30 C
Indonesia
Sabtu, Februari 29, 2020
No menu items!

Benarkah Setya Novanto Pelesiran di Padalarang?

Wajib Baca

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com - Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara...

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas...

HUKUM,- Narapidana kasus korupsi e-ktp, Setya Novanto, kini kembali menghebohkan. Setya Novanto pun harus berurusan dengan pihak keamanan. Dia yang berada dalam masa tahanan dikabarkan mengadakan pelesiran di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Setya Novanto didapati mengunjungi sebuah toko bangunan mewah. Hal ini tentu saja mencoreng nama baik Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) beserta jajarannya.

Peneliti dari Indonesian Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana, menilai Yasonna H Laoly, Menkumham beserta Sri Puguh Budi Utami , Dirjen PAS, harus bertanggung jawab atas semua kejadian ini. Sebab lembaga pemasyarakatan berada di bawah naungan Kemenkumham.

“Peristiwa ini menunjukkan pengawasan dan pengelolaan lapas belum dijalankan secara baik,” ungkapnya.

Menindaklanjuti kasus ini, pihak Kemenkumham langsung memindahkan Setya Novanto ke rutan Gunung Sindur Bogor dari Lapas Sukamiskin Bandung.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun menghargai upaya pemindahan sel tahanan Setya Novanto yang telah dilakukan oleh Kemenkumham.

”Upaya pengelolaan lapas secara baik oleh Ditjen PAS harus terus dilakukan secara maksimal,” ujar Febri  Diansyah, Jubir KPK.

Kemenkumham Periksa Sipir dan Pengawal

Kabar Setya Novanto pelesiran di Padalarang Kabupaten Bandung Barat membuat Kemenkumham langsung mengadakan pemeriksaan kepada petugas lapas dan kepolisian yang mengawal.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Propinsi Jawa Barat, Liberti Sitinjak, mengungkapkan, tanggal 12 sampai 14 Juni 2019, Setya Novanto berada di luar lapas, tepatnya di Rumah Sakit Santosa Bandung dalam rangka pengobatan.

Pada jam 13.45 WIB, setelah proses pengobatan selesai dan dokter memperbolehkannya pulang, Setya Novanto meminta ijin kepada petugas pengawal. Dimana ia mau membayar biaya administrasi di lantai dasar.

Petugas Dikelabui

Para petugas memperkenankan Setya Novanto untuk turun sebentar ke lantai dasar. Petugas percaya kepada Setya Novanto karena saat itu barang-barang milinya masih berada di dalam kamar. Apalagi Setya Novanto pun masih memakai kursi roda didampingi sang isteri.

Setelah beberapa jam lamanya, petugas pengawal tidak menjumpai Setya Novanto. Mereka kemudian mencari Setnov di lantasi dasar tapi tidak ada. Akhirnya mereka memutuskan untuk terus menunggu Setya Novanto. Pada waktu jam 17.45 WIB barulah Setya Novanto muncul bersama isterinya. Ia langsung dibawa ke Rutan Sukamiskin.

Foto Viral

Beberapa saat kemudian, muncul pemberitaan dan foto-foto Setya Novanto yang sedang jalan-jalan di toko bangunan mewah di Padalarang.

“Atas kejadian itu, kami langsung memeriksa Setya Novanto dan para petugas pengawal secara intensif” ucap Liberti Sitinjak.

Didapatlah kesimpulan bahwa peristiwa itu terjadi disebabkan kelalaian para petugas pengawal. Untuk mencegah kejadian tersebut berulang, Setya Novanto dipindahkan ke rutan Gunung Sindur yang berada di kabupaten Bogor.

Gayus Tambunan

Jika ditelaah, peristiwa narapidana yang telah dijatuhi hukuman penjara masih dapat pelesiran di luar lapas pernah terjadi pada beberapa orang. Salah satunya yang fenomenal adalah Gayus Tambunan hingga ia bisa bepergian keluar negeri.

Mudah-mudahan kasus terjadinya Setya Novanto pelesiran di Padalarang Kabupaten Bandung Barat ini tidak berulang kembali dan menjadi awal bagi pengelolaan lapas yang baik dan benar. ***

- Advertisement -
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com – Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara ginseng atau Korea terkenal dengan pabrik mobil ternama yaitu Kia. Kia memproduksi mobil terbaru, salah satunya sedan All New K5.  Mobil sedan dengan jenis ini semakin sporty dan elegan. Penasaran seperti apakah desain dan performanya, berikut ini ulasannya. […]

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas dunia yang harus Anda kunjungi...

Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya

Reportasee.com - Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya. Jogja, kota dengan sejuta pesona alam dan budaya. Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang...

Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk

Reportasee.com – Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk. Curug Cigamea merupakan salah satu objek wisata alam air terjun yang berlokasi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -