22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBerita4 Cara Menghias Ruang Tamu Agar Terkesan Luas dan Kekinian

4 Cara Menghias Ruang Tamu Agar Terkesan Luas dan Kekinian

Cara menghias ruang tamu di lahan rumah yang sempit kini tidak lagi terasa sulit. Anda sebagai pecinta home decor tetap dapat mengeksplorasi kreativitas Anda tanpa khawatir ruang tamu Anda terkesan semakin terhimpit. Meski syarat melakukannya terbilang cukup susah, tetapi akan ada kebanggaan tersendiri ketika Anda sanggup mewujudkannya. Nah, bagaimana cara menghias ruang tamu agar terasa lebih luas, nyaman dan kekinian? Berikut tipsnya!

Dominasi Ruangan Dengan Warna Putih 

kosmonesia.com

Warna putih adalah warna yang sangat sesuai untuk orang yang hobi menjaga kebersihan. Penggunaan warna putih sebaiknya dilakukan untuk interior saja, karena penggunaan untuk area eksterior berpotensi mengurangi nilai estetika rumah. Pasalnya, warna ini merupakan warna dasar dari aneka warna. Sifatnya sangat sensitif, mudah kotor, dan mudah meninggalkan bekas goresan benda. 

Cara menghias ruang tamu yang sempit dimulai dari pemilihan warna dinding putih. Dominasi warna dinding putih akan memberikan kesan luas tanpa batas. Pemilihan warna putih tidaklah terkesan kuno. Pasalnya, warna putih justru dijadikan trend centre pembangunan interior rumah minimalis selama 5 tahun terakhir. 

Secara psikologis, dominasi interior warna putih akan memberikan kesan bebas, luas, jernih, bersih, dan tentunya tanpa batas. Interior berdominasi warna putih juga akan membuat penghuninya mendapatkan kenyamanan, ketenangan dan pemikiran yang jernih. Kelebihan warna putih secara medis sanggup meredakan rasa nyeri, sedangkan di sisi lain, dapat melelahkan mata apabila terlalu mendominasi. Tetapi Anda tak perlu khawatir, karena warna putih adalah warna yang sangat menonjolkan warna lain di sekitarnya. Sehingga efek negatifnya dari warna putih akan tertutupi dengan sendirinya. 

Hindari  Penggunaan Home Decor Terlalu Banyak, Berbentuk Bulat, Dan Berwarna Mencolok

https://ruangarsitek.id/ruang-tamu-minimalis/

Cara menghias ruang tamu berikutnya tentunya dengan penggunaan home decor dan wall decor kekinian. Fungsinya bukan sekedar sebagai pemanis ruangan, tetapi akan menonjolkan sisi kreativitas dan kepribadian pemiliknya. Anda dapat menambahkan pigura, rak vintage, karpet, sofa dan lain-lain. 

Anda dapat bebas memilih home decor secara bebas tetapi ada beberapa poin yang haruss Anda hindari. Poin terlarang tersebut yakni penggunaan home decor yang terlalu banyak dengan bentuk yang cenderung bulat. Home decor yang terlalu banyak justru akan memicu kesesakan Anda dalam ruangan. Terlebih jika home decor yang Anda gunakan berbentuk oval atau bulat. Karena bentuk oval atau bulat justru akan memberi kesan batasan pada ruangan. Selain mampu memantulkan cahaya secara berlebihan, juga akan memberikan efek batasan pada ruang tamu Anda. Untuk mengantisipasi hal ini, pilihlah pernak pernik home decor dengan warna kalem. Warna pastel adalah warna yang paling direkomendasikan apabila Anda ingin menciptakan kesan kekinian. Warna home decor tersebut termasuk warna biru pastel, abu-abu, hijau pastel, coklat pastel, dll. 

Baca:  Tips Membeli Motor Bekas Ini Penting Diperhatikan
Baca:  Aplikasi Travel dan Hotel, Pilihan Terbaik Untukmu!

Manfaatkan Kaca Berukuran Jumbo

https://www.archify.com/id/archifynow/5-cara-kreatif-memperluas-ruang-dengan-cermin

Cermin adalah media paling utama untuk membuat ruangan sesempit apapun menjadi lebih luas. Cermin dapat menutupi kekurangan ruangan agar tidak terlihat kosong. Pantulan cahaya yang berasal dari cermin sanggup menghidupkan benda-benda di depannya. Anda juga tidak perlu khawatir penampilan Anda kacau. Karena cermin lebar dapat membantu Anda melihat penampilan secara utuh Anda setiap saat.

Tambahkan Sentuhan Tanaman Interior 

https://www.pikiran-rakyat.com/properti/pr-01329140/7-dekorasi-keren-ini-bakal-bikin-rumah-tampak-modern-dan-kekinian-banget

Saat ini industri home decor telah berkembang pesat dan menawarkan beraneka bunga hias, baik alami maupun yang berjenis artificial. Beberapa pilihan tanaman yang sedang in adalah daun palmetto yang dikeringkan, serabut palmetto, daun janda bolong, bunga edelweis dan lain-lain. Jika Anda ingin mengusung konsep natural, pemilihan tanaman-tanaman non artificial sangat dianjurkan. Tetapi jika Anda tidak ingin ribet perawatan tanaman, tanaman artificial adalah pilihan yang tepat. Meski demikian, cukup letakkan tanaman-tanaman tersebut di beberapa sudut agar tidak terkesan berlebihan.  

Gunakan Jendela Dengan Pola Desain Kotak Besar Serta Memanjang

https://blog.spacestock.com/model-jendela-minimalis/

Jendela merupakan furniture utama untuk membingkai sebuah ruangan sekaligus menjadi media pencahayaan alami dari luar. Pastikan jendela yang Anda gunakan sanggup memaksimalkan pencahayaan dari luar ruangan. Selain sanggup membantu Anda untuk menghemat listrik, ruang tamu mungil Anda akan terkesan lebih hidup dan segar. 

Pemasangan jendela juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Bentuk dan pola desainnya akan berpengaruh pada kesan luas sempitnya ruang tamu Anda. Pilihlah jendela dengan desain kotak berukuran jumbo yang memanjang. Warna yang digunakan pun disarankan yang senada dengan tembok Anda. Sehingga ruang tamu Anda tidak terasa sesak dengan furnitur yang ada.

Empat cara menghias ruang tamu di atas adalah cara sederhana dan ekonomis bagi Anda yang memiliki hunian sempit. Cara menghias ruang tamu kini semakin mudah dengan menjamurnya industri home decor yang menawarkan berbagai hasil kerajinan tangan (DIY), hiasan dinding atau wall decor, hingga homeware. Tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk membatasi diri berkreasi di rumah sendiri. Meski lahan serba minimalis, masih banyak cara praktis dan inovatif untuk membuat kenyamanan dan ketenangan Anda di rumah semakin maksimalis. 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular