29 C
Indonesia
Minggu, Desember 8, 2019
No menu items!

Astronom Teliti Benturan Andromeda dan Bimasakti

Wajib Baca

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Reportasee.com,- Benturan Andromeda dan Galaksi Bimasakti telah diteliti oleh para astronom. Kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi beberapa tahun lagi.

Melansir dari ScienceDaily, Jumat (04/10/2019), para astronom telah menyatukan masa lalu kanibalistik yang sejauh ini tengah memusatkan pandangannya terhadap Bimasakti.

Penelitian yang mereka lakukan berhasil mengungkapkan bahwa peristiwa benturan itu akan memangsa beberapa galaksi yang lebih kecil. Namun yang pasti, fenomena itu akan terjadi dalam rentang waktu yang cukup lama.

Peneliti dari Australian National University, Dr. Dougal Mackey berkata, tim peneliti internasional juga turut menemukan jejak samar galaksi yang pada saat itu lebih kecil dari pada Andromeda. Itu dibentuk beberapa ribu tahun yang lalu.

“Bimasakti berada di jalur tabrakan dengan Andromeda sekitar beberapa miliar tahun lalu. Mengetahui jenis monster yang akan dihadapi galaksi berguna dalam menemukan nasib akhir Bimasakti,” kata Dr. Mackey.

Fakta Tentang Andromeda

Telah diketahui, Andromeda memiliki halo bintang yang jauh lebih besar ketimbang Bimasakti. Hal ini menunjukkan bahwa itu mampu mengkanibalisasi galaksi dengan jumlah yang amat banyak bahkan lebih besar.

Dr. Mackey memberi gambaran, dengan melacak sejumlah galaksi yang lebih kecil, sangat mampu menciptakan benturan yang pada saat nanti akan terjadi.

“Mempelajari fenomena ini akan memberi informasi penting tentang cara galaksi tumbuh dan berkembang selama miliaran tahun,” katanya.

Penelitian ini telah menghadirkan sejumlah misteri baru, dengan 2 serangan galaksi yang datang dari arah yang sama sekalipun mereka berbeda haluan.

Studi Yang Menguatkan Andromeda

Dalam pernyataannya, Dr. Mackey menyebut bahwa salah satu motivasi utama dalam mempelajari astronomi adalah memahami alam semesta.

Cara belajar tentang galaksi adalah dengan mempelajari galaksi lain yang mirip dengannya, dan mencoba memahami bagaimana sistem itu terbentuk dan berevolusi.

“Terkadang, ini sebenarnya bisa lebih mudah daripada melihat Bimasakti, karena kita hidup di dalamnya dan itu bisa membuat jenis pengamatan tertentu menjadi cukup sulit,” pungkasnya.

Studi yang dipublikasikan di Nature, menganalisis data dari Survei Arkeologi yang melibatkan beberapa lembaga dari Selandia Baru, Australia, Belanda, Inggris, Kanada, Jerman dan Prancis. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel terbarunya, X30, akan diumumkan pada...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -