BeritaPendidikanProvinsi Jawa BaratRegional

1458 Mahasiswa Baru Ikuti BAMBA Mandiri Unigal

PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
Aqsa Guest House
PMB Unigal
PMB Unigal
pmb Unigal
Aqsa Guest House

Sebanyak 1458 orang mahasiswa baru kampus Universitas Galuh (Unigal) mengikuti kegiatan Bimbingan Akademik Mahasiswa Baru atau BAMBA Mandiri Tahun Akademik (TA) 2020/2021, Rabu-Kamis (09-10/09/2020).

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan BAMBA Mandiri, Agus Nurulsyam Suparman, S.IP.,M.SI., membenarkan, peserta yang mengikuti kegiatan BAMBA Mandiri TA 2020/2021 sebanyak 1458 orang dari jumlah total pendaftar sekitar 1945 orang.

Agus mengatakan, Kampus Universitas Galuh (Unigal) melaksanakan kegiatan BAMBA Mandiri selama dua hari, yakni tanggal 09 dan 10 September 2020.

Pelaksanaan kegiatan BAMBA TA 2020/2021 secara online alias daring. Hal itu merujuk pada panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga : Gali Potensi Desa, BEM FE Unigal Ciamis Kunjungi Bank Sampah Tumras

Pada kesempatan itu, Agus menjelaskan, tujuan umum pelaksanaan kegiatan BAMBA Mandiri adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus Universitas Galuh.

Kepercayaan Terhadap Unigal Terus Meningkat

Rektor Universitas Galuh (Unigal), Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs.,M.Si., mengucapakan terima kasih kepada peserta BAMBA Mandiri Unigal Ciamis TA 2020/2021.

Baca Juga :  Peringati Hari Ibu, Yeni Rohliani Soroti Peran Ibu dalam Keluarga

Yat berterimakasih lantaran peserta BAMBA berkenan memilih Universitas Galuh sebagai tempat untuk menimba ilmu.

Menurut Yat, kepercayaan masyarakat terhadap kampus Universitas Galuh terus meningkat setiap tahun. Untuk itu, sivitas akademika harus memelihara dan menjaganya bersama-sama.

Salah satu upaya untuk memelihara kepercayaan itu, kata Yat, yakni dengan cara meningkatkan pelayanan yang lebih prima terhadap para mahasiswa.

Yat menyebutkan, jumlah mahasiswa yang mendaftar pada Tahun Akademik kali ini mencapai 1458 orang. Pada masa pendaftaran, jumlah yang lolos mengikuti seleksi dan masuk mencapai 1945 orang.

Bagi Yat, besarnya jumlah pendaftar yang masuk ke Universitas Galuh tersebut membuktikan Universitas Galuh masih mendapatkan tempat di hati masyarakat. Meskipun, kondisi saat ini sedang dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Peringati Maulid Nabi, SDN 1 Baregbeg Ciamis Helat Perlombaan Edukatif 

Proses Seleksi Mahasiswa Baru

Yat menegaskan, proses seleksi penerimaan mahasiswa yang mendaftar dan masuk ke Universitas Galuh dilakukan dengan sangat ketat.

Dengan kata lain, mahasiswa yang lolos pada proses seleksi merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan dan terbaik.

Meski kepercayaan masyarakat terhadap Universitas Galuh cukup tinggi, Yat mengaku, pihaknya tetap memperhatikan rasio antara dosen dan mahasiswa. 

Terkait dengan kegiatan BAMBA Mandiri secara online, Yat mengaku memanfaatkan fasilitas teknologi informasi yang ada di kampus. 

Selain itu, pelaksanaan BAMBA Mandiri secara online juga merujuk pada ketentuan dalam Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru tahun 2020.

Pada kesempatan itu, Yat juga meminta mahasiswa baru mengikuti BAMBA Mandiri Unigal TA 2020/2021 dengan sebaik-baiknya. 

Sedangkan kepada para mahasiswa pendamping, Yat mengingatkan agar mereka tidak menodai kegiatan BAMBA dengan tindakan-tindakan yang membebani peserta, orang tua dan masyarakat.

Baca Juga :  LSI Network Denny JA Rilis Hasil Survei Cagub-Cawagub Jabar 2024

Apresiasi dari YPG

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan Pendidikan Galuh (YPG) Ciamis, H. Otong Husni Taufik, S.IP.,M.Si, mengapresiasi jajaran Rektorat.

Apresiasi tersebut terkait kinerja Rektor bersama-sama dengan timnya dalam melakukan promosi dan pencitraan kampus Universitas Galuh kepada masyarakat. 

“Terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan mendukung kemajuan kampus Universitas Galuh,” katanya.

Tidak lupa, Otong juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta BAMBA atau mahasiswa baru yang telah memilih Universitas Galuh sebagai tempat menimba ilmu.

Otong mendorong penyelenggara pendidikan Universitas Galuh untuk terus meningkatkan kualitas yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Selain itu, kata Otong, pihaknya juga terus berupaya menyediakan segala kebutuhan operasional untuk menunjang proses dan kualitas pendidikan.

Realisasi upaya pihak yayasan, kata Otong, tentunya menyesuaikan dengan aturan serta ketentuan Akreditas BAN-PT dan LAM-PTKes.

Senada dengan Rektor Universitas Galuh, Otong juga berharap panitia melaksanakan kegiatan BAMBA Mandiri dengan sepenuh hati, kesabaran dan penuh kasih sayang.

Lanjutkan Membaca
Back to top button