bagi Anda, tetapi tak ada salahnya untuk beranjak dari kasur dan memulai beberapa aktivitas.

Berolahraga merupakan salah satu hal yang bisa membuat mood Anda membaik secara perlahan-lahan karena akan menimbulkan endorfin dalam tubuh. Tidak perlu harus melakukan olahraga yang berat, tetapi pastikan pilih yang Anda sukai saja agar merasa lebih baikan.

Makan Makanan Yang Anda Sukai

Jangan ragu untuk memberikan apresiasi terhadap diri Anda sendiri demi membuat mood lebih membaik. Ini bisa Anda mulai dengan cara memakan cokelat, es krim, ataupun makanan lain yang Anda sukai agar suasana hati terasa lebih nyaman lagi.

Penelitian yang sudah terbit pada British Journal of Clinical Pharmacology di tahun 2013 juga mengungkapkan bahwa cokelat dapat membuat hati lebih tenang. Laman The Healthy pun juga memperkuatnya dengan menyebutkan bahwa hormon endorfin memproduksi perasaan senang.

Beberapa makanan yang bisa menciptakan hormon endorfin tersebut dapat terdapat pada makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Contohnya yaitu ikan tuna, salmon, mackarel, sarden, dan ikan herring.

Jauhkan Pemikiran Yang Negatif

Bagi Anda yang sedang depresi, tak jarang pikiran negatif justru lebih mudah bersarang di dalam kepala bukan? Anda pun pasti juga kerap merasa seperti orang yang bodoh, gagal, dan banyak yang membenci hingga memusuhi.

Pemikiran hal tersebut memang tidak salah karena umumnya terjadi pada orang yang sedang mengalami depresi. Untuk menyingkirkannya pun juga terasa sulit dan membutuhkan waktu yang berbeda. Ada yang cukup cepat dan ada pula yang membutuhkan waktu yang lama.

Sebenarnya Anda sah-sah saja untuk mengingat momen atau rasa sakit tersebut dalam waktu depresi. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda juga berusaha untuk tidak terjerumus terlalu lama. Sekian ulasan tentang cara mengatasi depresi, semoga bermanfaat ya!