30 C
Indonesia
Sabtu, Februari 29, 2020
No menu items!

Asteroid Raksasa Diperkirakan Bakal Menembus Bumi

Wajib Baca

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com - Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara...

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas...

Reportasee.com,- Asteroid raksasa telah diperkirakan oleh para astronom The National Aeronautics and Space Administration (NASA) bakal menembus Bumi Sabtu (10/08/2019). Benda bernama 2006 QQ23 ini akan muncul pada jarak kurang lebihnya 4,5 Juta mil.

Melansir dari Kompas.com, Senin (05/08/2019), asteroid raksasa itu mungkin terlihat cukup jelas pada saat melintas Bumi. Namun jaraknya terlalu jauh untuk melakukan hal itu. Meski demikian, benda luar angkasa itu bisa saja menimbulkan bahaya bagi penduduk Bumi.

Para peneliti itu beranggapan bahwa asteroid raksasa tersebut memiliki ukuran setidaknya 565 meter. Jika disimpulkan, besarnya setara dengan 4 kali Monumen Nasional (Monas) di DKI Jakarta.

Namun mereka memberi himbauan bahwa para penduduk Bumi tak perlu cemas dan khawatir akan peristiwa tersebut. Karena sejatinya, benda luar angkasa itu tidak tergolong berbahaya dan tidak memiliki potensi besar bakal menghancurkan Bumi.

Pendeteksian Asteroid Raksasa

Dalam sejarah NASA, para astronom telah melakukan banyak pendeteksian terhadap benda-benda yang ada di luar angkasa dari tahun ke tahun.

Faktanya, mereka berhasil mengumpulkan data dan statistik tentang asteroid mini sebelum melintasi Bumi beberapa tahun lalu.

NASA selalu memantau dan melacak sejumlah asteroid dan komet yang pada saat itu tengah dan akan mengitari Bumi. Hasilnya, benda tersebut bukan suatu ancaman besar bagi penduduk Bumi.

Hampir setiap tahun, asteroid senyawa 2006 QQ23 sering mengitari Bumi. Dengan fenomena ini, peristiwa jatuhnya benda luar angkasa ke Bumi bisa dibilang cukup wajar dan tidak membahayakan.

Pantauan NASA

Menurut Jet Propulsion Laboratory (JPL), NASA, telah ditemukan kurang lebih 899 Near Earth Object (NEO) dengan ukuran kurang lebih 1.000 meter. Namun objek-objek itu sama sekali tidak menembus Bumi meski ukurannya lebih besar di asteroid raksasa.

NASA telah melakukan upaya besar dalam mengembangkan The Double Asteroid Redirection Test (DART). Benda ini merupakan satelit luar angkasa sebagai misi pertahanan Bumi.

Penggunaan DART akan mereka jadikan sebagai tameng apabila asteroid raksasa itu muncul dan menebar bencana terhadap Bumi.

Harapan mereka tak lain adalah agar Bumi terhindar dari ancaman benda luar angkasa yang sangat berbahaya. ***

- Advertisement -
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com – Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara ginseng atau Korea terkenal dengan pabrik mobil ternama yaitu Kia. Kia memproduksi mobil terbaru, salah satunya sedan All New K5.  Mobil sedan dengan jenis ini semakin sporty dan elegan. Penasaran seperti apakah desain dan performanya, berikut ini ulasannya. […]

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas dunia yang harus Anda kunjungi...

Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya

Reportasee.com - Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya. Jogja, kota dengan sejuta pesona alam dan budaya. Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang...

Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk

Reportasee.com – Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk. Curug Cigamea merupakan salah satu objek wisata alam air terjun yang berlokasi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -