Apple Rilis iOS 13, Fitur Terbaru dan Keunggulan iOS 13

0
186
Apple Rilis iOS 13, Fitur Terbaru dan Keunggulan iOS 13
Foto : (Gizmodo)

INTERNASIONAL,- Apple Rilis iOS 13. Perusahaan Apple mengumumkan iOS terbaru, yakni iOS 13. Pengumumam ini disampaikan Apple pada even Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun 2019.

Pengumuman itu diantaranya membahas soal iOS 13 features, iOS 13 beta, iOS 13 apple, iOS 13 ipad. Kemudian iOS 13 compatibility, iOS 13 beta release date, iOS 13 supported devices, iOS 13 release date.

Pihak Apple juga mengungkapkan berbagai hal baru yang disematkan pada software terbaru iPhone ini. iOS 13 akan tersedia pada perangkat iPhone, mulai dari iPhone 6S. Dengan kata lain, iPhone 5S dan iPhone 6 tidak memiliki update-an iOS 13.

Wakil Presiden Senior Apple, Craig Federighi, dilansir dari The Verge, membenarkan hal itu. Federighi menjelaskan, software yang rilisan terbaru membawa keunggulan tersendiri dibandingkan software versi pendahulunya.  

Federighi menyebutkan, perubahan paling menonjol pada iOS 13 adalah dark mode dan peningkatan kinerja. Selain kedua hal itu, masih banyak perubahan lain yang terdapat pada iOS 13.

Berikut ini Reportasee.com rangkum perubahan terbaru yang terdapat pada iOS 13 yang baru saja dirilis pihak Apple.

Peningkatan Performa

Apple menjamin, pada pembaruan iOS 13 ini, Face ID akan terbuka lebih cepat 30 persen. Peningkatan performa itu seiring dengan pembaruan pada iOS 12 tahun lalu. Pada iOS 13, aplikasi akan terbuka lebih cepat dua kali lipat.

Dark Mode

Pada iOS 13, Apple menambahkan dark mode. Perubahan pada visual ini terbilang cukup menonjol sepanjang iOS diperkenalkan Apple. Kini, semua aplikasi keluaran Apple mendukung perubahan mode ini. Penyesuaian juga terjadi pada dock notifikasi. Karenanya, dDock notifikasi menyesuaikan dark mode.  

Keyboard Swipe

Apple juga melakukan pembaruan pada keyboard standar dengan fitur baru. Fitur baru ini adalah swipe alias geser. Fitur swpe ini mirip dengan keyboard SwiftKey, Swype, atau Gboard. Menurut Apple, keyboard swipe dinamai “Quick Path”.

Reminder

Apple juga memperbaharui remainder pada iOS 13. Pembaruannya dengan menambahkan fungsi Scheduled, Flagged, Today dan All. Fungsi ini digunakan untuk opsi penyaringan atau menyortir tugas.

Pada pembaruan kali ini, Apple juga membuat tampilan terbaru. Selain itu, Remainder terbaru ini terintegrasi dengan AI. Dengan kata lain, saat pengguna mengetik, reminder memberikan saran terhadap sesuatu.

Apple Mail

Aplikasi inti terdahulu yang diperbarui pada iOS 13 adalah Apple Mail. Sekarang, Apple Mail disesuaikan dengan pemformatan dekstop terbaru.

Safari

Aplikasi inti terdahulu yang diperbarui pada iOS 13 adalah Safari Browser. Sekarang, Safari Browser disesuaikan dengan preferensi persitus web.

Notes

Aplikasi inti terdahulu yang diperbarui pada iOS 13 lainnya adalah Notes. Sekarang, Notes memiliki tampilan baru pada galeri. Pengguna bisa melihat semua catatan sekaligus.

Apple Maps

Apple mengaku membangun ulang Apple Maps dari awal. Sekarang, Apple menjamin data yang terdapat dalam Apple Maps lebih komprehensif. Model baru dalam Apple Maps kabarnya mirip Google Street View. Apple Maps terbaru ini akan tersedia di Amerika Serikat akhir 2019, dan di seluruh dunia pada tahun 2020.

Privasi

Masalah Privasi merupakan bagian penting dari fokus Apple. Pada fitur privasi kali ini, pengguna cukup sekali memberikan data lokasi saat mengakses aplikasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah ping lokasi terjadi berulang-ulang.  

Pada fitur ini, Apple juga menerapkan Sign in with Apple. Fitur ini memungkinkan pengembang masuk ke aplikasi dan layanan. Pengguna akan masuk ke Face ID. Kemudian membuat akun baru untuk layanan tanpa mengungkapkan informasi pribadi.

Selain itu, akun Apple otomatis membuat alamat email baru peraplikasi. Ini untuk mencegah aplikasi mendapatkan akses ke email pengguna. Atau bahka mengirimkan pesan spam.

Profile Picture iMessage

iMessage kini menyerupai seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Pada fitur ini, pengguna bisa menampilkan foto diri pada profil iMessage. Termasuk juga berbagi nama serta foto dengan pengguna iMessage lainnya.

Selain itu, Apple menambahkan banyak opsi untuk mengkustomisasi Memoji. Termasuk opsi menjadikannya sebagai stiker iMessage. Paket stiker Memoji ini bisa dipakai pada aplikasi lain di iOS 13.

Tool Baru Editing Foto dan Video

Pada iOS 13, pengguna bisa memanfaatkan tool baru untuk editing foto dan video. Kini, pengguna bisa melakukan editing dengan berbagai kategori. Misalnya highlight, shadow, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette dan yang lainnya. Pengguna juga bisa mengubah rotasi video secara langsung di perangkat.

Find My

Kini, melalui iOS 13 Apple menggabungkan Find My Friends dan Find My iPhone menjadi Find My. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melacak keberadaan teman-teman dan anggota keluarga.termasuk melacak keberadaan perangkat yang hilang pada waktu bersamaan.

Penyimpanan Eksternal

Pada iOS 13, Apple memberikan akses impor file dari kartu SD dan USB flash drive.

Artikel/ Berita ini sudah tayang di Reportasee.com dengan judul ; Apple Rilis iOS 13, Fitur Terbaru dan Keunggulan iOS 13

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here