adplus-dvertising
32 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaAplikasi Alternatif Zoom Untuk Virtual Meeting

Aplikasi Alternatif Zoom Untuk Virtual Meeting

Reportasee.com – Situasi saat ini yang masih pandemi memaksa semua orang untuk melaksanakan berbagai aktivitas dari rumah. Meskipun awalnya kita melakukan pertemuan secara langsung, sekarang keadaan memaksa kita untuk bertemu melalui video call. Namun, saat ini beberapa orang belum mengetahui aplikasi alternatif zoom yang dapat berguna untuk melakukan video call.

Awalnya, salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Zoom yang sebelum pandemi namanya tidak diketahui. Namun, sekarang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Meski populer, Zoom bukanlah satu-satunya aplikasi terbaik untuk melakukan video call maupun komunikasi jarak jauh menggunakan video.

Banyak sekali alternatif zoom yang bisa kamu coba, beberapa di antaranya hadir dengan fitur-fitur yang tidak ada di Zoom. Berikut merupakan pembahasanya.

Google Meet

Aplikasi virtual meeting besutan Google ini menjadi salah satu alternatif Zoom. Google Meet sama populernya dengan aplikasi rilisan tahun 2012 tersebut. Awalnya, Meet hanya tersedia bagi pengguna yang sudah berlangganan G-Suite. Namun, untuk tahun ini Google menawarkan opsi gratis.

Dengan Meet, kamu bisa mengadakan video call dengan 250 partisipan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan presentasi dengan merekam proses meetingnya dan menyimpanya di Google Drive.

Kamu juga bisa membagikan link undangan meeting ke orang lain yang kamu undang. Terbaru, Google telah menambahkan fitur terbaru yaitu seperti background kustom dan filter lucu yang sempat populer di Zoom.

Microsoft Teams

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan produk dari Microsoft. Teams hadir dengan fitur berbayar (premium) dan gratisnya. Tentunya versi gratis mempunyai lebih sedikit fitur ketimbang versi berbayarnya.

Namun, jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan free trial selama 6 bulan dengan US5$ atau sekitar Rp. 72 ribu perbulanya setelah masa trial tersebut berakhir.

Untuk versi berbayarnya, akan memungkinkan kamu untuk dapat menggelar meeting berbasis video dengan jumlah hingga 300 orang. Tidak seperti Skype yang masih produk Microsoft, Teams mempunyai sejumlah fitur menarik seperti berbagi layar dan dukungan untuk merekam meeting.

Skype

Namanya sempat populer, meski sekarang tidak sepopuler dulu, Skype masih menjadi pilihan berbagai orang untuk melakukan video call. Bahkan, Skype yang masih merupakan produk Microsoft ini sekarang mempunyai fitur Meet Now untuk menantang Zoom.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa mengadakan meeting dengan kuota maksimal 50 pengguna. Bagusnya, pengguna tidak harus login atau mempunyai akun Skype. Selain itu, terdapat dukungan obrolan melalui teks ketika meeting berlangsung.

Skype mungkin tidak mempunyai fitur untuk merekam seperti Meet dan Zoom. Namun, Skype ini sepenuhnya gratis dan bisa menggunakanya langsung di browser.

Facebook Messenger Rooms

Tidak mau kalah dengan aplikasi virtual meeting lainya, Facebook juga membuat fitur serupa kedalam salah satu aplikasi obrolan mereka yaitu Messanger. Fitur tersebut Bernama Messenger Rooms dan memungkinkan kamu untuk bisa membuat ruang obrolan video secara privat maupun publik dengan 50 partisipan untuk waktu yang terbatas dan gratis.

Untuk perbandingan, jika kamu melaksanakan virtual meeting di Zoom dengan gratis maka kamu bisa melaksanakan meeting dengan kapasitas 100 orang dengan waktu 40 menit. Sama seperti Skype, bagi pengguna yang ingin bergabung ke dalam Messenger Rooms, pengguna tidak harus mempunyai akun Facebook.

Discord

Aplikasi ini mungkin populer bagi kalangan gamers. Ternyata, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan gratis dan cocok untuk mereka yang ingin mencari cara mudah untuk mengirim pesan terenkripsi dan melalui video call.

Kamu juga bisa membuat “server” yang nantinya bisa kamu atur untuk menjadikan ruang obrolan berbasis teks maupun video. Baru – baru ini mereka juga meningkatkan batasan fitur video call mereka yaitu Go Live.

Awalnya, Go Live hanya berkapasitas 10 orang dan sekarang maksimalnya menjadi 50 orang. Untuk menggunakanya, bisa melalui browser atau menginstallnya terlebih dahulu di Windows, Mac, Linux, Android maupun iOS.

Zoho Meeting

Alternatif Zoom lainya yaitu ada Zoho Meeting. Dengan Zoho kamu membuat virtual meeting berbasis video yang sudah terenkripsi end-to-end hingga 100 partisipan. Bagi pengguna lainya, tidak perlu login atau mendaftarkan akunya dan bisa mengundangnya melalui link.

Tidak hanya itu saja, Zoho juga memiliki sejumlah fitur yang penting seperti mempunyai kemampuan untuk merekam panggilan dan moderasi, berbagi layar hingga membisukan partisipan.

Untuk meyakinkan penggunanya, di situs resminya Zoho membuat tabel sebagai perbandingan dengan Zoom.

GoToMeeting

Terakhir untuk alternatif Zoom ada GoToMeeting yang mempunyai segudang fitur menarik. Namun, untuk GoToMeeting hanya tersedia dalam versi berbayarnya. Harga paling murahnya hanya menawarkan kuota partisipan dengan maksimal 150 orang dan paling mahal pada 3000 orang.

Sama seperti aplikasi virtual meeting lainya, mempunyai dukungan untuk merekam obrolan/meeting dan berbagi layar ke partisipan. Saat ini, GoToMeeting tersedia di browser atau kamu dapat menginstallnya terlebih dahulu di Windows, Mac, Linux, iOS maupun Android.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER