Aneka Susu Sehat yang Alami Selain Susu Sapi

Advertisement

Selama ini, masyarakat lebih cenderung hanya pada satu jenis susu alami, apalagi kalau bukan susu sapi. Padahal, jika Anda mau mencari aneka susu sehat yang alami dan cocok untuk diet atau penasaran dengan rasanya yang berbeda, ada 7 jenis susu lain yang layak Anda coba.

Seperti daftar susu yang akan kita bahas berikut ini, tentu tidak kalah enak dan bisa jadi alternatif bagi Anda yang punya alergi terhadap susu sapi.

Susu Rami

Sudah pernah dengan susu rami sebelumnya? Susu rami juga salah satu dari aneka susu sehat yang terbuat dari biji rami yang didapatkan setelah digiling dan direndam beberapa saat. Meski belum banyak yang tahu soal susu rami, ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin minum susu vegan.

Biji rami sendiri tinggi protein, lemak tak jenuh, omega-3, dan omega-6. Susu rami yang alami nyaris tidak memiliki karbohidrat. Sayangnya, susu rami masih sulit untuk ditemukan di Indonesia. Nah, orang luar negeri biasanya akan menambahkan gula merah atau sirup gula sebagai tambahan rasa.

Susu rami ini sehat karena 0 kandungan kolesterol di dalamnya. Hal ini membuat minimnya terjadi penumpukan lemak pada arteri. Tidak lupa, tingginya kandungan potasium yang bisa menurunkan tekanan darah.

Advertisement

Susu Gandum

Susu gandum terbuat dari biji gandum utuh yang produsen ekstrak. Jadi, tidak heran jika susu gandum memiliki tekstur yang lebih kental dari susu sapi. Ini termasuk dalam aneka susu sehat yang alami, sayangnya kandungan susu gandum tidak sebaik makan gandum utuh.

Namun dalam susu gandum terdapat lebih banyak serat berubah menjadi gel selama ada di pencernaan. Hal ini membantu memperlambat kerja pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Susu gandum bisa jadi minuman untuk penderita diabetes karena bisa membantu menstabilkan kadar gula darah Anda dan mengurangi kadar kolesterol. Hal ini sudah terbukti pada 52 pria menunjukkan bahwa minum susu gandum menurunkan kadar kolesterol LDL dalam jangka waktu 5 minggu.

Susu Almond

Susu almond kini tengah naik daun dan masuk salah satu kategori aneka susu sehat. Bukan hanya karena rasanya, tapi juga gizinya yang baik bagi tubuh. Nah, susu ini terbuat dari almond yang direndam dalam air, dihaluskan, dan disaring. Meski bisa jadi pengganti susu sapi, Anda yang memiliki alergi pada kacang-kacangan, perlu hati-hati.

Bagi Anda yang sedang diet karbohidrat, susu almond tanpa pemanis buatan adalah pilihan yang paling tepat. Ini karena susu almond lebih rendah kalori daripada susu sapi. Namun baiknya, Anda cek lebih dulu apakah merek susu almond pilihan Anda mengandung gula buatan atau tidak.

Susu almond kaya akan nutrisi, sebut saja seperti vitamin E, vitamin D, kalsium, dan lain sebagainya. Namun, susu almond tidak cocok untuk bayi sebagai pengganti ASI.

Susu Kedelai

Aneka susu sehat yang alami berikutnya adalah susu kedelai. Susu kedelai sangat mudah Anda temukan baik di supermarket dalam bentuk kemasan kardus maupun di pasar tradisional yang menggunakan bungkus plastik dengan aneka varian rasa.

Susu kedelai pun aman untuk anak-anak usia sekolah dasar karena kandungan proteinnya tidak kalah banyaknya dengan susu sapi. Selain itu, susu kedelai juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyakit jantung.

Namun ada baiknya, Anda mencoba untuk mengonsumsi susu kedelai yang tanpa rasa atau pemanis buatan. Dengan begitu akan lebih sehat untuk Anda konsumsi.

Santan

Anda tidak perlu kaget karena santan memang bisa jadi salah satu aneka susu sehat pengganti susu sapi yang rasanya unik dengan dominan rasa gurih yang nikmat. Selain itu, santan juga bisa jadi rekomendasi susu nondairy untuk Anda yang memiliki alergi pada susu berbahan kacang.

Biasanya, santan akan dicampur dengan sedikit air untuk menyesuaikan rasa supaya mirip susu sapi. Bahkan, ada penelitian yang mengatakan bahwa kandungan protein santai lebih baik daripada susu almond.

Nah, santan minum dengan santan untuk masak memiliki perbedaan. Susu santan lebih tinggi lemak, tidak difortifikasi, dan memiliki rasa kelapa yang jauh lebih terasa. Walau memang santan minum pun kadar lemaknya lebih tinggi daripada susu nabati lainnya.

Susu Kambing

Susu kambing memiliki tekstur yang cenderung lebih creamy daripada susu lainnya. Makanya, banyak kafe atau resep masakan menggunakan susu kambing alih-alih susu sapi. Uniknya, antara satu merek susu kambing dengan lainnya kadang memiliki rasa yang berbeda.

Ini karena tergantung bagaimana cara mengolahnya dan apa jenis kambing yang digunakannya. Makanya ada yang rasanya manis, ada juga yang rasanya pedas. Selain itu, banyak yang sudah membuktikan bahwa susu kambing bisa menjadi obat untuk penderita asma.

Sayangnya, susu kambing justru memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi daripada susu sapi. Dan sama dengan susu sapi, tidak sedikit yang mengalami alergi.

Aneka susu sehat yang alami di atas membuktikan bahwa ada banyak pilihan lain selain susu sapi yang bisa dinikmati. Dan semuanya memiliki khasiatnya sendiri, menarik ‘kan? Selamat mencoba!

Show More
Advertisement