28.7 C
Indonesia
Minggu, Desember 8, 2019
No menu items!

BMKG Paparkan Potensi Gempa di Kalimantan

Wajib Baca

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

Reportasee.com,- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini memaparkan potensi gempa di Pulau Kalimantan. Sebagaimana aktivitas bencana alam di pulau itu masih rendah se-Indonesia.

Melansir dari Kompas.com, Selasa (03/09/2019), Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, pada dasarnya Pulau Kalimantan jarang terjadi bencana alam meskipun memiliki struktur sesar.

“Kondisi sistematis di Kalimantan berdasarkan fakta yang ada, memiliki struktur sesar lebih kecil yang masih aktif dari pada beberapa pula di Nusantara,” katanya.

Dwikorita juga menjelaskan bahwa Kalimantan memiliki kemungkinan kecil atas terjadinya bencana alam jika dibandingkan dengan Pulau Sulawesi, Jawa, Sumatera dan Papua.

Faktanya, keempat Pulau tersebut telah memiliki catatan sejarah tentang bencana alam hingga merengkuh sejumlah korban jiwa.

Sementara itu, di Kalimantan terdapat struktur sesar yang telah menua. Sehingga potensi terjadinya bencana seperti gempa bumi hingga tsunami sangat kecil.

BMKG Peringatkan Warga Sekitar

Meski begitu, BMKG juga memperingatkan warga sekitar, lebih tepatnya di daerah pesisir Pulau Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Sebagaimana ketiga wilayah itu berhadapan langsung dengan sumber terjadinya gempa bumi.

Dwikorita meminta Pemerintah Daerah untuk menyusun strategi mitigasi terhadap potensi bencana alam dengan cara melakukan persiapan tata ruang pantai supaya warga pesisir terhindari dari ancaman gempa bumi dan tsunami.

“Warga pesisir akan segera mendapatkan edukasi tentang pelatihan evakuasi dan evakuasi mandiri sebagai peringatan dini terjadinya bencana alam di kemudian hari,” ungkap Dwikorita.

BMKG Siapkan Skenario Mitigasi

Deputi Geofisika BMKG, Mohammad Sadly mengatakan, bersama dengan Lembaga atau Kementerian lainnya, pihaknya tengah berupaya keras untuk mempersiapkan skenario mitigasi gempa bumi dan tsunami yang terpadu, akurat dan berkesinambungan.

Pada 2019, kurang lebih 195 unit sensor gempa akan dipasang. Sementara 153 unit sensor gempa juga direncanakan pada 2020 demi mendapatkan informasi terhadap potensi bencana alam nasional.

Di lain hal, pihaknya akan membangun kurang lebih 300 infrastruktur terkait penyebarluasan data dari Warning Receiver System (WRS) di semua daerah Indonesia.

“Mikro zonasi akan kami lakukan demi memperkuat struktur bangunan tahan gempa agar tetap aman bagi warga yang nantinya berada di kejadian berlangsung,” tandas Sadly.

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -