RAMADHAN,- Di antara bulan lainnya dalam kalender Hijriyah, Ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah karena terdapat banyak keutamaan bulan Ramadhan yang patut disambut dengan penuh sukacita.

Ramadhan merupakan bulan istimewa, bulan dimana semua ibadah dan amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya. Bulan penuh rahmat dan ampunan, bulan diturunkannya Al Quran, dan bulan yang akan melatih diri kita menjadi pribadi lebih baik.

Apa saja keutamaan yang ada di bulan suci Ramadhan? Berikut kami sampaikan ulasannya!

  1. Bulan yang Penuh Keberkahan

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana Allah membelenggu setan, menutup pintu-pintu neraka, dan membuka seluas-luasnya pintu surga.

Sebagaimana hadits riwayat Bukhari-Muslim yang berbunyi, “Saat memasuki bulan Ramadhan, maka semua setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, dan pintu-pintu surga dibuka.”

  1. Bulan Diturunkannya Alquran dan Adanya Malam Seribu Bulan

Jumhur ulama sepakat menetapkan 17 Ramadhan sebagai tanggal diturunkannya Al-Quran, sebagaimana dijelaskan dalam QS Al-Baqarah ayat 185.

Selain itu, dalam surat Al-Qadr ayat 1, Allah Subhanahu wa ta’ala juga menyebut malam diturunkannya Alquran dengan istilah Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dengan kata lain, berbuat baik pada malam tersebut setara dengan amal kebaikan selama 1000 bulan atau sekitar 83 tahun.

  1. Bulan Pahala Akan Dilipat gandakan

Di bulan Ramadhan, semua ibadah dan kebaikan akan dilipat gandakan. Termasuk ibadah membaca Alquran. Disebutkan dalam Hadits riwayat Muslim, untuk setiap ayat Alquran yang dibaca pada hari biasa akan mendapatkan pahala 10x lipat.

Sedangkan di bulan Ramadhan, kebaikan tersebut akan dilipat gandakan hingga 70 kali lipat. Dengan kata lain kita akan memperoleh 700 kebaikan setiap membaca satu ayat Alquran di bulan Ramadhan.

  1. Bulan Penuh Ampunan

Setiap ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan dapat menggugurkan dosa yang pernah kita lakukan di masa lalu. Bahkan keutaman Shalat Tarawih berjamaah yang hanya dilakukan saat bulan Ramadhan dapat menggugurkan dosa-dosa kita.

  1. Bulan Melatih Diri untuk Mengendalikan Hawa Nafsu

Di bulan Ramadhan umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Puasa bukan hanya menahan makan dan minum mulai terbit fajar sampai matahari terbenam, tetapi juga menahan syahwat, emosi, dan perkataan-perkataan yang tidak baik.

  1. Momentum untuk Saling Berbagi dan Membersihkan Harga

Pada penutup bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah merupakan sarana untuk kita saling berbagi dan membersihkan harta karena di setiap harta yang kita miliki terdapat pula hak-hak bagi orang yang kurang mampu.

Demikian 6 keutamaan bulan Ramadhan yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya masih banyak lagi keutamaan lainnya yang ada di bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, jangan sia-siakan bulan Ramadhan. Mari kita berlomba-lomba untuk beribadah dan berbuat kebajikan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here