4 Tempat Asyik Wajib Kamu Kunjungi di Wanareja

0
65
4 Tempat Asyik Wajib Kamu Kunjungi di Wanareja
Foto : Alun-alun Wanareja

JATENG,- Wanareja adalah sebuah nama kecamatan yang ada di Cilacap, tepatnya di wilayah Cilacap bagian barat. Menurut kebanyakan orang, kata Wanareja merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Jawa, yakni Wana artinya hutan dan Reja yang artinya makmur.

Dengan kata lain, Wanareja memiliki arti sebuah hutan yang makmur. Dalam setiap nama mempunyai filosofi yang berbeda dan juga terdapat suatu doa dan harapan. Kelak Wanareja akan menjadi sebuah kecamatan yang makmur di tanah Jawa.

Wanareja masih mempunyai tradisi adat dari leluhur yang masih ada dan terjaga oleh sebagian masyarakat. Seperti halnya sedekah ketupat/ rebo wekasan dan sedekah bumi.

Wanareja merupakan kecamatan yang wilayahnya cukup luas. Wilayahnya meliputi dataran rendah dan dataran tinggi. Wanareja didominasi oleh dataran tinggi (daerah pegunungan), ini terbukti oleh banyaknya wilayah desa yang berada di dataran tinggi. Dan Mayoritas masyarakat Wanareja bekerja sebagai petani.

Wanareja terdiri dari 16 desa, antara lain :

Desa Adimulya, Desa Bantar, Desa Cigintung, Desa Cilongkrang, Desa Jambu, Desa Limbangan, Desa Madura, Desa Madusari, Desa Majingklak, Desa Malabar. Desa Palugon, Desa Purwasari, Desa Sidamulya, Desa Tambaksari, Desa Tarisi.

Desa Wanareja

Wanareja berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, tepatnya dengan Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat. Ada dua desa di Wanareja yang berbatasan langsung dengan Langensari, Kota Banjar  yaitu desa Madura dan Sidamulya.

Desa Sidamulya dan Kecamatan Langensari, Banjar dipisahkan oleh sebuah sungai yang bernama Sungai Citanduy. Akses jalan yang menghubungkan kedua daerah ini adalah sebuah jembatan gantung khusus yang hanya bisa dilewati oleh sepeda motor dengan jalur satu arah secara bergantian.

Kebanyakan masyarakat Wanareja menggunakan bahasa Sunda dalam berkomunikasi sehari-hari. Entah mengapa alasannya, banyak orang awam yang bingung dan bertanya-tanya mengapa salah satu daerah yang terletak di Jawa Tengah, yang kita pikir seharusnya menggunakan bahasa Jawa dalam berkomunikasi, justru malah  banyak orang yang menggunakan bahasa Sunda.

Mungkin karena letak wilayah Wanareja yang berada di ujung barat Cilacap dan dekat dengan wilayah Jawa Barat, sehingga culture dan bahasanya pun kadang ada suatu kesamaan. Atau mungkin ada alasan lain yang lebih pasti tentang hal ini yang kita tidak tahu.

Jika kamu ke Wanareja, kamu harus mengunjungi 4 tempat asyik yang ada di Wanareja.

4 Tempat Asyik Wajib Kamu Kunjungi di Wanareja

Curug Bandung

Curug Bandung terletak di Dusun Cikelet Desa Limbangan. Jika kamu ingin pergi kesini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Alun-alun. Kamu akan berhenti di sebuah warung, dan kamu bisa menitipkan kendaraan kamu di warung tersebut.

Kamu akan berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke lokasi. Akses jalan menuju curug sangat mudah untuk dilewati, tetapi akan sangat licin dan susah untuk dilewati jika hujan, karena jalan setapak beralaskan tanah dan trek yang menurun, membuat kita harus lebih berhati-hati.

Suara gemercik air yang jatuh dari atas tebing, air yang jernih, dan suasana curug bandung yang masih asri membuat relax setiap orang yang berkunjung ke tempat ini.

4 Tempat Asyik Wajib Kamu Kunjungi di Wanareja

Curug Manik

Curug yang terletak di perbatasan antara desa Cigintung, Wanareja dengan desa Cibeunying, Majenang. Kamu butuh waktu sekitar 45 menit dari alun-alun untuk sampai ke curug manik.

Curug manik memiliki debit air yang sangat stabil saat musim hujan atau musim kemarau. Pemkab Cilacap sudah berencana untuk menjadikan Curug manik sebagai objek wisata.

4 Tempat Asyik Wajib Kamu Kunjungi di Wanareja

Kebun Buah Naga di Majingklak

Tepatnya di Dusun Karangsari Desa Majingklak, kebun buah naga milik salah satu warga yang cukup luas ini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Tempat ini sering dipakai segelintir orang, khususnya anak muda untuk berswafoto.

Faktanya jika kita mengunjungi tempat ini serasa seperti di tempat wisata buah naga sungguhan, meskipun sebenarnya ini bukan tempat wisata melainkan kebun pribadi milik warga. Tempat ini dibuka untuk umum dan sang pemilik tidak pernah melarang siapapun yang ingin berkunjung ke kebun buah naga miliknya tersebut.

Syaratnya, asalkan tidak merusak apapun yang ada di kebun. Jika sedang panen dan kamu  sedang beruntung, kamu akan diajak untuk sekedar mencicipi buah naga secara gratis oleh sang pemilik.

Kuliner Alun-alun Wanareja malam hari

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah  tidak mencoba kuliner yang ada di daerah tersebut. Kamu akan disuguhi aneka makanan kaki lima yang siap memanjakan lidah. Salah satunya menu mendoan dengan sambal khas angkringan.

Atau kamu juga bisa menikmati sate di warung sate legendaris  yang ada di Wanareja yaitu “Warung Sate Sipan”. Dan kamu juga bisa menikmati kuliner lainnya seperti roti bakar, nasi goreng, pecel, gembus, seblak, bakso, ayam bakar dll. Ayo ke Wanareja!!!😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here