Cara Membuat Tahu Gejrot Cirebon yang Pedas Manis

cara membuat tahu gejrot Cirebon
ilustrasi cara membuat tahu gejrot Cirebon (foto: makan abis)

Reportasee.com – Cara membuat tahu gejrot khas Cirebon ternyata cukup mudah untuk Anda buat di rumah. Menu makanan ini termasuk salah satu kuliner khas daerah Cirebon yang berbahan dasar tahu dengan campuran rempah lainnya.

Tahu gejrot merupakan kuliner yang terbuat dari bahan baku tahu goreng dan disiram dengan kuah yang bercita rasa manis, asam, dan pedas.

Makanan ini memang paling cocok Anda nikmati pada waktu sore hari. Tahu gejrot ini tergolong jenis makanan ringan yang terlihat sederhana namun cita rasanya begitu terasa.

Pada dasarnya, bahan bakunya adalah tahu goreng yang kopong atau tidak ada isinya dan berukuran kecil. Hal yang menjadi dari tahu gejrot ini yaitu cita rasa dari sambal atau kuah dari bumbunya.

Umumnya, makanan ini tersaji dengan memakai wadah seperti piring kecil yang terbuat dari cobek.  Hampir sebagian besar masyarakat menyukainya, karena rasanya yang memiliki sensasi pedas dan manis yang begitu khas.

Jajanan yang satu ini memang sudah cukup terkenal. Tidak hanya di daerah asalnya, kota besar lainnya juga sudah banyak yang menjualnya.

Jajanan khas Cirebon ini sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Bahkan resep tahu gejrot ini sudah memiliki banyak variasinya.

Populer dengan nama tahu gejrot, karena makanan ini proses pembuatannya dengan cara menumbuk (gejrot) memakai ulekan.

Bahannya terdiri dari irisan tahu kopong goreng yang bentuknya kecil-kecil dengan campuran kuah berbumbu. Adapun bumbunya terdiri dari cabai, gula, bawang merah dan bawang putih yang halus.

Intip Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon

Tahu ini mempunyai cita rasa manis, segar dan pedas yang dapat menggugah selera untuk memakannya.

Bagi para pecinta makanan pedas, tentu tidak akan melewatkan untuk menikmati jajanan ini ketika singgah ke kota Cirebon.

Di kota asalnya, makanan ini tersaji dengan memakai layah atau piring kecil seperti cobek. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri dari makanan khas kota Cirebon. Selain penyajiannya yang cukup unik, cara menikmatinya pun juga mempunyai ciri khas.

Cara menyantap hidangan ini yaitu dengan memakai satu lidi kecil. Alat ini adalah pengganti sendok yang berfungsi untuk menusuk tahu yang sudah tercampur dengan kuah bumbu.  

Selain cara mengolahnya yang sangat sederhana, tahu gejrot kini juga sudah dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai kota besar seperti Jakarta, Depok, Jogja, Malang Surabaya, dan lainnya.

Resep dan Cara Pembuatannya

Tahu khas Cirebon ini mempunyai ciri khas tersendiri dari sajian menu lainnya. Hidangan ini terbuat dari tahu yang mempunyai tekstur seperti tahu pong.

Kuliner dari Cirebon ini terbuat dengan menggunakan tahu Sumedang yang tidak padat dan mempunyai rasa yang tawar atau tanpa rasa.

Baca:  Samsung Galaxy A22, HP 5G dan 4G Paling Murah?

Hal inilah yang menyebabkan rasa kuahnya terasa lebih kuat tanpa tercampur rasa asin yang berasal dari tahu jenis lainnya.

Untuk dapat menikmatinya, Anda juga bisa membuat olahan tahu ini di rumah. Karena caranya yang cukup sederhana dan bahannya yang juga mudah Anda dapatkan.

 Berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan dalam membuat tahu gejrot antara lain:

Bahan:

Tahu Sumedang atau tahu pong jenis lainnya.  Untuk bahan tahu bisa juga menggunakan tahu putih yang sudah melalui proses penggorengan terlebih dahulu.

Bumbu :

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

5 buah cabai rawit (atau sesuai selera)

Garam secukupnya

Bumbu Kuah:

Gula merah secukupnya

1/2 sdt garam

3-5 sdm air asam jawa (sesuai selera)

air secukupnya

Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon:

Rebus semua bahan kuah sampai larut dan tercampur hingga rata. Kemudian saring dan sisihkan.

Cara selanjutnya ulek kasar bumbu seperti bawang putih, bawah merah, cabai rawit dan sedikit garam. Lalu tambahkan dengan kuah gula merah dan aduk sampai merata.

Jika kuah bumbu telah siap, kemudian siramkan kuah tersebut ke atas tahu yang sudah Anda iris-iris. Menu khas Cirebon ini pun siap Anda sajikan dan nikmati bersama keluarga.

Sensasi Lain Kaladama Cirebon

Pada bagian timur kota Cirebon juga terdapat varian lain tahu gejrot yang bernama Kaladama. Makanan ini terlihat mirip dengan tahu gejrot yang memiliki banyak penggemar.

Meskipun isiannya hampir semua sama, namun jajanan ini mempunyai komposisi yang sedikit  berbeda dengan sajian tahu gejrot pada umumnya.

Pada Kaladam selain ada irisan tahu, juga terdapat potongan ketupat. Sehingga menambah kekhasan tersendiri dan lebih mengenyangkan daripada tahu gejrot.

Proses pembuatan kaladama sama seperti tahu gejrot. Cara menyajikan jajanan ini juga sama-sama menggunakan piring yang terbuat dari gerabah.

Perbedaan yang terlihat lainnya yaitu pada sajian kaladama dengan menggunakan tahu yang lebih padat berisi dan bukan tahu kopong seperti pada tahu gejrot.

Kaladama berasal dari bahasa Sunda yang artinya “yang pedas mang”. Beberapa orang menyebut kaladama dengan dengan nama kupat tahu. Makanan ini juga terbilang unik dan hanya ada di daerah tertentu.

Sampai sekarang, cara mengolah tahu gejrot khas Cirebon ini tergolong masih tradisional.

Karena itulah yang membuat cita rasa dari sajian ini sangat khas dan unik. Anda pun juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena cara dan bahannya mudah Anda dapatkan.

Itulah ulasan mengenai cara membuat tahu gejrot. Anda tentu bisa menerapkannya di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Makanan ringan ini sangat cocok untuk camilan sore bersama keluarga di rumah.