28.7 C
Indonesia
Senin, November 18, 2019
No menu items!

Asteroid Raksasa Diperkirakan Bakal Menembus Bumi

Wajib Baca

Ivan Rakitic Inginkan Pergi Dari Barcelona

Reportasee.com,- Ivan Rakitic ingin segera pergi dari FC Barcelona dalam waktu dekat. Sejatinya, pemain berusia 31 tahun...

NASA Merubah Nama Batu Es Akibat Dituduh Berkonotasi Nazi

Reportasee.com, - NASA Merubah Nama Batu Es Akibat Dituduh Berkonotasi Nazi. NASA secara resmi menamai sebuah batu...

Hisense Siapkan Baterai Jumbo Kapasitas 10.010 mAh

Reportasee.com, - Hisense Siapkan Baterai Jumbo Berkapasitas 10.010 mAh. Hisense memang nyaris tidak terdengar lagi gaungnya di...

Reportasee.com,- Asteroid raksasa telah diperkirakan oleh para astronom The National Aeronautics and Space Administration (NASA) bakal menembus Bumi Sabtu (10/08/2019). Benda bernama 2006 QQ23 ini akan muncul pada jarak kurang lebihnya 4,5 Juta mil.

Melansir dari Kompas.com, Senin (05/08/2019), asteroid raksasa itu mungkin terlihat cukup jelas pada saat melintas Bumi. Namun jaraknya terlalu jauh untuk melakukan hal itu. Meski demikian, benda luar angkasa itu bisa saja menimbulkan bahaya bagi penduduk Bumi.

Para peneliti itu beranggapan bahwa asteroid raksasa tersebut memiliki ukuran setidaknya 565 meter. Jika disimpulkan, besarnya setara dengan 4 kali Monumen Nasional (Monas) di DKI Jakarta.

Namun mereka memberi himbauan bahwa para penduduk Bumi tak perlu cemas dan khawatir akan peristiwa tersebut. Karena sejatinya, benda luar angkasa itu tidak tergolong berbahaya dan tidak memiliki potensi besar bakal menghancurkan Bumi.

Pendeteksian Asteroid Raksasa

Dalam sejarah NASA, para astronom telah melakukan banyak pendeteksian terhadap benda-benda yang ada di luar angkasa dari tahun ke tahun.

Faktanya, mereka berhasil mengumpulkan data dan statistik tentang asteroid mini sebelum melintasi Bumi beberapa tahun lalu.

NASA selalu memantau dan melacak sejumlah asteroid dan komet yang pada saat itu tengah dan akan mengitari Bumi. Hasilnya, benda tersebut bukan suatu ancaman besar bagi penduduk Bumi.

Hampir setiap tahun, asteroid senyawa 2006 QQ23 sering mengitari Bumi. Dengan fenomena ini, peristiwa jatuhnya benda luar angkasa ke Bumi bisa dibilang cukup wajar dan tidak membahayakan.

Pantauan NASA

Menurut Jet Propulsion Laboratory (JPL), NASA, telah ditemukan kurang lebih 899 Near Earth Object (NEO) dengan ukuran kurang lebih 1.000 meter. Namun objek-objek itu sama sekali tidak menembus Bumi meski ukurannya lebih besar di asteroid raksasa.

NASA telah melakukan upaya besar dalam mengembangkan The Double Asteroid Redirection Test (DART). Benda ini merupakan satelit luar angkasa sebagai misi pertahanan Bumi.

Penggunaan DART akan mereka jadikan sebagai tameng apabila asteroid raksasa itu muncul dan menebar bencana terhadap Bumi.

Harapan mereka tak lain adalah agar Bumi terhindar dari ancaman benda luar angkasa yang sangat berbahaya. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Ivan Rakitic Inginkan Pergi Dari Barcelona

Reportasee.com,- Ivan Rakitic ingin segera pergi dari FC Barcelona dalam waktu dekat. Sejatinya, pemain berusia 31 tahun...

NASA Merubah Nama Batu Es Akibat Dituduh Berkonotasi Nazi

Reportasee.com, - NASA Merubah Nama Batu Es Akibat Dituduh Berkonotasi Nazi. NASA secara resmi menamai sebuah batu es kecil di luar Pluto....

Hisense Siapkan Baterai Jumbo Kapasitas 10.010 mAh

Reportasee.com, - Hisense Siapkan Baterai Jumbo Berkapasitas 10.010 mAh. Hisense memang nyaris tidak terdengar lagi gaungnya di Indonesia, meskipun ponsel besutannya tampak...

Liverpool Kalahkan Manchester City Dengan Skor 3 – 1

Reportasee.com,- Liverpool berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor akhir 3 - 1. Partai ke-13 Liga Primer Inggris itu telah memanas di Anfield...

Ampuh! Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Reportasee.com - Ternyata, cara menghilangkan bau ketiak sangatlah mudah. Tapi, biar hasilnya efektif dan permanen, sebaiknya kamu mengenali sumber yang penyebab ketiak kamu menjadi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -