Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

0
252
Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada makanan-makanan tertentu khususnya makanan-makanan dari negera Italia yaitu numero uno seperti pizza, spaghetti, lasagna dan makanan Italia yang lainnya. Tetapi, kulit tomat tidak dipakai pada pembuatan saus tomat. Inilah cara kupas kulit tomat dengan lebih praktis dan mudah.

Cuci Dengan Air Mengalir

Sebelum ke pembahasan mengenai cara kupas kulit tomat, perlu diketahui bahwa Anda harus berusaha untuk tidak membuat dagingnya hancur ketika pengupasan kulit tomat. Pertama-tama Anda pilihlah tomat yang masih segar karena kualitas tomat akan sangat mempengaruhi kualitas saus.

Selanjutnya, Anda cuci tomat itu di bawah air mengalir hingga bersih. Cara membersihkannya yaitu dengan menggosok perlahan kulit tomat agar noda atau kotoran yang terdapat pada kulit tomat itu hilang. Kemudian, taruh tomat di tempat yang bersih dan tunggu hingga agak kering sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.

Beri Tanda Sayatan

Anda perlu mengecek bagian atas tomat. Apabila Anda melihat bekas tumbuh batang, iris bagian itu dan buang. Hal yang perlu diingat bahwa Anda harus mengirisnya dengan hati-hati agar tidak merusak daging tomat. Selanjutnya Anda hanya perlu menyayat bagian bawah kulit tomat dengan membentuk tanda “x” agar lebih mudah ketika mengupasnya nanti. Sayat hingga sedikit menembus kulit tomat.

Langkah Terakhir

Kemudian langkah yang terakhi panaskan air dalam panci hingga mendidih dan masukkan tomat-tomat tadi ke dalam panci. Ingat! Tomatnya harus sudah disayat. Rendam tomat tersebut kedalam air yang mendidih. Tunggu hingga 15-20 detik hingga kulit tomat menjadi kerut.

Setelah itu, siapkan wadah berisi air bersih dan es batu. Masukkan tomat-tomat yang sudah direbus ke dalam wadah tersebut. Diamkan selama 5 menit. Teknik ini bertujuan untuk mencegah daging tomat yang terlalu lembek akibat pemasakkan tomat lebih lanjut. Selanjutnya, kupas kulit tomat dengan menariknya dari bekas sayatan tadi.

Itulah cara kupas kulit tomat agar lebih praktis, mudah dan tentunya tidak merusak daging tomat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here