27.3 C
Indonesia
Kamis, September 19, 2019
No menu items!

98 Kota Bakal Meriahkan Semarang Night Carnival 2019

Wajib Baca

Orion Dijadwalkan Terbang ke Ohio Tahun Depan

Reportasee.com,- Pesawat ruang angkasa Orion segera dijadwalkan terbang menuju ke Ohio beberapa tahun lagi. Pesawat yang...

Letusan Gunung Berapi Russia Ungukan Matahari

Reportasee.com,- Letusan gunung berapi di Russia menyebabkan Matahari terbenam menjadi ungu. Para peneliti di University of Colorado...

Diduga Berani Melakukan ini, Foto ‘Manjalita’ Syahrini Terancam Bocor

Reportasee.com, - Baru-baru ini banyak dibicarakan, bahwa sebelumnya Syahrini mengaku bersyukur mempunyai mertua yang baik hati serta...

JATENG,- Semarang Night Carnival (SNC) 2019 yang merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Semarang akan diselenggarakan tanggal 3 Juli 2019 mendatang.

Event tahunan bertaraf internasional ini juga akan dimeriahkan dengan Pawai Budaya dari 98 kota anggota APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia).

Aneka kostum warna-warni akan dikenakan oleh para pelajar dan peserta umum yang mengikuti Semarang Night Carnival 2019 nanti.

Bahkan, negara-negara sahabat seperti China, Taiwan, Korea, Srilanka, dan Senegal juga telah memastikan diri untuk turut memeriahkan karnaval SNC tahun ini.

Acara yang mengusung tema “Pelangi Nusantara” ini dimaksudkan untuk menggambarkan Indonesia sebagai negara dengan keberagaman suku, ras, agama, maupun golongan. Meski berbeda-beda, tapi tetap rukun dan kokoh dalam kesatuan NKRI.

Khususnya Kota Semarang yang merupakan salah satu kota yang masyarakatnya terdiri dari berbagai macam etnis, ras, dan agama.

Tema Pelangi Nusantara ini akan terbagi menjadi 4 defile atau sub tema, antara lain Wayang (Pulau Jawa dan Bali), Indonesia Timur, Sumatera, dan Enggang (Kalimantan). Setiap defile mewakili budaya Nusantara berdasarkan rumpun pulau yang ada di Indonesia.

Keanekaragaman yang Diusung dalam SNC 2019

Sebagai defile pertama, Wayang merupakan seni pertunjukan asli Indonesia yang mengalami perkembangan pesat di Pulau Jawa dan Bali. Warna yang mendominasi defile ini adalah emas, coklat, dan hitam.

Defile yang kedua adalah Indonesia Timur. Sub tema ini menampilkan ciri khas dari provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian timur Indonesia, yaitu Papua.

Papua dikenal memiliki hasil ukiran kayu yang unik dan naturalis sehingga membuat karya ukir tersebut bernilai tinggi. Warna yang mendominasi untuk defile Indonesia Timur adalah Coklat, Hitam, dan Putih.

Defile selanjutnya yaitu Sumatera. Defile ini terdiri dari etnis asli Nusantara yang berbahasa dan menjunjung tinggi adat Minangkabau. Berbagai macam atraksi dan kesenian dimiliki oleh masyarakat Minang. Defile ini didominasi dengan warna emas, merah, dan hitam.

Defile terakhir adalah Enggang, dimana merupakan salah satu nama burung langka yang dilindungi di Indonesia. Burung yang juga dikenal dengan sebutan Rangkong ini konon begitu disakralkan oleh Suku Dayak.

Warna yang mendominasi defile Enggang atau Kalimantan adalah hitam, putih, orange, kuning, hijau, dan merah.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjanjikan pertunjukan spektakuler pada event bertaraf internasional ini.

Pemkot Semarang optimistis gelaran SNC 2019 dapat semakin mengukuhkan Semarang sebagai kota yang “go internasional”. Apalagi bila melihat semakin banyaknya negara-negara lain yang turut berpartisipasi dalam event bertaraf internasional ini.

Rencananya acara SNC 2019 akan dimulai tanggal 3 Juli 2019 pukul 18.30.

Para peserta SNC dan Pawai Budaya akan melewati jalur yang sama, berawal dari depan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di Jl Imam Bonjol, menuju Jl Piere Tendean, Jl Pemuda Balaikota, dan diakhiri di Gedung Pandanaran di Jl Imam Bonjol. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru

Orion Dijadwalkan Terbang ke Ohio Tahun Depan

Reportasee.com,- Pesawat ruang angkasa Orion segera dijadwalkan terbang menuju ke Ohio beberapa tahun lagi. Pesawat yang...

Letusan Gunung Berapi Russia Ungukan Matahari

Reportasee.com,- Letusan gunung berapi di Russia menyebabkan Matahari terbenam menjadi ungu. Para peneliti di University of Colorado Boulder telah mengemukakan fenomena itu.

Diduga Berani Melakukan ini, Foto ‘Manjalita’ Syahrini Terancam Bocor

Reportasee.com, - Baru-baru ini banyak dibicarakan, bahwa sebelumnya Syahrini mengaku bersyukur mempunyai mertua yang baik hati serta penuh perhatian. Hal ini tidak...

Tips Membeli Smartphone Online Aman

Smartphone saat ini memberikan banyak kemudahan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari sejak adanya internet. Sejak adanya e-commerce kemudahan menemukan dan membeli smartphone...

4 Asupan Sehat Untuk Syaraf Yang Baik Dikonsumsi

Syaraf merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang terpenting karena yang memberikan sensor ke otak. Jika syaraf dalam tubuh mengalami gangguan maka akan merusak...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -