Benih Ikan Mas Berkualitas, Prioritas Penting untuk Bisnis

0
13
pixabay

Mengetahui Berbagai Ciri Benih Ikan Mas Berkualitas. Di dunia budidaya ikan, maka faktor benih baik dan berkualitas itu sangatlah penting. Nyatanya sekitar 30 % tingkat keberhasilan dalam hal budidaya ikan itu sangat terlihat karena benih unggul dan berkualitas. Dan tentunya hasil panen ikan juga akan lebih menguntungkan lagi.

Berkembangnya budidaya ikan di masyarakat menjadikan bisnis ini menjanjikan untuk di kelola. Mengingat kekayaan alam Indonesia akan ketersedian flora dan fauna yang beragam. Ikan sendiri menjadi kebutuhan pokok setiap orang untuk memnuhi kebutuhan protein hewani.

Kebutuhan tersebut memerhatikan kualitas dari produk ikan yang Anda hasilkan karena kebersihan ikan yang akan Anda konsumsi dapat memengaruhi kesehatan. Oleh karena itu, segala aspek yang memengaruhi kualitas ikan yang pilih dari bibitnya.

Sangat penting bibit ikan yang baik untuk perkembangbiakannya adalah agar bisa melahirkan ikan yang baik dari segi kesehatan maupun dari segi fisiknya. Hal ini akan meningkatkan kualitas ikan. Oleh karena itu, ciri-ciri fisik yang mengungkapkan kualitas dari bibit ikan agar konsumen tidak merasa Anda rugikan. 

Saat Anda ingin memasuki sebuah dunia bididaya perikanan maka sebaiknya kuasai terlebih dahulu pengetahuan tentang benih ikan. Mengetahui berbagai ciri benih ikan yang baik dan berkualitas itu merupakan langkah awal Anda meraih sebuah kesuksesan. Banyak kasus yang akan menyepelekan tentang pemilihan benih ikan yang baik dan juga berkualitas, alhasil maka akan gagal panen, keuntungan sedikit atau justru malah akan rugi.

Baca:  Cara Membuat Kompos dari Sampah Rumah Tangga

Untuk itulah pengetahuan tentang cara untuk memilih benih ikan yang baik dan berkualitas itu sangatlah Anda perlukan.

Benih Ikan Mas Berkualitas : Pembenih atau Penjual yang Terpercaya

Seorang pembenih yang terpercaya yaitu mereka yang selalu akan mengutamakan kualitas benih ikan. Anda bisa menanyakan ke sesama budidaya tentang adanya penjual benih ikan untuk referensi pembenih atau penjual benih ikan yang bagus.

Benih yang dihasilkan oleh seorang pembenih terpercaya yaitu yang terbaik. Tentunya mereka pasti akan mengutamakan kualitas dan juga standar yang tinggi supaya menghasilkan benih ikan yang bagus dan juga unggul. Dengan pengalaman yang lama seputar pembenihan juga akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Benih Ikan Mas Berkualitas : Sehat dan Tidak Cacat

Ciri benih ikan mas berkualitas lainnya yaitu sehat dan tidak cacat, secara kasat mata maka benih ikan yang Anda pilih bisa Anda amati. Usahakan juga benih yang akan Anda budidayakan itu sehat dan tidak cacat. Baik itu cacat karena turunan maupun karena luka ataupun penyakit.

Ciri-ciri benih ikan yang sehat yaitu benih ikan yang sangat aktif ketika bergerak dan cepat merespon rangsangan. Rangsangan bisa Anda coba dengan memberi pakan kepada benih ikan. Bila benih tersebut langsung menyambar pakan dan mereka berebut maka bisa benih tersebut sehat.

Baca:  7 Jurusan Kuliah IT yang Wajib Kamu Tahu!

Benih Ikan Mas Berkualitas : Ukuran Benih Ikan Sama Besar

Pemilihan ukuran benih itu sangatlah penting, oleh karena itu ukuran benih yang sama dan seragam itu akan berimbas pada hasil panen nantinya. Benih dengan ukuran yang sama juga akan lebih efektif dalam hal pemberian pakan karena setiap benih ikan akan bisa memperoleh makanan yang sama tanpa ada yang kalah ketika berebut. Dan apabila benih ikan tidak sama maka ikan yang lebih kecil akan selalu kalah dalam bersaing ketika berebut makanan. Alhasil benih ikan yang kecil pasti akan tertinggal pertumbuhannya.

Benih Ikan Merespon saat Pemberian Pakan

Salah satu ciri benih ikan mas berkualitas yang baik dan yaitu yang mempunyai respon cepat. Benih dengan respon yang cepat pada saat diberi rangsangan, misalnya pada saat diberi makan maka merupakan salah satu dari ciri benih yang unggul.

Benih Ikan yang Aktif Bergerak

Pergerakan bibit ikan yang aktif yaitu berupa gerakan pada saat berenang, gesit, lincah serta sangat peka terhadap pergerakan benda. Selain itu bibit ikan juga akan mampu ketika bergerak melawan arus yang lambat. Begitu pula sebaliknya, jika benih ikan memiliki gerakan yang lamban, malas ataupun menggantung di tepian kolam hal ini menandakan bibit tersebut tidak sehat.

Baca:  Kang Agun; Toleransi dan Kolaborasi Kunci Membangun Bangsa
benih ikan berkualitas
KKP news

Benih Ikan Bebas dari Penyakit

Benih yang tidak sehat dan juga berpenyakit tentu sangat tidak bagus. Selain benih tersebut bisa mudah mati juga bisa menularkan penyakit ke benih ikan yang lainnya. Misalnya infeksi jamur pada kulit ikan yang akan mudah menyebar hanya melalui air. Untuk itu maka usahakan benih tersebut terhindar dari berbagai penyakit, virus, bakteri, jamur dan juga parasit.

Sesuai  dengan Standar

Kualitatif yaitu sebuah kondisi benih berdasarkan dari asal usul hasil pengamatan secara kasat mata. Benih yang bagus yaitu benih yang berasal dari pemijahan bukan berasal dari satu keturunan. Tentunya kondisi benih di sini harus aktif, normal dan juga tidak terserang penyakit.

Kuantitatif yaitu sebuah kondisi benih yang bisa Anda ketahui dari umur, panjang, besar, kesamaan ukuran dan juga bobot minimal. Selain itu benih juga harus terlihat lincah dan peka terhadap berbagai rangsangan dari luar.

Inilah beberapa ciri benih ikan mas berkualitas yang harus Anda ketahui. Ketika benih dinyatakan berkualitas maka akan berpengaruh juga pada keuntungan hasil panen ikan nantinya. Jadi jika Anda ingin sukses dalam bisnis ikan maka pilihlah benih ikan yang berkualitas.