32 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
BerandaBeritaBerburu Pisang Aroma, Makanan Khas Temanggung, Jawa Tengah

Berburu Pisang Aroma, Makanan Khas Temanggung, Jawa Tengah

Berburu Pisang Aroma, Makanan Khas Temanggung, Jawa Tengah. Ketika mengunjungi daerah Temanggung Anda akan menjumpai beberapa makanan khas yang lezat seperti keripik tahu, potil singkong, stik talas dan salah satunya, yaitu pisang aroma.

Pisang aroma merupakan makanan khas Temanggung berbahan dasar pisang raja nangka. Pisang aroma bisa menjadi cemilan saat santai sambil minum teh. Atau Anda bisa menjadikannya oleh-oleh maupun atau buah tangan untuk keluarga, sahabat dan sanak saudara.

Aktivitas Pembuatan Pisang Aroma Makanan Khas Temanggung, Jawa Tengah

Melihat langsung proses pembuatan pisang aroma

Setelah keliling menikmati keindahan alam saatnya Anda dapat memburu pisang aroma makanan khas Temanggung, Jawa tengah menjadi perjalanan wisata Anda yang menyenangkan

Anda ingin melihat langsung proses pembuatan sekaligus menikmati lezatnya pisang aroma. Anda bisa mendatangi lokasi sentral pembuatan pisang aroma tepatnya di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung.

Desa Gesing merupakan central produksi pisang aroma di Temanggung. Ketika datang ke Desa itu Anda dapat melakukan kegiatan traveling mulai melihat dari dekat proses pembuatan pisang aroma langsung dari lokasi.

Kemudian Anda bisa menjelajah beberapa kampung produsen pisang aroma tersebar di Desa Gesing.

Dusun Sarangan salah satu central produksi pisang aroma di Temanggung, yang terkenal dengan merk pisang aroma KPK Mawar .

Pisang aroma KPK Mawar sejak tahun 2000 Sri Mulyati merintis memproduksi produk berbahan dasar pisang tersebut.

Produksi Pisang Aroma KPK Mawar melibatkan 57 karyawan mampu menproduksi pisang aroma sekitar 20 ton perbulan .

Selain itu produksi pisang aroma sebanyak 20 ton tersebut menghabiskan 20.000 sisir/ lirang pisang raja nangka yang membeli dari Kecamatan Gemawang Temanggung. Pisang aroma KPK Mawar buatan Sri Mulyati mampu menembus pasaran Pulau Jawa, Kalimantan dan Bali.

Anda akan menemukan merk pisang aroma lain ketika mengunjungi kampung Sarangan, yaitu Pisang aroma merk Mahkota.

Pisang aroma merk Mahkota milik Endang awalnya seorang pemasok pisang aroma yang diproduksi Kelompok Ngudi Makmur saat itu hanya beranggota 6 orang.

Kelompok Ngudi Makmur terdiri dari beberapa pedagang seperti pedagang kayu, counter, lalu beras, hingga makanan kecil.

Namun, keinginan kuat meningkatkan usaha Endang, kemudian membuka usaha pembuatan pisang aroma dengan merk pisang Aroma merk Mahkota tahun 2005.

Industri pisang aroma Mahkota awal saat berdiri hanya 5 orang. 5 orang tersebut bekerja untuk mengolah mulai dari mengupas pisang. Tetapi mereka juga membuat lapisan luar, menggoreng sampai mengemas.

Kini, setelah mendapat pinjaman dari PNPM jumlah karywan lebih dari 30 orang. Perlahan industri pisang aroma Mahkota berkembang pesat dalam 1 hari mampu memproduksi 1,6 kwintal pisang aroma.

Cara Membuat Pisang Aroma khas Temanggung

Rasa manis dan lezat dengan bentuk pisang aroma yang khas menarik bagi Anda untuk untuk mencoba membuatnya. Anda cukup menyiapkan pisang raja dan bahan lainnya seperti kulit pisang aroma.

Bahan kulit pisang aroma terdiri dari campuran tepung terigu, garam dan putih telur. Cara membuat kulit pisang aroma mudah dengan mencampurkan semua bahan sampai rata.

Kemudian menuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan hingga semua tercampur. Lalu biarkan hingga 40 menit. Baru kemudian menuangkan adonan dalam ke wajan yang berisi sedikit minyak goreng dan pastikan

Setelah itu, baru kemudian Anda menaruh irisan pisang raja kulit. Selanjutnya minyak nabati sehingga menghasilkan pisang aroma yang higienis manis dan lezat.

Merk Pisang Aroma khas Temanggung

Lezatnya pisang aroma oleh-oleh khas Temanggung menarik wisatawan untuk mencobanya. Kemasan pisang aroma yang menarik terlihat rasanya menggoda selera.

Anda akan menjumpai beberapa merk pisang aroma seperti pisang aroma merk Kpk Mawar, Mahkota, Surya dan merk pisang aroma lainnya yang rasanya legit dan manis.

Anda juga bisa membeli pisang aroma di toko oleh-oleh yang tersebar di beberapa kota di Pulau Jawa, Kalimantan hingga Sumatera .

Berburu pisang aroma di Desa Gesing, Temanggung

Ketika berkunjung ke Temanggung tidak hanya melihat keindahan alam daerah Temanggung. Anda bisa melihat langsung proses pembuatan pisang aroma langsung di lokasi.

Anda bisa berburu pisang aroma sesuai selera dengan beragam kemasan. Produk pisang aroma 250 gram, 450 gram, 500 gram, 900 gram, 4 kilogram dan 5 kilogram.

Tidak hanya berburu pisang aroma .Kamu juga bisa berburu produk lain dari pisang mulai selai pisang,kripik pisang hingga produk lainnya yang menggoda selera.

Penjualan pisang aroma tidak hanya secara konvensional, tetapi juga cara online shop. Media online shop ini produk pisang aroma terjangkau masyarakat luas.

Bukalapak,com, tokopedia.com salah satu media online media promo beberapa merk pisang aroma khas Temanggung, Jawa Tengah. Itulah informasi singkat tentang pisang aroma makanan khas Temanggung, Jawa Tengah yang bisa menginspirasi.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER