Cara Membersihkan Layar Laptop Secara Aman

Berita Viral

Baik laptop yang sering digunakan maupun tidak, keduanya tidak dapat terhindar dari kotoran berupa debu dan kotoran dalam masa pemakaiannya. Terlebih lagi pada bagian layar, area ini cenderung paling mudah tertempel debu. Penting untuk memperhatikan cara membersihkan layar laptop agar tetap awet.

Membersihkan layar laptop perlu kita lakukan secara berkala agar layar terawat. Membersihkannya juga perlu memperhatikan berbagai hal yang dapat membuatnya beresiko terkena kerusakan.

Pada ulasan berikut akan kita bahas sedikit mengenai hal yang dapat Anda lakukan saat membersihkan layar laptop dengan aman.

Mematikan Perangkat Terlebih dahulu Sebelum Dibersihkan

layar laptop memiliki peran utama dalam memaksimalkan performa ketika memberikan tampilan interface. Hal ini berfungsi saat perangkat laptop mulai menyala. Menjaga layar tetap baik dan stabil ketika Anda gunakan saat penting agar tida timbul kerusakan.

Hal yang patut Anda hindari ketika layar laptop Anda bersihkan adalah tidak memberinya kinerja berat. Saat membersihkan layar laptop, sebaiknya perangkat dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan agar layar tidak mendapatkan tekanan berlerbih sehingga kinerjanya akan terpengaruhi oleh tekanan yang ada.

Meski ringan, tekanan yang dapat timbul ketika Anda bersihkan dapat mengakibatkan kondisi internal layar menurun. Hal ini sebaiknya Anda hindari agar layar laptop tidak mudah mengalami kerusakan. Mematikan perangkat laptop terlebih dahulu dapat menjadi langkah tepat dalam membersihkan layar secara aman.

Tidak Menggunakan Air Pembersih yang Abrasif

Membersihkan layar laptop dapat menggunakan beberapa bahan yang aman Anda gunakan. Pastikan untuk memilih bahan yang tepat sebelum memakainya. Salah satu indikator bahan yang tepat adalah memiliki karakteristik non abrasif.

Cara membersihkan layar laptop yang cukup efektif adalah memanfaatkan benda cair. Bahan liquid akan membantu membersihkan layar hingga ke sisi yang sulit terjangkau dengan benda tumpul. Benda cair yang dapat Anda gunakan adalah air pembersih. Usahakan memilih air jenis non abrasif.

Maksud dari sifat bahan non abrasif adalah bahan yang ramah lingkungan tanpa menimbulkan efek samping pengikisan. Hal ini dapat menjadi pilihan yang tepat agar layar laptop tidak terkikis setelah dibersihkan.

Sering dijumpai cairan yang digunakan untuk membersihkan layar justru menimbulkan bekas noda. Hal ini justru akan menimbulkan kesan tidak nyaman saat layar kembali Anda gunakan. Maka dari itu, menggunakan air pembersih yang non abrasif dapat menjadi solusi yang tepat.

Menggunakan Kain Jenis Mikrofiber

Perawatan terbaik untuk layar laptop adalah dengan membersihkannya secara teratur. Hal ini tentu akan berpengaruh dengan kondisi layar dan kenyamanan penggunaan. Layar laptop yang sering Anda bersihkan akan terhindar dari debu yang melekat maupun otoran lainnya.

Jika kotoran pada layar sudah membandel, maka tetap pastikan untuk membersihkannya dengan alat yang ramah. Membersihkan noda membandel pada layar laptop dengan sikat bukan solusi yang tepat.

Menggunakan sikat untuk membantu membersihkan akan menghilangkan debu namun juga akan menimbulkan goresan.

Sangat disayangkan bila layar laptop menjadi rusak akibat cara membersihkan layar laptop yang salah. Dalam hal ini kain jenis mikrofiber dapat Anda gunakan sebagai alternatif untuk membersihkan layar tanpa takut meninggalkan goresan.

Kain jenis mikrofiber memiliki tekstur yang halus dan lunak. Hal ini sangat tepat jika Anda gunakan untuk mengusap layar yang berdebu dan perlu Anda bersihkan. Kain ini akan sangat bersahabat karena teksturnya.

Menyemprotkan Cairan Pembersih Ke Mikrofiber Terlebih Dulu

Menggunakan cairan pembersih memang menjadi salah satu cara yang ampuh untuk membersihkan layar laptop dengan efektif. Dalam hal ini perlu Anda perhatikan pengaplikasian cairan pembersih layar agar tidak terjadi kesalahan.

Menyemprotkannya secara langsung pada layar sebaiknya Anda hindari. Tentu saja, dalam keadaan normal layar laptop perlu Anda jauhkan dari cairan agar tidak terjadi kerusakan.

Meski semprotan pembersih ini bersifat ringan saat mengenai layar laptop, efek samping yang timbul tidak dapat terprediksi dengan jelas.

Cara terbaik untuk menghindarinya dari kerusakan akibat cairan adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke mikrofiber dulu. Selanjutnya, baru usapkan mikrofiber pada layar laptop secara perlahan untuk mengusap debu dan kotoran yang menempel.

Langkah ini dapat menjadi cara membersihkan layar laptop yang aman dan efektif. Hal ini karena cairan pembersih akan membuat debu pada layar lebih mudah terangkat. Selain itu, kain mikrofiber dengan tekstur lembutnya akan menghindarkan layar dari goresan yang mungkin timbul.

Mengusap Layar dengan Satu Arah

Cara membersihkan layar laptop harus Anda lakukan dengan hati-hati. Selain itu perlu langkah yang tepat ketika membersihkannya dengan metode mengusap. Kain mikrofiber mungkin akan berssahabat untuk layar laptop, namun jika pengaplikasiannya salah, efek terburuknya juga bisa fatal.

Mengusap kain mikrofiber pada layar akan lebih baik jika Anda lakukan dengan perlahan. Tidak terlalu memiliki tekanan saat Anda usapkan akan memberikan hasil yang lebih baik. Tekanan yang berlebih ketika membersihkan layar justru akan menimbulkan keruskan dari bagian eksternal.

Selain itu sebaiknya tidak melakukan gerakan menggosok. Usap layar dengan satu arah agar layar dapat menerima tekanan dengan stabil. Cara penggosokan dengan melingkar cenderung lebih berbahaya untuk layar perangkat laptop.

Berita Terbaru