32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaBagaimana Tips Memilih Drone yang Bagus

Bagaimana Tips Memilih Drone yang Bagus

Reportasee.com – Bagaimana tips memilih drone yang bagus. Drone merupakan alat canggih yang biasanya digunakan untuk menangkap atau merekam objek dari atas dan hasilnya bagus.

Hal ini karena terdapat fitur lengkap di dalam berbagai jenis drone. Di bawah ini ada beberapa tips memilih drone yang tepat jika Anda merasa kebingungan.

Cara Memilih Drone yang Bagus

Pilih Drone yang Sudah Disupport Format Raw Atau DNG

Tips pertama yang bisa Anda gunakan jika ingin membeli drone adalah apakah alat tersebut sudah support dengan format Raw atau DNG belum.

Biasanya seorang fotografer membutuhkan fitur yang satu ini untuk memudahkan proses pengeditan foto.

Keuntungan adanya fitur yang satu ini adalah hasil objeknya bisa diambil secara luas dan jernih. Anda juga bisa mengeditnya kembali agar lebih menarik.

Ketika drone bekerja untuk menangkap objek maka hasilnya akan berbentuk Raw atau DNG atau disebut format mentahan foto. Format ini juga mendukung Anda ketika ingin menangkap objek yang ada di malam hari dan hasilnya akan tampak jernih.

Drone yang Sudah Dipasang Gimbal

Gimbal adalah sebuah peralatan penting yang harus ada di setiap drone khususnya untuk pengambilan video. Gimbal ini berfungsi untuk menjaga kestabilan drone ketika berada di atas. Alangkah baiknya Anda membeli drone yang sudah terpasangi gimbal.

Karena sekarang banyak drone tanpa gimbal dan menjadikannya hanya sebagai aksesoris saja. Tanpa adanya gimbal ini, hasil video Anda akan tampak biasa-biasa saja. Contoh drone yang sudah terpasangi gimbal adalah merk Mavic 2 dan DJI Phantom.

Drone yang Sudah Dilengkapi Fitur Lengkap

Tips memilih drone yang berikutnya adalah harus beserta dengan fitur lengkap dan canggih. Walaupun biasanya harga drone dengan fitur lengkap ini mahal tetapi hasilnya tidak akan mengecewakan seperti kualitas objek yang Anda ambil jernih serta alat control ketika terbang juga bagus.

Tetapi ada beberapa drone yang lengkap dengan fitur khusus seperti sistem pelacakan terkait keberadaannya, dapat mengambil foto narsis dari berbagai gesture dan lain sebagainya. Ada juga beberapa drone yang memiliki fitur zoom ini dan out.

Memilih Drone Dengan Merk Terkenal

Hal yang satu ini harus Anda lakukan ketika hendak membeli drone. Carilah drone yang sering orang beli atau merknya terkenal karena pasti kualitasnya terpercaya.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada orang yang membeli drone dengan merk sama jika mengalami kebingungan atau kerusakan.

Misalnya ketika drone Anda mengalami masalah, bisa bertanya lewat forum online di sosial media. Anda juga bisa mencari tutorialnya langsung lewat Youtube dan Google.

Baca:  Jokowi mudik Lebaran, Begini Klarifikasi dari Istana

Mampu Menghasilkan Kualitas Gambar yang Paling Penting

Tips memilih drone yang berikutnya adalah mampu menghasilkan kualitas gambar bagus dan jernih. Biasanya drone memiliki sensor kamera yang berbeda-beda begitu juga dengan hasilnya. Oleh sebab itu, carilah yang sensornya tinggi sehingga hasilnya akan bagus.

Baca:  Ide Peluang Bisnis Pertanian yang Menguntungkan Ketika Pandemi

Beberapa jenis drone yang mampu menghasilkan kualitas gambar bagus di antaranya Inspire 2, Mavic Pro dan Phantom. Ketiga merk drone tersebut menggunakan kamera yang paling bagus yaitu jenis Zenmuse X5 serta sensornya juga berupa CMOS ukuran 4/3 inchi.

Adanya jenis kamera dan sensor tersebut mampu menghasilkan gambar yang jernih dan kualitasnya juga tinggi walaupun Anda menangkan objeknya dalam cahaya rendah.

Mengecek Resolusi Video Drone

Jika Anda ingin membagikan video ke sosial media seperti Facebook, Instagram dan Youtube perhatikan resolusi drone ketika akan membelinya.

Biasanya resolusi yang bagus adalah berkualitas 4k karena hasilnya pasti HD. Hasil videonya akan terlihat sangat menarik dan biasanya para vlogger gunakan.

Jika resolusinya hanya 1080 pixel dan Anda ingin melakukan pengeditan maka hasilnya masih kurang tajam. Akan tetapi jika resolusi yang ada mencapai 4K maka ketika Anda edit dan Anda atur skalanya dan pemotongannya maka hasilnya akan tetap tajam.

Mengecek Frame Per Second Drone

Tips memilih drone yang berikutnya adalah dengan melihat bagian spesifikas FPSnya. Jika Anda memerlukan drone untuk melakukan perekaman video secara slow motion biasanya membutuhkan 60 fps.

Jika Anda ingin merekam banyak gambar dalam waktu sekian detik butuh 24 hingga 30 fps.

Drone Bisa Menjaga Kestabilan Ketika Terbang

Tips berikutnya ketika Anda hendak membeli drone adalah carilah yang bisa tetap stabil ketika berada di atas saat pengambilan objek.

Mengapa demikian? Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar nantinya. Jika drone tidak bisa terbang secara stabil maka hasilnya akan kabur.

Biasanya ada yang mengatur kestabilan drone ketika mengambil objek seperti adanya sistem control dan sensor onboard. Salah satu merk drone yang bisa menjaga kestabilannya ketika berada di atas adalah DJI.

Drone yang Durasi Terbangnya Lama

Tips terakhir adalah belilah drone yang bisa terbang dalam waktu lama. Drone terbaik adalah yang memiliki waktu terbang lama hingga mencapai setengah jam. Salah satu drone dengan waktu terbang lama adalah Mavic 2.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer