Cara Membuat Email dengan Mudah dan Cepat

Berita Viral

Email saat ini telah menjadi kebutuhan mendasar dalam setiap layanan akses internet. Mulai dari pemberitahuan hingga login ke aplikasi lainnya, email selalu menjadi data user yang diperlukan sebelum sign up. Mengetahui cara membuat email dengan mudah dan cepat adalah solusinya.

Pada dasarnya email dapat Anda buat melalui website, namun sebagian besar perangkat PC maupun smartphone juga memiliki aplikasi. Melalui aplikasi ini pembuatan email menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis. Simak ulasannya di bawah ini.

Gunakan Aplikasi Gmail Pada HP atau PC

Email dulunya sering di sebut dengan surat elektronik. Anda dapat membuatnya dengan aplikasi yahoo, email, maupun gmail. Ketiganya memiliki kesamaan prinsip dasar, namun saat ini yang lebih mutakhir dan lazim diperlukan adalah gmail.

Cara membuat email yang paling mudah adalah dengan masuk melalui aplikasinya. Jika pada website, Anda perlu search layanan gmail terlebih dulu. Setelah itu baru muncul beberapa panel terkait dengan gmail. Bila Anda mudah bingung, maka membuatnya secara langsung pada aplikasi lebih baik.

Pilih Menu New Account

Tujuan mengakses aplikasi adalah sebagai cara membuat email paling mudah. Jika Anda telah memutuskan untuk mengakses source code gmail, maka akan tersedia dua menu utama yang dapat dipilih.

Pilih menu new account untuk mengakses layanan fitur pembuatan akun pada gmail. Nantinya aplikasi ini akan menuntun dan memberikan arahan terkait data apa saja yang perlu diinputkan untuk membuat email baru. Jadi, semacam ada petunjuk pengisian ketika proses pembuatan email berlangsung.

Ikuti Perintah untuk Mengisi Nama

Jika Anda telah memilih menu new account, selanjutnya Anda di minta untuk mamsukkan data diri melalui form yang telah disediakan. Biasanya form tersebut berupa permintaan nama depan dan belakang pembuat akun.

Nama ini nantinya akan menjadi sebagai data user yang aktif pada gmail. Pastikan untuk memilih nama yang sederhana untuk diinputkan pada bagian ini. Hal ini akan membantu Anda mengigat alamat email yang Anda buat.

Pilih Nama User

Jika Anda sudah mengisikan nama user pada form pengisian, selanjutnya akan harus memilih. Biasanya gmail memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan nama tersebut. Jika pada kolom nama masih terdapat garis merah, maka user name tersebut tidak dapat Anda pakai.

Anda perlu mengubah susunan huruf pada kolom nama tersebut hingga bisa Anda gunakan. Jangan bingung, gmail biasanya juga telah menyediakan saran nama yang bisa Anda gunakan sebagai identitas user baru. Jadi, Anda dapat langsung memilih nama yang Anda inginkan berdasarkan saran tersebut.   

Coba Ubah Sedikit Nama User Jika Ternyata Sudah Ada yang Memakai

Sangat banyak pengguna email, bahkan dapat dikatakan di seluruh dunia menggunakannya. Kecepatan informasi dapat Anda akses dengan mudah dengan adanya email. Maka tak heran jika hampir semua orang memiliki email untuk akses media jaringannya.

Hal tersebut tentu saja berdampak pada nama pengguna email. Anggap saja, satu orang dapat memiliki lebih dari satu akun. Hal ini akan membuat user baru kesulitan memilih nama yang pas untuk username-nya.

Jika hal ini terjadi pada Anda, coba ubah sedikit karakter huruf yang Anda masukkan. Gmail akan memberikan tanda garis hijau jika nama yang Anda masukkan telah sesuai dengan kriteria.

Menentukan Password

Setelah username terbentuk, layar akan meminta Anda untuk menentukan password. Adanya password atau kata kunci ini harus adalah untuk keamanan akun yang Anda miliki. Hal ini akan menghindarkan Anda dari peretasan maupun pembajakan akun email.

Usahakan untuk mengisikan password yang mudah untuk diingat. Gmail memang menyediakan fitur lupa password, namun tidak terlalu sering menggantinya. Hal ini  karena fitur lupa password ini tidak cukup efisien untuk mengakses email jika terlalu sering Anda gunakan.

Biasanya password yang perlu Anda masukkan berjumlah minimal 8 karakter. Anda bisa menyusun kata sendiri dalam 8 karakter atau lebih sedikit. Patutnya password adalah kata yang tidak terlalu panjang sehingga mudah Anda ingat. Gmail akan memberikan garis hujau jika password dapat Anda gunakan.

Privacy and Terms

Jika password dan username telah disetujui oleh gmail, maka akan tertera pada layar berupa privacy and terms. Kebijakan dan privasi ini merupakan rule atau ketentuan dari gmail yang perlu persetujuan oleh penggunanya.

Pada bagian ini akan tampil ketentuan apa saja dari gmail sebagai penyedia layanan akun. Kebijakan dan privasi ini harus Anda setujui agar akun baru tersebut dapat Anda gunakan dengan mudah.

Konfirmasi Username dan Pasword

Bagian terakhir cara membuat email adalah mengonfirmasi username dan password. Keduanya akan disinkronkan dan disimpan sebagai akun baru. Anda perlu mengingat keduanya agar layanan google email dapat terus digunakan.

Jika Anda perlu mengaksesnya di perangkat lain, pastikan mengingat username dan password secara sepasang. Meskipun Anda mendaftar pada gmail dengan beberapa akun, hanya password yang sesuai username tersebut dapat Anda akses.

Berita Terbaru