32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaCara Membersihkan Karang Gigi Ini Sangat Efektif

Cara Membersihkan Karang Gigi Ini Sangat Efektif

Karang gigi merupakan lapisan terbentuk dari kotoran sisa makanan yang menumpuk dan mengeras. Hal ini karena gigi tidak Anda bersihkan dengan baik. Jika karang gigi semakin banyak, Anda harus menerapkan beberapa cara membersihkan karang gigi baik itu alami maupun harus datang ke dokter gigi.

Ketika Anda makan, bakteri dalam mulut memecah karbohidrat dari makanan menjadi asam, kemudian bercampur dengan air liur yang jika tidak Anda bersihkan, akan menumpuk menjadi karang gigi. karang gigi harus segera Anda bersihkan, jika Anda berhalangan ke dokter gigi, anda bisa melakukan cara berikut.

Menyikat Gigi Menggunakan Baking Soda

Cara membersihkan karang gigi menggunakan baking soda atau soda kue termasuk salah satu cara yang masih aman untuk diterapkan karena soda kue bisa membersihkan tanpa merusak enamel. Dapat juga menggunakan pasta gigi yang sudah mengandung soda kue.

Baking soda bekerja dengan tetap menjaga gigi dari proses hilangnya kalsium dari email gigi.  Hal ini karena PH yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah hilangnya enamel. Soda kue juga mempunyai sifat antimikroba dengan mencegah kerusakan gigi akibat serangan bakteri.

Cara membuat pasta gigi dari soda kue ini cukup mudah dengan menambahkan lidah buaya, lemon, dan gliserin. Pertama campur segelas air dengan ½ gelas baking soda, 1 sdt gell lidah buaya, 4 sdt gliserin, dan essential oil lemon secukupnya. Aduk rata, kemudian gosokkan campuran tersebut ke gigi.

Berkumur Menggunakan Minyak Kelapa (Oil Pulling)

Berkumur menggunakan minyak kelapa adalah cara yang awalnya banyak orang lakukan di India. Cara ini dapat meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri dari dalam mulut. Minyak kelapa terpilih karena memiliki sifat anti-inflamasi, juga mengandung antioksidan.

Langkah yang dapat Anda lakukan yaitu pertama ambil 1 sendok minyak kelapa hangat lalu masukkan kedalam mulut. Kumur-kumur selama 5 sampai dengan 10 menit. Kemudian, buang minyak kelapa tersebut. Hindari membuang ke wastafel karena dapat menyumbat saluran.

Menggosok Gigi Menggunakan Kulit Jeruk

Menggunakan kulit jeruk bisa jadi salah satu cara membersihkan karang gigi yang recommended. Hal itu karena kulit jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan, dengan begitu, kulit jeruk dapat memerangi organisme yang menyebabkan karang gigi, dan menghilangkan bau mulut.

Cara penggunaannya sangat mudah. Langsunggosokkan kulit jeruk pada seluruh bagian gigi Anda. Cara lain yang juga bisa diterapkan adalah menumbuknya lalu aplikasikan pada gigi yang menguning dan terdapat karang gigi, kemudian diamkan beberapa saat, lalu bilas.

Baca:  Air Kelapa untuk Asam Lambung, Ketahui Apa Saja Kandungannya

Menggunakan Benang Khusus Gigi

Jika hanya dengan menyikat gigi, Anda menganggap gigi Anda sudah bersih, itu salah. Menyikat gigi hanya membersihkan permukaan saja, sedangkan sela-sela gigi dan gusi masih terdapat sisa makanan yang terkumpul dan dapat membentuk karang gigi.

Baca:  Jenis Reksadana Sangat Aman serta Untung

Maka Anda dapat menerapkan cara lain yaitu dengan menggunakan benang khusus gigi atau disebut dengan dental floss. Benang gigi juga efektif jika untuk membersihkan sela-sela bagian gigi yang tidak dapat terjangkau oleh bulu sikat gigi.

Cara menggunakan benang gigi ini bisa Anda awali dengan ambil benang gigi sepanjang 45cm dan lilitkan pada kedua ujung jari. Kemudian pegang erat menggunakan jari jempol dan telunjuk. Selipkan benang gigi tersebut pada salah satu sela gigi lalu gesekkan bolak-balik dan naik-turun membentuk huruf C.

Setelah selesai mnggunakan benang gigi pada seluruh sela gigi, berkumurlah dengan obat kumur atau air. Penggunaan benang gigi secara rutin dapat mencegah terbentuknya plak dan karang gigi, sehingga resiko terjadinya bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gingivitis dapat berkurang.

Menggunakan Air Lemon

Air lemon bisa menjadi salah satu pilihan untuk membersihkan karang gigi karena memiliki sifat asam dan antibakteri yang tinggi. Ini bisa mendisinfeksi karang gigi dan juga bisa membuat bau mulut menjadi lebih segar.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, langkahnya cukup mudah. Pertama, siapkan ¼ gelas air dan ½ gelas jus lemon. Selanjutnya, panaskan air dan masukkan jus lemon yang telah Anda siapkan. Biarkan mendidih dan dinginkan. Pakai larutan tersebut untuk berkumur selama 1 menit setiap hari.

Menggunakan Garam Dapur

Alternatif cara membersihkan karang gigi yang terAkhir yaitu dengan menggunakan garam dapur. Garam dapur memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang cukup tinggi. Bakteri akan kehilangan cairan selnya dan mengalami kematian jika berada pada larutan garam saat Anda berkumur.

Langkahnya sangat mudah yaitu  dengan menambahkan setenga sendok teh garam ke dalam air hangat. Kemudian aduk sampai tercampur rata dan terlarut. Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur dan ratakan pada seluruh mulut. Lakukan secara rutin 1 sampai 3 kali sehari.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan karang gigi. prosesnya memang tidak bisa cepat, harus rutin Anda lakukan agar hasilnya terlihat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menggosok gigi.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer