Belajar Saham Sejak Dini, Keuntungan Investasi Saham Syariah Bagi Pemula

Advertisement

Belajar Saham Sejak Dini, Keuntungan Investasi Saham Syariah Bagi Pemula. Investasi atau tabungan jangka panjang salah satu cara menyiapkan masa depan. Ada beberapa cara berinvestasi mulai dari investasi Reksadana, asuransi hingga investasi saham.

Pengertian Saham

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan pemilikan suatu usaha atau perusahaan. Selembar saham tersebut mencantumkan pemilik perusahaan itu.

Sedangkan, Investasi saham merupakan pembelian saham perusahaan oleh suatu perusahaan lain atau perseorangan dengan tujuan agar pendapatan tambahan.

Saham dalam perkembangannya memiliki istilah-istilah yang penting diketahui salah satu satunya, yaitu:

Advertisement

Pertama: Broker saham yang berarti bada usaha atau orang yang memiliki lisensi melakukan jual beli. Dari sinilah kesempatan bagi Anda untuk membuka rekening saham

Kedua: Deviden merupakan pembagian laba kepada pemegang saham terakhir yang berdasarkan presentase atau banyaknya saham yang dimiliki.

Pada perkembangannya deviden tersebut pembagiannya dalam periode setahun sekali yang waktunya antara awal atau akhir tahun.

Ketiga: Capital Gain yang merupakan hasil penjualan atau pembelian saham yang bisa berupa kelebihan dari nilai jual saham terhadap nilai beli saham.

Keempat: Capital Loss merupakan sebuah kerugian yang diperoleh seorang investor dari selisih harga beli yang kemudian dikurangi dengan harga jual.

Advertisement

Setiap orang bisa berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan keahlian yang dimiliki. Namun, belajar saham sejak dini memberi kesempatan untuk mempelajari lebih banyak tentunya menjadi bekal di masa depan.

Belajar saham sejak dini memungkinkan Anda bisa mempersiapkan dana dari penjualan saham untuk memenuhi kebutuhan antara lain membeli mobil, rumah hingga menyiapkan dana pensiun.

Belajar saham sejak dini menjadi salah satu bekal di masa depan. Dari belajar investasi mulai sekarang.

Karena terbukti kalangan milenial yang mendominasi kepemilikan saham yang terlihat dari platform media sosial. Tidak sedikit dari mereka membagikan informasi dan pengetahuan tentang alasan belajar saham sejak dini

Alasan Belajar Saham Sejak Dini

Modal Relatif Kecil

Modal kecil hanya Rp 100
000 menjadi alasan belajar saham sejak dini. Kemudian Anda juga sudah bisa berinvestasi dengan beberapa slot saham, bahkan Anda dapat pula membeli saham secara berhutang atau cicilan

Cara Bertransaksi Mudah

Praktek investasi saham mudah dan praktis dibanding dengan investasi lainnya, yang membutuhkan beberapa surat-surat sertifikat, dan perjanjian dalam proses jual-beli.

Waktunya Fleksibel

Investasi saham waktunya fleksibel, dan tidak terikat waktu. Kemudian Anda bisa melakukan kapan saja dan di mana saja.

Ketika bertransaksi tidak perlu mendatangi ke bursa saham. Sekedar untuk membeli maupun menjual sebuah saham. Jual-beli saham Anda dapat melakukannya secara online.

Namun, jika ingin melakukan aktivitas transaksi jual-beli saham secara offline datang ke bursa saham.

Sifatnya Transparan dan Likuid

Sifatnya transparan menjadi keunggulan investasi saham, seperti penawaran dan permintaan harga saham biasa melakukannya, dengan tawar-menawar oleh perusahaan masing-masing.

Dengan cara ini semua laporan keuangan yang terdaftar di bursa saham, publik dapat mengaksesnya. Investor pun lewat media online dapat memantau maupun menganalisa kondisi perusahaan tersebut

Setelah belajar saham sejak dini mulai berkembang dan memiliki keahlian, saatnya Anda memilih beberapa jenis saham untuk berinvestasi salah satunya, yakni investasi saham Belajar Saham Sejak Dini, Keuntungan Investasi Saham Syariah Bagi Pemula

Investasi atau tabungan jangka panjang salah satu cara menyiapkan masa depan. Ada beberapa cara berinvestasi mulai dari investasi Reksadana, investasi asuransi hingga investasi saham.

Setiap orang bisa berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan keahlian yang dimiliki. Namun, belajar saham sejak dini memberi kesempatan untuk mempelajari lebih banyak tentunya menjadi bekal di masa depan.

Belajar saham sejak dini memungkinkan Anda bisa mempersiapkan dana dari penjualan saham untuk memenuhi kebutuhan antara lain membeli mobil, rumah hingga menyiapkan dana pensiun.

Belajar saham sejak dini menjadi salah satu bekal di masa depan. Dari belajar investasi mulai sekarang.

Karena terbukti kalangan milenial yang mendominasi kepemilikan saham yang terlihat dari platform media sosial. Tidak sedikit dari mereka membagikan informasi dan pengetahuan tentang alasan belajar saham sejak dini

Sebab ada beberapa keuntungan maupun manfaat banyak dari berinvestasi saham Syariah, yang penting Anda ketahui sebelum melakukan kegiatan investasi

Namun, sebelum mengetahui keuntungan investasi saham syariah penting pula memahami pengertian saham syariah

Investasi Saham Syariah

Pengertian Saham Syariah

Sebelum melakukan investasi saham syariah ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut apa itu saham syariah?.

Saham syariah, adalah saham yang tidak bertentangan dengan hukum syariah Islam di pasar modal.

Kemudian dalam perkembangannya saham syariah ini sistem bunga tidak berlaku. Selain itu, saham syariah hanya menjalankan sistem bagi hasil.

Dengan cara seperti itu kedua pemilik saham mempunyai peluang yang sama dan resiko yang sama besar, bila kemudian hari terjadi kerugian.

Keuntungan yang diperoleh bersama dengan jumlah tertentu, maka kedua pemegang saham pun mendapat keuntungan yang sama besar.

Saat berinvestasi jenis saham syariah ada pengawasan khusus oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, yang bertugas melakukan pengawasan saham dan menjamin keamanannya.

Keuntungan Investasi Saham Syariah

Pertama: Investasi saham syariah sesuai ajaran Islam, karena yang tercatat di pasar modal telah terjamin kehalalannya oleh MUI

Kedua: .Saham Likuid dan Masuk index LQ45. Jenis saham banyak jumlahnya, tetapi beberapa saham index saham LQ45 yang aktif dan masih berlaku dan masuk kategori saham syariah.

Ketiga: Saham Blue-Chip yang minim Resiko Penurunan Harga. Saham Blue-Chip yang memiliki kapasitas besar juga termasuk saham syariah.

Dalam perkembangannya saham Blue-Chip minim resiko penurunan harga sehingga memungkinkan menjadi pilihan investasi saham.

Keempat: Memperoleh Keuntungan lewat Capital Gain atau Pembagian Dividen. Berinvestasi saham syariah peluang keuntungan investasi saham syariah baik melalui Dividen maupun Capital Gain

Dengan kata lain, saham yang tumbuh kemudian mencapai target harga. Maka saham tersebut dapat menjual kembali supaya mendapatkan keuntungan( Capital Gain)

Begitu juga halnya dengan saham yang dimiliki setiap tahunnya berbagi keuntungan dengan investor. Dengan cara ini pula Anda juga bisa mendapatkan dividen setiap tahunnya.

Kelima: Saham syariah Prinsip Halal. Transaksi saham syariah dengan prinsip halal tidak ada lagi transaksi halal seperti perjudian hingga penipuan.

Kemudian, alokasi aset, pendapatan dan praktek investasi menggunakan aspek-aspek syariah sehingga Anda dapat berinvestasi dengan aman.

Cara Berinvestasi Saham Syariah Secara Benar

Pertama: Memiliki Rekening Saham. Anda bisa berinvestasi saham syariah dengan mendaftarkan ke beberapa perusahaan antara lain: Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas, MNC Sekuritas hingga Valbury.

Kedua: Melengkapi beberapa dokumen penting, meliputi: KTP, NPWP, formulir pendaftaran rekening efek, dan materai.

Setelah itu, baru kemudian Anda menyerahkan berkas-berkas tersebut kepada petugas pendaftaran. Tunggu 5-6 hari kerja sampai akhirnya rekening efek berubah menjadi aktif.

Ketiga: Isi saldo dan lakukan transaksi. Langkah selanjutnya mengisi saldo rekening efek minimun Rp.100.000.

Sesudah itu, Anda lakukan transaksi pembelian maupun penjualan saham. Dari transaksi ini investor menanggung biaya komisi broker Rp 0,15 % untuk pembelian dan 0,25% untuk penjualan. Transaksi tersebut berasal dari total transaksi jual-beli saham.

Keempat: Investasi berjalan sukses bila konsisten dalam berinvestasi. Dengan cara tersebut akan mendapatkan keuntungan maksimal.

Selain investasi jangka panjang, penting dilakukan pula pemilihan emiten yang berkualitas.

Pemilihan seperti itu memungkinkan aktivitas operasional emiten berjalan lancar. Tetapi juga, Anda dapat mendapatkan profit.

Itulah ulasan dan informasi singkat tentang belajar saham sejak dini dan keuntungan investasi saham syariah bagi pemula yang menginspirasi.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker