Air Kelapa untuk Asam Lambung, Ketahui Apa Saja Kandungannya

0
15
Air Kelapa Untuk Asam Lambung
air kelapa untuk asam lambung (foto: pixabay)

Reportasee.com – Air kelapa untuk asam lambung ternyata cukup membantu bila Anda konsumsi secara teratur. Tentunya masih banyak lagi manfaat yang dapat Anda peroleh dari air kelapa untuk kesehatan tubuh.

Manfaat air kelapa tidak terlepas dari kandungannya yang sangat bergizi. Kandungan gizinya meliputi vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, asam folat dan juga serat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang tubuh kita butuhkan.

Oleh karena itu, air kelapa sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan kesehatan lambung. Anda pun dapat mengonsumsinya secara teratur dan sesuai dengan anjuran. Hal ini terbukti mampu menghilangkan asam lambung dengan tepat.

Minum air kelapa muda sangat cocok ketika cuaca sedang panas. Karena air kelapa banyak mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Selain menyegarkan, kandungan mineralnya yang tinggi dapat menggantikan cairan tubuh setelah beraktivitas dan mengeluarkan keringat.

Air kelapa juga memiliki antioksidan sehingga mampu mengatasi racun dan menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah dapat menurunkan tingkat kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Tidak hanya itu, air kelapa juga mempunyai khasiat yang penting untuk mengobati asam lambung dan masalah pada pencernaan. Ini karena kandungan kaliumnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi minuman tersebut, ketidaknyamanan karena asam lambung dapat segera teratasi. Selain itu, bisa membantu meredakan sensasi terbakar ketika terjadi gejala refluks asam lambung. Karena gejala tersebut akan menimbulkan rasa nyeri dan terbakar pada daerah dada dan tenggorokan.

Baca:  Didi Sukardi Nilai BUMDes di Ciamis Belum Berkembang Efektif

Khasiat Air Kelapa untuk Asam Lambung, Ternyata Ini Kandungannya

Air kelapa termasuk salah satu minuman yang baik bagi penderita asam lambung. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam air kelapa terdapat banyak kandungan kalium.

Kandungan tersebut mempunyai khasiat untuk menjaga pH dalam tubuh. Sehingga kadar asam lambung Anda akan lebih mudah terkendali.

Khasiat lainnya juga dapat mengurangi resiko refluks asam lambung. Hal ini dapat terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan yang merupakan saluran penghubung antara mulut dan lambung.

Ketika asam lambung naik, maka tingkat asam pH dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Sehingga saat minum air kelapa, asam tersebut menjadi bersifat basa. Hal ini tentu dapat membantu dalam memproduksi lendir pada perut.

Lendir tersebut bisa melindungi dari resiko berbahaya saat produksi asam dalam lambung meningkat. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan pencernaan, sebaiknya perbanyak mengonsumsi  makanan dan minuman yang mengandung banyak serat.

Hal ini dapat Anda peroleh salah satunya berasal dari air kelapa. Anda dapat menggunakan air kelapa sebagai minuman harian. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin saat setengah jam sesudah makan.

Dengan mengonsumsi secara teratur, terbukti air kelapa mampu membantu asam lambung tetap terjaga dan tidak naik. Mungkin Anda belum mengetahui sebenarnya faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hal tersebut.

Baca:  Tempat Wisata di Nganjuk Jatim Ini Menarik Banget

Pada dasarnya, hal ini tidak terlepas dari adanya berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada dalam buah tersebut, yaitu:

Kalium

Kandungan yang terdapat pada air kelapa yaitu kalium. Air tersebut termasuk sumber kalium elektrolit yang sangat baik. Dalam satu cangkir air ini terdapat kandungan 600 mg. Air kelapa menjadi salah satu minuman alami  dan dapat Anda konsumsi setelah melakukan aktivitas yang berat.

Efeknya tidak hanya dapat mengatasi asam lambung saja, melainkan juga dapat menjaga kesehatan tubuh lainnya. Karena saat kadar kalium dalam tubuh mengalami penurunan, maka akan mempengaruhi sistem saraf.

Hal ini tentu akan mengakibatkan detak jantung menjadi tidak teratur. Bahkan bila tidak segera Anda tangani, dapat menimbulkan resiko yang lebih fatal. Itulah sebabnya sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi air kelapa yang kaya akan kandungan nutrisinya.

Nilai Gizi

Lambung yang mengalami peradangan tidak dapat menyerap air dan gula dari makanan. Sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan gizi. Mengonsumsi air kelapa terbukti dapat meredakan peradangan atau rasa panas bagi penderita asam lambung.  Ini karena air kelapa ternyata kaya akan nutrisi dan nilai gizi yang sangat tinggi.

Komposisi dalam satu gelas air kelapa terdapat cukup banyak kandungannya. Air ini juga mempunyai kandungan gizi yang terdiri dari 46 kalori, 6,26 gram gula dan 8,9 gram karbohidrat.

Tidak hanya itu saja, dalam air kelapa juga terdapat kandungan serat yang cukup banyak. Kandungannya meliputi 2,6 gram serat  atau 9,3% dari kebutuhan harian tubuh. Selain  itu, Air kelapa juga mempunyai kandungan protein sebesar 1,78 gram.

Baca:  Kang Agun Dapat Penghargaan Positive News Maker Priangan Timur 2020

Mineral dan Vitamin

Air kelapa juga menawarkan beberapa sumber vitamin yang sangat penting. Segelas air saja terdapat 5,8 mg vitamin C, folat, niasin, tiamin, riboflavin dan vitamin B-6.

Selain itu, juga terdapat kandungan mineral yang cukup berguna bagi tubuh. Bahkan terdapat juga kandungan lainnya seperti zat besi, fosfor, seng, magnesium, dan kalsium.

Saat seseorang mengalami gangguan pada lambung, biasanya tubuhnya akan kehilangan beberapa mineral essensial. Dengan meminum air kelapa akan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut.

Air kelapa mempunyai banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dan rasakan. Bahkan memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Air kelapa yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, dapat menjaga kesehatan jantung juga. Oleh karena itu sebagian besar orang banyak yang memilih mengonsumsinya sebagai minuman alami sesudah beraktivitas berat.

Air kelapa juga telah terbukti dapat meredakan asam lambung yang naik. Hal ini tentu akan lebih terasa bila Anda dapat mengonsumsinya secara rutin. Ini juga bisa menjadi terapi alternatif untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan.

Demikianlah beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada air kelapa untuk mengatasi gangguan penyakit asam lambung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.