22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBeritaCara Membuat Buku Digital dan Pilihan Aplikasinya

Cara Membuat Buku Digital dan Pilihan Aplikasinya

Buku digital atau e-book adalah buku yang berbentuk digital, sehingga bisa dibaca menggunakan laptop maupun smartphone. Buku ini dibuat dengan tujuan supaya informasi yang dibagikan lebih mudah dibandingkan buku cetak. Cara membuat buku digital ini cukup mudah dilakukan.

Membuat e-book memiliki banyak keuntungan, misalnya melindungi informasi yang terdapat di dalam buku. Jika buku berbentuk fisik maka bisa rusak, dan bentuk elektronik bisa membantu mencegahnya. Berikut ini langkah-langkah untuk membuatnya

Mempersiapkan File Buku dalam Bentuk Word

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan file yang akan Anda jadikan e-buku. File tersebut harus dalam bentuk word document, dan pastikan juga file telah lengkap. Artinya file tersebut sudah berisi mulai dari cover hingga penutup.

Tentunya buku tersebut tidak hanya berisi semua materi bab, namun juga sudah harus memiliki kata pengantar serta daftar isi. Pada bagian isi buku, bisa juga Anda selipkan foto dan pastikan jika foto letaknya sudah berada ditengah-tengah atau gunakan pengaturan In Line With Text.

Selain foto, posisi tabel juga harus disusun dengan rapi. Apabila semua file yang Anda perlukan untuk membuat buku sudah lengkap, maka ubahlah format file tersebut menjadi format yang sesuai dengan aplikasi untuk membuat  e-buku.

Mengolah File dengan Menggunakan Aplikasi

Langkah yang selanjutnya dalam cara membuat buku digital adalah mengimpor file ke aplikasi untuk membuat buku. Saat ini tersedia cukup banyak aplikasi untuk membuat buku tersebut. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain sebagai berikut.

Calibre

Aplikasi ini bisa membantu membua buku e-book secara gratis dan bisa Anda gunakan di semua sistem operasi. Baik windows, iOS, maupun Linux. Calibre mendukung hampir sema format untuk Anda impor ke aplikasi ini.

Format yang mendukung calibre ini seperti DOCX, DOC, TXT, RTF, MOBI, PDF, SNB, HTMLX, ODT, dan masih banyak lagi format lainnya. Pengguna bisa menyesuaikan dengan mudah, format apa yang akan mereka gunakan untuk file yang nantinya Anda impor ke aplikasi.

Format output dari aplikasi ini juga beragam, seperti PDB, PDF, ZIP, MOBI, dan sebagainya. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengimpor file dengan menggunakan fitur Add Books, setelah itu ikuti langkah-langkahnya.

Aplikasi ini selain bisa Anda gunakan untuk membuat buku elektronik, bisa juga Anda gunakan untuk mengedit. Calibre bisa Anda gunakan untuk edit, download, serta melakukan perubahan pada preferensi e-book.

Sigil

Aplikasi lainnya yang bisa Anda coba untuk membuat e-buku adalah Sigil. Cara membuat buku digital dengan aplikasi ini sangatlah mudah, dan Sigil juga bisa mendukung input file dengan format tsxt, epub, maupun html.

Baca:  Cara Ternak Ikan Mas, Bisnis dengan Untung Besar

Hasil output dari aplikasi ini adalah format epub. Sigil juga memungkinkan penggunanya memasukkan gambar maupun video ke dalam buku. Gambar yang Anda sisipkan dalam buku bisa berukuran maksimal, 590 x 750 pixel.

Baca:  Jovan Latuconsina ; AHY is an Officer and a Gentleman

Sigil versi terbaru yaitu 0.7.1 sudah bisa Anda gunakan untuk menyisipkan video serta audio di dalamnya. Tentu saja hal ini bisa membuat e-buku semakin menarik.

Mobipocket Creator

Aplikasi Mobipocket Creator sangat mudah untuk Anda gunakan serta aplikasi ini mempunyai banyak kegunaan. Format file yang mendukung untuk Anda impor ke aplikasi ini adalah DOCX aau PDF. File tersebut kemudian akan terkonvert menjadi PRCX atau PRC.

ePUBee Maker

Aplikasi ePUBee Maker sangat mudah Anda gunakan dan aplikasi ini bisa tersambung ke Microsoft word. Format file yang mendukung di aplikasi ini adalah format word, yang kemudian sistem ubah ke dalam format epub.

Selain format epub, aplikasi ini juga bisa mengkovert file menjadi PDF. Supaya terhubung dengan Microsoft word, caranya bisa dengan memasang add-on. Pemasangan add-on ini supaya bisa mengkonvert file PDF secara otomatis.

Mengisi Metadata

Metadata adalah deskripsi singkat mengenai isi buku, dan informasi tersebut Anda sajikan kepada pembaca. Setelah mengimpor file ke dalam salah satu aplikasi untuk membuat buku, kemudian ikuti langkah-langkahnya, dan jangan lupa mengisi metadata.

Data yang harus Anda isi dalam metadata seperti data diri, tahun pembuatan, judul, deskripsi mengenai buku, dan data-data lainnya. Cara mengisi metadata ini bisa melalui tool metadata editor.

Memasukkan Cover

Setelah melakukan pengisian data, tahapan selanjutnya adalah memasukkan cover buku. Cover ini bisa Anda siapkan sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi lain untuk mendesain cover. Ms. Word juga bisa Anda gunakan untuk mendesain cover buku.

Selain Ms. Word ada juga aplikasi khusus seperti Canva, Adobe Photoshop, CorelDraw atau bisa juga menggunakan Ms Power Point. Jangan lupa untuk menyesuaikan format file cover dengan format yang sesuai dengan epalikasi tersebut.

Save Buku Digital

Jika semua tahapan dalam cara membuat buku digital sudah selesai, maka langkah terakhir adalah menyimpan file buku tersebut. Tersedia berbagai macam format file output sesuai dengan aplikasi yang Anda gunakan.

Misalnya saja PDF, HTML, atau bisa juga dalam versi epub. Proses penyimpanan e-buku membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengkonversikannya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular