Bantuan PKH di Ciamis Tahap I Segera Cair

0
236
Bantuan PKH di Ciamis Tahap I Segera Cair

Reportasee.com – Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan di Kabupaten Ciamis untuk tahap satu rencananya akan segara cair bulan ini.

Jumlah penerima bantuan program ini mencapai sebanyak 44 ribu KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Koordinator PKH Kabupaten Ciamis, Indra Maulana S.IP.,M.,M., Jumat (08/01/2021), mengatakan, jumlah atau besaran bantuan setiap KPM tentunya bervariatif.

Baca:  HP Realme Race Pro Berbekal Chipset Baru Qualcomm 888

Misalkan, kata Indra, untuk ibu hamil Rp 3 juta pertahun. Lansia atau disabilitas Rp. 3 juta pertahun. Usia SD Rp. 900 ribu pertahun, usia dini Rp 3 juta pertahun.

Untuk usia SMP Rp. 1.5juta pertahun. Dan untuk KPM yang mempunyai anak SMA, Rp 2 juta pertahun.

“Nah untuk tahun ini, komponen bantuannya berbeda dengan dulu, sesuai dengan kebijakan baru. Kalau dulu, satu keluarga yang punya anak dua, berpendidikan di tingkatan SD, itu bantuannya berarti dikali dua. Kebijakan yang sekarang, hanya dihitung satu,” jelasnya.

Baca:  Bupati Ciamis Minta ASN Tidak Neko-neko, Ada Apa?

Indra menambahkan, untuk tahun sekarang, ada empat tahap dalam pencairan bantuan PKH di Ciamis. Yaitu pada Bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

“Kami berharap besar, para KPM menggunakan bantuan PKH ini sesuai dengan peruntukannya. Yakni membantu biaya pendidikan, kesehatan juga sebagian bisa untuk kegiatan ekonomi,” tuturnya. ***