25.8 C
Indonesia
Kamis, September 19, 2019
No menu items!

Benarkah Setya Novanto Pelesiran di Padalarang?

Wajib Baca

Orion Dijadwalkan Terbang ke Ohio Tahun Depan

Reportasee.com,- Pesawat ruang angkasa Orion segera dijadwalkan terbang menuju ke Ohio beberapa tahun lagi. Pesawat yang...

Letusan Gunung Berapi Russia Ungukan Matahari

Reportasee.com,- Letusan gunung berapi di Russia menyebabkan Matahari terbenam menjadi ungu. Para peneliti di University of Colorado...

Diduga Berani Melakukan ini, Foto ‘Manjalita’ Syahrini Terancam Bocor

Reportasee.com, - Baru-baru ini banyak dibicarakan, bahwa sebelumnya Syahrini mengaku bersyukur mempunyai mertua yang baik hati serta...

HUKUM,- Narapidana kasus korupsi e-ktp, Setya Novanto, kini kembali menghebohkan. Setya Novanto pun harus berurusan dengan pihak keamanan. Dia yang berada dalam masa tahanan dikabarkan mengadakan pelesiran di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Setya Novanto didapati mengunjungi sebuah toko bangunan mewah. Hal ini tentu saja mencoreng nama baik Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) beserta jajarannya.

Peneliti dari Indonesian Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana, menilai Yasonna H Laoly, Menkumham beserta Sri Puguh Budi Utami , Dirjen PAS, harus bertanggung jawab atas semua kejadian ini. Sebab lembaga pemasyarakatan berada di bawah naungan Kemenkumham.

“Peristiwa ini menunjukkan pengawasan dan pengelolaan lapas belum dijalankan secara baik,” ungkapnya.

Menindaklanjuti kasus ini, pihak Kemenkumham langsung memindahkan Setya Novanto ke rutan Gunung Sindur Bogor dari Lapas Sukamiskin Bandung.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun menghargai upaya pemindahan sel tahanan Setya Novanto yang telah dilakukan oleh Kemenkumham.

”Upaya pengelolaan lapas secara baik oleh Ditjen PAS harus terus dilakukan secara maksimal,” ujar Febri  Diansyah, Jubir KPK.

Kemenkumham Periksa Sipir dan Pengawal

Kabar Setya Novanto pelesiran di Padalarang Kabupaten Bandung Barat membuat Kemenkumham langsung mengadakan pemeriksaan kepada petugas lapas dan kepolisian yang mengawal.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Propinsi Jawa Barat, Liberti Sitinjak, mengungkapkan, tanggal 12 sampai 14 Juni 2019, Setya Novanto berada di luar lapas, tepatnya di Rumah Sakit Santosa Bandung dalam rangka pengobatan.

Pada jam 13.45 WIB, setelah proses pengobatan selesai dan dokter memperbolehkannya pulang, Setya Novanto meminta ijin kepada petugas pengawal. Dimana ia mau membayar biaya administrasi di lantai dasar.

Petugas Dikelabui

Para petugas memperkenankan Setya Novanto untuk turun sebentar ke lantai dasar. Petugas percaya kepada Setya Novanto karena saat itu barang-barang milinya masih berada di dalam kamar. Apalagi Setya Novanto pun masih memakai kursi roda didampingi sang isteri.

Setelah beberapa jam lamanya, petugas pengawal tidak menjumpai Setya Novanto. Mereka kemudian mencari Setnov di lantasi dasar tapi tidak ada. Akhirnya mereka memutuskan untuk terus menunggu Setya Novanto. Pada waktu jam 17.45 WIB barulah Setya Novanto muncul bersama isterinya. Ia langsung dibawa ke Rutan Sukamiskin.

Foto Viral

Beberapa saat kemudian, muncul pemberitaan dan foto-foto Setya Novanto yang sedang jalan-jalan di toko bangunan mewah di Padalarang.

“Atas kejadian itu, kami langsung memeriksa Setya Novanto dan para petugas pengawal secara intensif” ucap Liberti Sitinjak.

Didapatlah kesimpulan bahwa peristiwa itu terjadi disebabkan kelalaian para petugas pengawal. Untuk mencegah kejadian tersebut berulang, Setya Novanto dipindahkan ke rutan Gunung Sindur yang berada di kabupaten Bogor.

Gayus Tambunan

Jika ditelaah, peristiwa narapidana yang telah dijatuhi hukuman penjara masih dapat pelesiran di luar lapas pernah terjadi pada beberapa orang. Salah satunya yang fenomenal adalah Gayus Tambunan hingga ia bisa bepergian keluar negeri.

Mudah-mudahan kasus terjadinya Setya Novanto pelesiran di Padalarang Kabupaten Bandung Barat ini tidak berulang kembali dan menjadi awal bagi pengelolaan lapas yang baik dan benar. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru

Orion Dijadwalkan Terbang ke Ohio Tahun Depan

Reportasee.com,- Pesawat ruang angkasa Orion segera dijadwalkan terbang menuju ke Ohio beberapa tahun lagi. Pesawat yang...

Letusan Gunung Berapi Russia Ungukan Matahari

Reportasee.com,- Letusan gunung berapi di Russia menyebabkan Matahari terbenam menjadi ungu. Para peneliti di University of Colorado Boulder telah mengemukakan fenomena itu.

Diduga Berani Melakukan ini, Foto ‘Manjalita’ Syahrini Terancam Bocor

Reportasee.com, - Baru-baru ini banyak dibicarakan, bahwa sebelumnya Syahrini mengaku bersyukur mempunyai mertua yang baik hati serta penuh perhatian. Hal ini tidak...

Tips Membeli Smartphone Online Aman

Smartphone saat ini memberikan banyak kemudahan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari sejak adanya internet. Sejak adanya e-commerce kemudahan menemukan dan membeli smartphone...

4 Asupan Sehat Untuk Syaraf Yang Baik Dikonsumsi

Syaraf merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang terpenting karena yang memberikan sensor ke otak. Jika syaraf dalam tubuh mengalami gangguan maka akan merusak...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -