Bahaya Sarapan Terlalu Siang, Waspadai!

0
126
Bahaya Sarapan Terlalu Siang, Waspadai!

Reportasee.com – Bahaya sarapan terlalu siang, waspadai! Sebagian masyarakat di Indonesia terkadang banyak yang tidak menyempatkan sarapan pada waktu pagi.

Malah sebagian orang mengambil sarapan terlalu siang dengan alasan sibuk, buru-buru dan lagi kejar waktu.

Tanpa disadari, perilaku tersebut ternyata akan menjadi bahaya bila terus dilakukan. Kebiasaan ini akan menimbulkan keburukan;

Bahaya Sarapan Terlalu Siang

Cepat Lelah dan Tidak Bersemangat

Sarapan yang teratur di pagi hari pada kenyataanya membuat tubuh Anda teratur dan kondisi fisik yang terjaga prima.

Sedangkan bila Anda melakukan sarapan terlalu siang akan membuat Anda terjangkit hypoglycemia atau biasa disebut penurunan gula darah.

Dampaknya akan membuat Anda merasa lelah, pusing, lemas, sakit kepala dan detak jantung yang meningkat.

Kelelahan di pagi hari akan membuat aktifitas hari Anda terganggu dan tidak dapat optimal dalam menjalankan setiap kesibukan sehari-hari.

Selain dari pada itu, kelelahan juga mempengaruhi semangat dalam bekerja atau beraktifitas.

Makanya, alangkah lebih baik bila menghindari bahaya sarapan terlalu siang dengan mengontrol sarapan Anda agar lebih pagi lagi.

Terserang Penyakit Jantung

Sarapan siang akan membuat rasa lapar menjadi kuat. Oleh karena itu Anda akan mudah tergiur dengan makanan yang serba berlemak tinggi lebih banyak.

Bila makanan berlemak tersebut terbiasa Anda konsumsi, akan membuat penumpukan lemak pada perut Anda, dan membuat kadar kolesterol menjadi naik. Dan hal inilah yang akan memicu timbulnya penyakit jantung.

Berpotensi Mengalami Kegemukan

Alasan beberapa orang yang sarapan siang salah satunya adalah untuk diet. Anda malah keliru, justru hal tersebut akan memancing bahaya yaitu obesitas atau kegemukan.

Karena dalam kenyataannya, jika membiarkan perut dalam keadaan kosong sampai makan di waktu siang hari, hal tersebut akan membuat kebutuhan makan Anda meningkat, apalagi yang dikonsumsi adalah lemak berat.

Lemak yang berat akan menyebabkan kegemukan bila Anda terbiasa memakannya. Dan hal ini juga tidak bagus untuk kesehatan dan kebugaran.

Jadi, apa yang dianggap menunda sarapan pagi hingga terlalu siang terkadang malah akan menyebabkan kebalikannya, yaitu keinginan untuk sarapan banyak dan berat seperti lemak yang lama-kelamaan membuat tubuh Anda menjadi obesitas.

Mengganggu Keseimbangan Hormon

Khusus untuk para perempuan, bahaya sarapan terlalu siang akan membuat keseimbangan hormon menjadi terganggu. Seperti halnya saat menstruasi jadi tidak lancar dan terhalang.

Jadi jangan heran bila hal ini juga akan membahayakan keseimbangan hormon perempuan. Karena sudah ada survei yang melaporkan gangguan menstruasi dan pendarahan yang berlebihan.

Membuat Asam Lambung Naik

Bahaya sarapan terlalu siang yang terakhir adalah membuat perut sakit. Apalagi orang yang memiliki penyakit maag, akan membuat penyakit maagnya kambuh.

penderita maag yang parah biasanya mengalami mual, muntah dan juga kebiasaan melewatkan jam makannya.

Dan hal ini merupakan kebiasaan yang buruk. Bila tidak ada asupan makanan lambung akan sakit karena asam.

Itulah Bahaya sarapan terlalu siang. Mulai sekarang, hindari kebiasaan buruk tersebut ya! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here