Asteroid Raksasa Diperkirakan Bakal Menembus Bumi

0
1341
Asteroid Raksasa Diperkirakan Bakal Menembus Bumi
Foto : Asteroid Raksasa

Reportasee.com,- Asteroid raksasa telah diperkirakan oleh para astronom The National Aeronautics and Space Administration (NASA) bakal menembus Bumi Sabtu (10/08/2019). Benda bernama 2006 QQ23 ini akan muncul pada jarak kurang lebihnya 4,5 Juta mil.

Melansir dari Kompas.com, Senin (05/08/2019), asteroid raksasa itu mungkin terlihat cukup jelas pada saat melintas Bumi. Namun jaraknya terlalu jauh untuk melakukan hal itu. Meski demikian, benda luar angkasa itu bisa saja menimbulkan bahaya bagi penduduk Bumi.

Para peneliti itu beranggapan bahwa asteroid raksasa tersebut memiliki ukuran setidaknya 565 meter. Jika disimpulkan, besarnya setara dengan 4 kali Monumen Nasional (Monas) di DKI Jakarta.

Namun mereka memberi himbauan bahwa para penduduk Bumi tak perlu cemas dan khawatir akan peristiwa tersebut. Karena sejatinya, benda luar angkasa itu tidak tergolong berbahaya dan tidak memiliki potensi besar bakal menghancurkan Bumi.

Pendeteksian Asteroid Raksasa

Dalam sejarah NASA, para astronom telah melakukan banyak pendeteksian terhadap benda-benda yang ada di luar angkasa dari tahun ke tahun.

Faktanya, mereka berhasil mengumpulkan data dan statistik tentang asteroid mini sebelum melintasi Bumi beberapa tahun lalu.

NASA selalu memantau dan melacak sejumlah asteroid dan komet yang pada saat itu tengah dan akan mengitari Bumi. Hasilnya, benda tersebut bukan suatu ancaman besar bagi penduduk Bumi.

Hampir setiap tahun, asteroid senyawa 2006 QQ23 sering mengitari Bumi. Dengan fenomena ini, peristiwa jatuhnya benda luar angkasa ke Bumi bisa dibilang cukup wajar dan tidak membahayakan.

Pantauan NASA

Menurut Jet Propulsion Laboratory (JPL), NASA, telah ditemukan kurang lebih 899 Near Earth Object (NEO) dengan ukuran kurang lebih 1.000 meter. Namun objek-objek itu sama sekali tidak menembus Bumi meski ukurannya lebih besar di asteroid raksasa.

NASA telah melakukan upaya besar dalam mengembangkan The Double Asteroid Redirection Test (DART). Benda ini merupakan satelit luar angkasa sebagai misi pertahanan Bumi.

Penggunaan DART akan mereka jadikan sebagai tameng apabila asteroid raksasa itu muncul dan menebar bencana terhadap Bumi.

Harapan mereka tak lain adalah agar Bumi terhindar dari ancaman benda luar angkasa yang sangat berbahaya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here