32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaCara Bayar Zakat Online Lewat Berbagai Aplikasi Praktis

Cara Bayar Zakat Online Lewat Berbagai Aplikasi Praktis

Reportasee.com – Cara bayar zakat online memang masyarakat perlukan saat ini. Keadaan pandemi Covid-19 seperti sekarang membuat orang-orang dianjurkan tidak keluar rumah.

Berdasarkan alasan itulah pada akhirnya membuat beberapa lembaga resmi yang menangani zakat mengadakan program secara daring. Tujuannya adalah agar masyarakat terutama umat Islam bisa berzakat di manapun dan kapan saja.

Bulan Ramadhan seperti sekarang ini merupakan saat di mana amal menjadi berlipat ganda. Amalan tersebut berupa pendekatan diri kepada Allah SWT dengan menjalankan semua bentuk ibadah.

Mulai dari puasa, sholat wajib dan Sunnah, sedekah, tadarus Al Qur’an hingga zakat. Teknologi yang berkembang seperti sekarang ini semakin memudahkan umat Islam dalam menjalankan salah satu ibadah yaitu Zakat.

Hal ini terbukti dari cara bayar zakat online yang mudah anda lakukan. Bermodalkan ponsel pintar dengan dukungan aplikasi tambahan, anda sudah bisa menjalankan kewajiban membayar zakat.

Selain itu pastikan saldo dalam rekening maupun akun digital cukup untuk menunaikan zakat. Jika anda belum mengetahui cara bayar zakat online bisa mengikuti langkah berikut secara runtut. Dengan begitu amalan zakat kepada orang yang membutuhkan terlaksana maksimal.

Ini Dia Cara Bayar Zakat Online Pakai Dompet Digital

Keberadaan dompet digital juga menjadi salah satu cara bayar zakat online. Semua orang kini lebih memilih mempunyai akun e-wallet lantaran prosesnya mudah dan cepat.

Fungsi dari dompet digital tersebut pun beragam. Mulai dari transaksi antar pengguna, rekening bank, membayar tagihan dan tentu saja perantaran menunaikan zakat.

Cukup banyak dompet digital yang bisa anda unduh melalui playstore. Masing-masing dari aplikasi tersebut juga menawarkan pembayaran zakat mudah.

Membayar Zakat Dengan Aplikasi Dana

Aplikasi dompet digital pertama yang termasuk ke dalam cara bayar zakat online adalah Dana. Aplikasi tersebut menawarkan kelebihan berupa kemudahan dan lebih efisien dalam membayar zakat. Sehingga mendorong masyarakat terlebih umat islam menuaikan ibadah sedekah ataupun berinfak.

Guna memfasilitasi layanan baru tersebut, Dana sudah bekerja sama dengan beberapa lembaga resmi zakat. Misalnya saja Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional juga Dompet Dhuafa.

Untuk cara membayarnya sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur berupa pembayaran zakat yang ada dalam aplikasi. Kemudian nominal tersebut akan tersalurkan kepada penerima berhak lewat Baznas ataupun Dompet Dhuafa.

Pengguna cukup membuka aplikasi Dana. Di dalamnya tekan tombil Scan atau Bayar. Kemudian pindai kode QRIS milik Zakat Baznas dan masukkan nominal pembayaran. Lalu pengguna dapat melakukan konfirmasi sebagai bukti setor ke whatsapp Baznas di nomor 087877373555.

Selain itu untuk metode bayar zakat di Dompet Dhuafa, pengguna bisa mengklik fitur di halaman utama aplikasi Dana. Fitur tersebut ada di menu Donasi laman utama. Jika sudah pilih zakat yang hendak anda bayarkan di dua opsi berupa fitrah ataupun profesi.

Zakat fitrah, silahkan masukkan nama beserta jumlah tanggungan. Sedangkan pilihan zakat profesi masukkan nominal yang hendak anda bayar. Kemudian pilih salah satu metode pembayaran. Masukkan PIN aplikasi Dana dan ketik tombol membayar.

Aplikasi Lainnya Untuk Bayar Zakat Online

Tak hanya aplikasi Dana, terdapat platform lainnya yang mendukung cara bayar zakat online. Hal ini menjadi pilhan untuk orang lain yang tidak mempunyai akun Dana.

Platform tersebut adalah aplikasi Link Aja. Serupa dengan Dana yang mana merupakan dompet digital. Anda bisa mengunduhnya dan memasang di ponsel pintar masing-masing.

Sama seperti Dana, aplikasi Link Aja juga memungkinkan penggunanya bertransaksi secara digital. Sebab di dalamnya ada banyak pilihan keuangan. Seperti pembelian pulsa, BPJS, tagihan PLN dan lain sebagainya. Bahkan Link Aja juga bisa pengguna gunakan dalam transportasi umum seperti Commuter Line.

Baca:  Jenis-Jenis Luka Terbuka Maupun Luka Tertutup

Cukup menggunkan barcode anda bisa naik beberapa mode transportasi dengan mudah. Sedangkan untuk menerapkan cara bayar zakat online di aplikasi tersebut anda bisa menggunakan fitur Link Aja Syariah. Fitur tersebut  berbasis dompet digital syariah. Salah satu programnya adalah Zakat dan sedekah dengan mitra terpercaya.

Baca:  Mengenal Apa itu Trading Forex (Resiko, Tips, Kendala dan Keunggulan)

Mitra pengelola zakat dari Link Aja cukup beragam. Seperti BAZNAS DKI, ACT atau Aksi Cepat Tanggap, Dompet Dhuafa beserta Rumah Zakat.

Langkah pengunaan aplikasi ini untuk membayar zakat cukup mudah. Bagi para pengguna iOS pertama buka Link Aja yang sudah terpasang di smartphone. Kemudian pergi ke menu ‘Link Aja Berbagi’.

Di kolom pencarian, anda bisa mencari mitra yang menjadi lembaga penyaluran Zakat. Pilih salah satu di antaranya. Kemudian tekan sub menu ‘Zakat’ dan masukkan nominal yang hendak anda kirimkan. Jika sudah dan berhasil akan muncul konfirmasi di halaman Link Aja.

Bagi para pengguna Android, cara bayar zakat online melalui aplikasi Link Aja tak berbeda jauh. Pertama buka aplikasi Link Aja yang sudah terpasang. Tekan menu lainnya kemudian cari pilihan menu zakat.

Pada kolom pencarian partner cari lembaga sebagai penyalur zakat. Barulah masukkan jumlah uang ynag hendak anda bayarkan. Kemudian ketuk tombol konfirmasi dan pengguna akan mendapatkan pemberitahuan di layar bahwa sudah berhasil.

Bayar Zakat Online di Maket Place

Tata cara bayar zakat online selanjutnya juga bisa anda lakukan di market place kenamaan yaitu Tokopedia. Fitur dalam aplikasi tersebut memungkinkan pengguna membayar zakat secara daring. Fitur tersebut bernama Tokopedia Salam.

Melalui fitur tersebut, pengguna bisa menyalurkan zakatnya cukup mudah.  Cara bayar zakat online melalui aplikasi Tokopedia meliputi berbagai macam antara lain Mal serta Fitrah. Untuk Zakat Mal sendiri Tokopedia bekerja sama dengan beberapa partner terpercaya. Seperti Lazismu, IZI, Dompet Dhuafa, Baznas, NU Care LAZISNU, Rumah Zakat, Rumah Yatim dan juga LAZ Al-Azhar.

Kategori Zakat Fitrah sendiri Tokopedia juga menyalurkan lewat beberapa lembaga kenamaan seperti Rumah Zakat, BAZNAS, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa.

Pada cara bayar zakat online di Tokopedia tergolong mudah. Untuk permulaan pastikan anda sudah memiliki aplikasi Tokopedia yang terpasang di dalam ponsel. Selanjutnya daftar atau login di aplikasi tersebut sesuai identitas diri.

Selanjutnya buka halaman depan aplikasi Tokopedia. Akan ada beberapa fitur yang menjadi menu di laman utama. Cari Tokopedia Salam kemudian tekan pilihan Zakat.

Akan ada dua perhitungan Zakat. Pertama adalah menghitung dengan memasukan harta yang tak terpakai selama satu tahun lamanya. Isi perhitungan tersebut minimal satu kolom saja. Jika sudah ketuk ‘Bayar Zakat’.

Langkah kedua dengan mengetuk ‘Bayar Zakat’ dan masukan jumlah zakat yang harus anda bayaran. Kemudian tekan ‘Cek Kewajban Zakat’. Jika anda ingin, masukkan nomor NPWN agar bisa mengurangi PKP atau Penghasilan Kena Pajak. Saat semua sudah terisi, langkah terakhir tinggal menekan ‘Bayar Zakat’.

Guna mempraktekkan cara bayar pajak online melalui aplikasi Tokopedia harap pastikan saldo mencukupi. Saldo tersebut bisa berupa OVO yang mana partner pembayaran, transfer bank hingga merchant kerja sama dengan Tokopedia.

Agar memudahkan beribadah, anda bisa menerapkan beberapa cara bayar pajak online tersebut di ponsel pintar.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer