Ban Motor Sering Kempes, Inilah Beberapa Penyebabnya

ban motor sering kempes
ilustrasi ban motor sering kempes (foto: dream)

Reportasee.com – Ban motor sering kempes memang sangat membuat kesal, perjalanan jadi terganggu dan memakan waktu lebih lama. Anda harus mengetahui kondisi ban sebelum bepergian agar tidak terjadi kempes di tengah jalan, terlebih lagi saat sedang buru-buru.

Ban pada kendaraan menjadi komponen yang paling penting, jika tidak ada ban tentu kendaraan tidak akan melaju. Tidak hanya keberadaannya saja yang penting, tapi kondisinya juga harus mendapat perhatian khusus.

Anda harus memastikan kondisi ban tidak gundul dan tidak tipis. Karena kondisi tersebut dapat menentukan keselamatan penggunanya. Masalah ban sering kempes harus mendapat penanganan yang serius agar tidak terjadi masalah yang lebih parah lagi.

Penyebab Ban Motor Sering Kempes

Anda bisa meminimalisir kondisi ban yang sering kempes dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan mengetahui penyebabnya. Berikut beberapa alasan kenapa ban motor sering gembos:

Tidak Segera Memompa Saat Ban Kurang Angin

Ketikan ban mengalami kurang angin, seharusnya Anda langsung memompanya untuk menghindari kendala lain. Banyak orang yang tidak segera memompa ban kurang angin dengan berbagai alasan. Biasanya karena mereka tidak sadar, tidak ada waktu, atau keberadaan bengkel yang jauh.

Kondisi ini membuat ban motor sering gembos, apalagi jika terjadi terus menerus dengan membawa beban berat di atas motor. Ban motor kurang angin yang terus melaju akan menimbulkan lekukan bahkan retakan. Jika sudah begitu, Anda harus menggantinya dengan ban baru karena yang lama sudah sangat rusak.

Ban Sudah Tipis

Kondisi ban sudah tipis menjadi penyebab paling besar kenapa ban sering kempes. Jika sudah merasa ban Anda tipis, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar perjalanan lebih aman dan nyaman. 

Tidak baik jika memaksakan motor yang bannya sudah tipis dan Anda tetap melalui jalan bebatuan. Hal itu justru akan membuat ban motor langsung meletus dan menimbulkan kecelakaan. Bagaimana cara mengetahui ban motor yang tipis? Gampang sekali, Anda tinggal cek permukaan ban.

Ban yang tipis cenderung lebih empuk dan biasanya sudah botak. Tentu sangat berbeda dengan ban yang masih bagus, Anda akan langsung tahu kondisi ban setelah memegang permukaannya.

Jika masih merasa bingung, Anda bisa langsung mendatangi bengkel untuk mengecek kondisi ban. Lebih bagus lagi jika ban yang tipis langsung mendapat perhatian saat itu juga.

Ban Motor Botak

Ban motor botak menjadi penyebab seringnya ban kempes tiba-tiba, hal ini sudah menjadi rahasia umum. Selain membuat ban motor sering kempes, ban botak juga sangat berbahaya untuk pengendara. Hal itu karena dapat menyebabkan slip terutama di jalanan yang licin dan berpasir.

Kualitas ban yang sudah botak sangat rentan terhadap benda tajam seperti kerikil dan kaca. Maka dari itu, tidak heran jika ban yang botak sangat sering mengalami gembos di perjalanan.

Jika Anda membeli ban, lebih baik beli yang kondisinya masih baru. Tidak perlu tergiur dengan ban bekas, sekalipun penjualnya menawarkan harga yang terjangkau. Hal ini biasanya menjadi alasan mengapa banyak pengguna motor dengan ban botak, biasanya mereka membeli ban bekas dengan harga murah.

Kualitas ban baru sudah terjamin keamanan dan keawetannya, terutama jika Anda membeli yang berlogo SNI. Keamanan berkendara perlu mendapat perhatian khusus, jangan asal membeli yang murah tapi membahayakan.

Terdapat Ganjalan pada Frame dan Velg

Alasan terakhir mengapa ban motor sering gembos, yaitu karena ada sesuatu yang mengganjal di bagian frame atau velg. Entah itu batu kecil atau benda lainnya yang mengganggu. Hal ini biasa terjadi saat Anda melintasi jalan berlumpur, berkerikil kecil atau butiran pasir masuk ke bagian ban.

Baca:  Mengenal Profesi Programmer dan Skill yang Harus Dimiliki

Kerikil dan pasir akan menghalangi frame ban yang seharusnya menempel pada velg. Hal ini dapat menyebabkan angin di dalam ban keluar secara perlahan, sampai ban motor Anda kempes.

Selain itu, motor yang terus berdiam di tempat juga rawan terhadap ban kempes. Setidaknya Anda harus mengajak jalan-jalan motor seminggu sekali, agar ban motor tidak sering kempes. Minimal keliling komplek saja, agar mesin motor juga tetap aktif.

Tips Agar Ban Motor Awet dan Tidak Sering Kempes

Mengecek dan merawat ban yang hal yang sangat penting untuk menghindari ban motor sering kempes. Kondisi ban yang bagus tentunya akan sangat membantu penggunanya agar tetap selamat di perjalanan. Lalu bagaimana agar ban motor tetap awet? Ini jawabannya:

Rutin Membersihkan Ban

Membersihkan ban sangat penting untuk menjaganya agar tetap awet, lakukanlah secara rutin minimal seminggu sekali. Ingat bahwa kerikil dan pasir yang menempel di frame akan membuat ban motor sering kempes. Anda tidak mau hal itu sampai terjadi bukan?

Anda bisa melakukan pembersihan ban di bengkel atau melakukannya sendiri di rumah. Gunakan sikat dan basahi ban dengan sabun terlebih dahulu. Kemudian mulai menyikat seluruh bagian ban hingga bersih dan pastikan tidak ada benda yang mengganjal ban.

Rutin Cek Tekanan Angin

Memeriksa tekanan angin juga tidak kalah penting, Anda dapat mengetahui kondisi angin di dalam ban apakah kurang atau tidak. Jika kondisi angin kurang atau bahkan kempes, sebaiknya jangan paksakan untuk berkendara.

Jika memaksakan ban yang kurang angin, maka ban akan mudah bocor, cepat botak, bahkan sampai retak dan sangat membahayakan. Jangan juga mengisi angin ban terlalu tinggi, karena dapat menyebabkan ban pecah atau meletus.

Sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi angin di dalamnya, kemudian isi angin ban sesuai kebutuhan.

Hindari Parkir di Bawah Terik Matahari

Parkir di tempat yang teduh akan membuat ban motor Anda lebih aman dan awet. Setiap tempat parkir memang tidak dapat Anda prediksi teduh atau tidaknya. Namun, setidaknya Anda harus berusaha untuk memarkirkan motor di tempat yang teduh agar jok motor juga tidak kepanasan.

Terik matahari dapat membuat tekanan angin di dalam ban meningkat karena pemuaian udara. Hal ini tentu akan mengakibatkan ban mudah pecah atau retak, dan sangat membahayakan pengendara motor ketika sedang melaju di jalan.

Muatan Motor Jangan Berlebihan

Muatan yang berlebihan akan membuat ban cepat botak bahkan hingga kempes. Sebaiknya sesuaikan muatan dengan kapasitasnya, jangan berlebihan mengangkut muatan karena juga dapat membahayakan di perjalanan.

Jika membonceng orang, sebaiknya hanya satu orang saja sesuai dengan anjuran dan jangan lebih dari itu. Sedangkan jika membawa barang, pastikan barang memiliki volume yang tidak terlalu besar dan bobotnya pas, demi keselamatan pengguna jalan lainya.

Anda dapat menangani sendiri permasalahan ban motor sering kempes karena perawatannya tidak terlalu sulit. Sehingga Anda tidak perlu ke bengkel jika kondisi ban masih bagus. Jangan menganggap remeh kondisi ban, karena sangat menentukan keselamatan Anda dan pengguna kendaraan lain di perjalanan.