32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaApdesi Ciamis Tegaskan Pentingnya Smartboard Android dan KiosK

Apdesi Ciamis Tegaskan Pentingnya Smartboard Android dan KiosK

Reportasee.com – Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia / APDESI Kabupaten Ciamis menilai pentinnya Smartboard Android dan KiosK bagi kinerja pemerintahan desa.

Sekretaris Apdesi Ciamis, Mohamad Abdul Haris, membenarkan, pihaknya melaksanakan pengadaan teknologi digital 4.0 tersebut.

Haris menjelaskan, perangkat teknologi pintar tersebut memiliki tujuan menyelesaikan persoalan-persoalan teknis pemerintah desa.  

Merujuk Permendes PDTT No. 13 tahun 2020, berkaitan dengan prioritas penggunaan dana desa, Haris mengungkapkan, pemerintah desa memiliki target pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Menurut Haris, dana desa tahun 2021 tetap diproyeksikan untuk pengaman sosial, desa aman Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Termasuk, sektor strategis sarana prasarana energi, komunikasi, pariwisata, pencegahan stunting serta pengembangan desa inklusif.

Berkaitan dengan pengadaan Smartboard Android dan KiosK, Haris menyebutkan, perangkat pintar tersebut dapat menunjang proyeksi penggunaan dana desa 2021.

Perangkat teknologi pintar itu juga, kata Harus, dapat membantu menciptakan pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel.

Pasalnya, masyarakat dapat mengakses secara langsung segala bentuk informasi terkait penggunaan anggaran serta kegiatan pengembangan potensi desa.

Baca:  Hp Harga 3 Jutaan Terbaru dengan Spek Tinggi

Selain itu, Haris menambahkan, teknologi Smartboard Android memberikan semua pihak termasuk institusi Negara lainnya mengakses secara langsung pengunaan dan pengelolaan anggaran desa.

Haris juga mengakui, teknologi pintar ini menuntut agar pemerintah desa melakukan transparansi sehingga terhindar dari korupsi, kolusi dan gratifikasi.

Baca:  Detoks Keuangan Sebagai Bentuk Financial Care

Pada kesempatan itu, Haris menegaskan, teknologi canggih yang pemerintah desa manfaatkan ini juga akan dikelola oleh SDM yang mumpuni, karena ada pelatihan khusus terlebih dahulu.

Haris memastikan, Smartboard Android tersebut juga memudahkan dalam hal pendataan yang berkaitan dengan urusan masyarakat.

Terkait KiosK, Haris menuturkan, perangkat ini memudahkan warga mengakses kebutuhan surat-menyurat. Selain itu, terdapat fitur pengelolaan marketplace melalui Bumdes untuk memasarkan produk inovasi warga.

KiosK juga mempunyai fitur scanner serta sistem pengoperasiannya dapat mengurangi interaksi antara petugas desa dengan warga.

Pastinya, kata Sekretaris Apdesi Ciamis ini, teknologi Smarboard Android dan KiosK sejatinya menciptakan transparansi pengelolaan keuangan pemerintah desa. ***

Editor : Deni Supendi

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer