22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaCara Memulai Bisnis Makanan dari Awal bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Makanan dari Awal bagi Pemula

Reportasee.com – Apakah Anda berkeinginan memulai bisnis kuliner? Jika iya Anda perlu mengetahui cara memulai bisnis makanan yang benar dan tidak merugikan.

Hal ini karena bisnis di bidang ini cukup banyak orang geluti sehingga untuk melewati persaingan memerlukan skill yang tepat. Berikut beberapa cara memulainya:

Begini Cara Memulai Bisnis Makanan

Menentukan Makanan yang Akan Anda Jual

Untuk memulai bisnis makanan hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah makanan apa yang hendak Anda jual. Makanan adalah salah satu bisnis umum di mana banyak orang yang melakoninya jadi pastikan makanan yang Anda jual bisa bertahan dengan persaingan pasar lokal dan sekitarnyta.

Untuk memudahkan membuka bisnis mekanan tentukan sesuai kebudayaan dan perkembangan saat ini. misalnya Anda hidup di tanah jawa yang kental dengan makanan tradisional manis jadi Anda bia mengkombinasi makanan modern dengan cita rasa Nusantara yang kental.

Menghitung Modal

Cara memulai bisnis makanan berikutnya dengan menghitung modal. Hal ini sangat penting karena modal adalah kunci utama dalam menjalankan bisnis makanan dengan baik. Kegiatan menghitung modal bisa memudahkan Anda dalam menentukan berjualan makanan yang sesuai.

Ketika perhitungan modal ini Anda juga perlu mempertimbangkan perkiraan untuk ruginya. Hal ini sangat penting untuk menghindari kanting tekor. Selain itu, perlu Anda perhatikan untuk tidak asal membelanjakan modal tanpa pertimbangan dan perincian matang sebelumnya.

Mempertimbangkan Lokasi

Untuk menjalankan bisnis makanan salah satu faktor penunjang kelancarannya adalah lokasi. Jadi untuk menjamin kelangsungan usaha makanan pastikan Anda sudah mempertimbangkan lokasi yang sesuai untuk berjualan sebelumnya.

Lokasi bisa kita katakan sebagai penentu kesuksesan bagi pelaku bisnis bidang ini. Untuk lokasi yang sesuai Anda bisa memilih lokasi strategis dengan ketentuan space mudah orang temukan, mudah mereka lihat dari sudut manapun dan banyak orang lewati. Jadi jangan mendirikan bisnis makanan di tempat terpencil.

Memilih Supplier

Selain mempertimbangkan beberapa faktor-faktor sebelumnya cara sukses berbisnis di bidang kuliner juga ditunjang dengan pemilihan suplier tepat.

Untuk memilih suplier pastikan Anda menyesuaikan dengan anggaran modal dan mendapatkan kualitas bahan dengan mutu baik untuk menjamin pelanggan.

Kegiatan pemilihan suplier ini juga bisa Anda lakukan dengan perjanjian hitam di atas putih untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Sebelum menentukan bekerjasama pastikan Anda menyeleksi kualitas bahan yang dipasok sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Merekrut Karyawan

merekrut karyawan adalah cara memulai bisnis makanan selanjutnya. Cara berikutnya ini berkaitan dengan cukup beresikonya usaha bisang ini jadi Anda membutuhkan tenaga tambahan untuk mempercepat pekerjaan.

Perekrutan karyawan ini bisa Anda mulai dengan jumlah sedikit terlebih dahulu sebagai pemula.

Pastikan dalam menyeleksi karyawan Anda telah memilih yang bisa bertanggung jawab dan dapat Anda percaya. Hal ini penting karena dalam memulai usaha karyawan bisa berlaku sebagai tangan kanan.

Menentukan Target Penjualan

Hal penting selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan ketika memulai bisnis makanan adalah target penjualan Anda. Kesuksesan bisnis Anda bergantung pada target pasar Anda seperti masyarakat menengah ke bawah atau ke atas.

Untuk permulaan Anda bisa menargetkan penjualan Anda bagi masyarakat menengah ke bawah dengan menyesuaikan lokasi penjualan. Misalnya Anda berjualan di sekitar sekolah jadi targetnya siswa sekolah.

Mengeluarkan Promo

Untuk memudahkan mendapatkan pelanggan Anda juga harus pintar-pintar menarik minatnya. Kebanyakan orang menyukai promo hal ini juga berlaku di bidang kuliner.

Promo yang dikeluarkan juga bisa simple untuk opening misalnya buy one get one free untuk strategi pemasaran.

Aktif di Media Sosial

Selain strategi pemasaran lewat promo Anda juga bisa memperluas penjualan dengan aktif di media sosial. Hal ini mudah untuk Anda menjangkau konsumen yang jauh sehingga bisnis makanan Anda lebih terkenal di kalangan luas.

Membuat usaha kuliner dengan aktif di media sosial ini juga salah satu persaingan di dunia bisnis ini agar tidak tertinggal dengan yang lain. Pastikan media sosial ini juga menyeluruh dan yang gampang orang lihat seperti WA, twitter, Instagram dan lainnya.

Memiliki Ciri Khas

Sudah dikatakan sebelumnya usaha kuliner adalah bisnis yang umum dimiliki orang-orang jadi Anda perlu memiliki cirikhas makanan untuk menjamin kelangsungan bisnisnya. Untuk menciptakan ciri khas ini Anda perlu memiliki skill dalam berinovasi yang tinggi.

Memperbanyak Relasi

Strategi memulai bisnis makanan selanjutnya adalah memperbanyak relasi. Saat ini penjualan tidak hanya ditempuh dengan langsung atau lewat media sosial saja bahkan sudah banyak yang bekerjasama dengan pelaku ojek online dan jasa pengiriman lainnya.

Hal ini juga perlu Anda pastikan bisnis makanan Anda bisa menyesuaikan bergabung dengan sarana tersebut. Strategi ini sangat sesuai untuk menunjang makanan Anda mudah terjangkau orang-orang yang tidak memiliki waktu luang untuk datang ke lokasi penjualan.

Itulah beberapa cara untuk memilai bisnis makanan sendiri dengan mempertimbangkan situasi, kondisi dan perkembangan di masa kini. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda yang igin terjun dalam bisnis makanan dan semoga sukses.            

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular