Cara Kerja DNS Server, Kelebihan dan Kekurangannya

0
135
Cara Kerja DNS Server, Kelebihan dan Kekurangannya

Reportasee.com – Cara kerja DNS server, kelebihan dan kekurangannya. Sebagian besar orang mengenal DNS server merupakan salah satu sistem yang ada di komputer.

Biasanya DNS ini dikenal sebagai sistem yang menyimpan sebuah informasi dan juga data tentang nama host serta nama domain.

Namun apa pengertian dan cara kerja DNS server? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini penjelasan mengenai arti dan cara kerja dari DNS.

Pengertian DNS Server

DNS atau bisa disebut dengan domain name system ini merupakan salah satu sistem yang memuat sebuah informasi ataupun data.

Dimana data tersebut mencakup tentang nama host serta nama domain yang berbentuk basis data dan telah tersebar pada jaringan komputer.

Biasanya, keberadaan DNS server digunakan pada sebuah layanan nama domain dengan adanya permintaan dari website ke alamat IP.

Hal tersebut bertujuan untuk menemukan sebuah layanan komputer dan juga perangkat di beberapa penjuru dunia.

Dapat dikatakan keberadaan dari DNS server ini sangat penting bagi kelancaran internet.

Selain itu, DNS server dapat dikatakan sebagai buku pedoman internet saat dimana beberapa pengguna mencari sebuah website.

Maka hal tersebut akan diarahkan pada alamat IP yang telah disediakan.

Cara Kerja DNS Server

Cara kerja DNS server sendiri memang tidak digolongkan rumit. Dimana berawal dari DNS resolver yang melakukan sebuah pencarian alamat pada sebuah file host.

Jika alamat host yang dicari telah ditemukan, maka semua proses selesai dengan mudah.

Namun jika dipahami lebih dalam lagi, DNS resolver berusaha untuk melakukan pencarian pada data cache.

Namun jika alamat pada sebuah file host yang dicari oleh DNS tidak ditemukan, maka hal ini tidak membuat DNS berhenti.

DNS akan mencoba melanjutkan pencarian pada server DNS yang selanjutnya.

Anda perlu mengetahui bahwa pencarian dari klien ini disebut dengan pencarian iteratif. Sedangkan untuk pencarian domain antar server DNS disebut dengan pencarian rekursif.

Fungsi DNS Server

Seperti yang telah dibahas di awal tadi, keberadaan dari DNS merupakan hal yang penting untuk menunjang kelancaran internet.

Namun DNS sendiri juga memiliki fungsi utama, yakni untuk melakukan sebuah identifikasi pada alamat yang ada pada suatu jaringan komputer.

Selain itu,pada tiap-tiap komputer yang terhubung dengan internet pasti memiliki sebuah alamat IP sendiri -sendiri.

Dan keberadaan DNS mampu untuk memetakan jaringan internet pada sebuah komputer.

Dengan adanya DNS, maka alamat IP dari tiap-tiap host akan memperoleh tindakan teridentifikasi, sehingga semua pastinya memiliki sebuah alamat IP yang berbeda-beda.

Selain fungsi diatas tadi, fungsi dari DNS juga mampu untuk melakukan pendaftaran server email.

Jadi jika tidak adanya DNS, maka dapat dipastikan jaringan tidak akan berjalan, atau mengakses dengan baik pada alamat yang telah diberikan oleh browser.

Kelebihan dan Kekurangan DNS Server

Kelebihan dan Kekurangan DNS Server

Seperti yang telah diketahui, bahwa DNS server merupakan salah satu hal yang penting pada sebuah jaringan internet.

Jika tidak ada DNS server, maka sebuah jaringan yang ada pada komputer tidak bisa melacak serta mengakses alamat yang diinginkan.

Berikut ini pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan DNS server yang perlu Anda ketahui.

Definisi DNS Server

DNS server merupakan sebuah sistem yang di mana keberadaannya mampu mengakses sebuah alamat yang telah diketikan pada web browser.

Seperti halnya jika Anda membuka atau ingin mengakses sebuah situs, jika tidak adanya DNS server dengan komputer atau laptop yang digunakan, tidak bisa lakukan.

Dikarenakan laptop Anda tidak bisa mengakses atau mengidentifikasi alamat IP dari website. Cara kerja dari DNS server sendiri dikatakan tidak begitu rumit.

Dari DNS resolver yang mencari sebuah alamat di file host, jika alamat tersebut telah ditemukan maka proses pencarian telah selesai.

Dan Anda bisa melanjutkan pekerjaan jika telah membuka website yang diinginkan.

Jadi keberadaan dari DNS sendiri sangatlah penting agar Anda dapat memperoleh alamat IP dari website yang dituju.

Kelebihan DNS Server

Setelah membahas tentang definisi dari DNS server, Anda juga perlu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan DNS server.

Kelebihannya yaitu sangat mudah. Mudah disini dalam arti Anda sebagai user tidak repot untuk mengingat sebuah alamat IP pada komputer. Namun Anda hanya perlu mengingat hostname.

Selain itu, kelebihan DNS yakni dapat konsisten dan memiliki kinerja lancar. Konsisten disini berarti alamat IP pada suatu komputer kemungkinan besar bisa saja berubah. Akan tetapi, hostname dapat dipastikan tidak akan berubah.

Kelebihan DNS selanjutnya yakni mudah untuk mengimplementasikan sebuah protokol TCP atau IP.

Ini memudahkan Anda untuk mengakses sebuah website tanpa harus kesusahan untuk mengakses alamat yang dituju, kapan pun dan dimana pun.

Kekurangan DNS Server

DNS server bukan hanya memiliki kelebihan saja, namun juga memiliki kekurangan yang wajib diketahui.

Kekurangan tersebut antara lain adalah Anda sebagai pengguna atau user tidak bisa menggunakan identitas nama yang banyak.

Hal ini akan menghambat Anda untuk mencari nama domain, baik itu pada intranet maupun internet.

Selain itu, DNS juga tidak begitu mudah untuk diimplementasikan. Dan DNS server sendiri juga tidak dapat untuk membuat nama domain identitas dalam jumlah yang.

Jadi pada intinya, Anda sebagai user memiliki batas untuk menggunakan dalam sebuah halaman situs. Hal ini pastinya membuat Anda kurang nyaman untuk membuka sebuah situs.

Itulah ulasan mengencai cara kerja DNS server, kelebihan dan kekurangan DNS server. Dari ulasan ini Anda dapat mengambil tambahan infonromasi mengenai DNS server. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.