11 Amalan Sunnah di Bulan Puasa Ramadhan

11 Amalan Sunnah di Bulan Puasa Ramadhan. Bulan Ramadhan telah tiba saatnya mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan kegiatan berbagai macam amalan.

Amalan ibadah tersebut baik amalan Sunnah yang mendapatkan pahala. Kemudian amalan wajib yang juga memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Amalan sunnah di bulan puasa ramadhan tersebut antara lain sahur, bersedekah, hingga tadarus Al-Qur’an. Puasa merupakan rukun Islam yang keempat.

Puasa hukumnya wajib Muakallaf, yang berarti sudah dewasa, sehat, dan tidak mempunyai halangan untuk melakukan ibadah puasa.

Menahan makan dan minum selama bulan Ramadhan memiliki manfaat mulai belajar kesabaran sampai dengan solidaritas terhadap orang yang tidak mampu.

Tiga Tingkatan Puasa

Puasa terbagi menjadi tiga tingkat menurut Ihya Ulumuddin yang meliputi: Pertama: puasa umum yang artinya menahan perut, kemaluan dari keinginan/ syahwat.

Kedua: Puasa khusus, yang berarti menahan telinga, mata, lidah, tangan, kaki dan seluruh tubuh dari dosa. Ketiga:

ketiga: puasa khususnya untuk hari supaya selalu dekat dengan Allah khusus adalah menahan hati agar selalu fokus kepada Allah.

11 Amalan Sunnah di Bulan Puasa Ramadhan.

Sahur

Ketika datang bulan ramadhan penting melakukan kegiatan sahur di malam hari sampai jelang subuh.

Sebagaimana dalam riwayat hadits Al-Bukhari dari Anas bin Malik RA yang menyebutkan bahwa melakukan kegiatan sahur itu mendatangkan keberkahan.

Sahur merupakan keberkahan walaupun hanya seteguk air. Allah SWT akan selalu mendoakan bagi orang-orang yang makan sahur.

Sisi lain dari sahur, membuat orang-orang yang berpuasa menjadi kuat, dan akan merasakan ringan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Mengkaji Al-Quran dan Mengkhatamkannya.

Amalan Sunnah di bulan puasa ramadhan yang penting lainnya, yaitu mengkaji Al-Quran sampai khatam. Dengan membaca Al-quran sepanjang bulan ramadhan menambah pahala. A

Bersedekah

Amalan sunnah di bulan ramadhan yang lain, yaitu bersedekah. Sedekah merupakan kegiatan rutin Nab Muhammad SAW saat bulan puasa.

Pada bulan suci seperti sekarang ini menjadi moment yang tepat dengan menyisihkan sebagian rezeki pada orang yang tidak mampu lewat sedekah.

Berbagi Makanan Kepada orang yang Berpuasa

Kegiatan membagikan makanan atau takjil pada orang yang berpuasa juga merupakan salah satu amalan sunnah di bulan puasa ramadhan.

Hadist riwayat At-Tirmidzi menyebutkan bahwa siapa yang sering berbagi makanan pada orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berpuasa tanpa ada mengurangi pahala sedikit pun.

Memperbanyak Berdoa

Saat bulan puasa tiba perbanyak berdoa dengan hati khusu’ dan ikhlas. Dengan cara ini Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doa dari Hamba-Nya yang saleh.

Sebagaimana dalam hadits riwayat Abu Hurairah yang menyatakan bahwa ada tiga doa Allah SWT tidak menolaknya.

Ketiga doa tersebut antara lain: doa orang yang berpuasa sampai saat berbuka. Lalu, doa pemimpin yang adil dan doa orang yang teraniaya.

Menyegerakan Berbuka Puasa

Ketika waktu berbuka puasa datang segeralah melakukan berbuka puasa. Menyegerakan berbuka puasa salah satu amalan sunnah di bulan puasa ramadhan.

Sebagaimana dalam hadits riwayat Al-Baihaqi yang menyebutkan bahwa orang-orang yang yang menyegerakan berbuka puasa dan paling akhir dalam sahurnya

Ikhtikaf

Berdiam diri di dalam masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT menjadi cara lain melaksanakan amalan di bulan puasa ramadhan.

Berikhtikaf dalam hal ini merenung, introspeksi diri, muhasabah diri dan melakukan di dalam rumah maupun masjid.

Ikhtikaf terbaik dapat melakukannya pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Sebagaimana riwayat Aisyah yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW sering melaksanakan ikhtikaf pada 10 hari terakhir hingga wafatnya. Kemudian isteri-isteri Rasulullah SAW pun melakukannya setelah kepergian Nabi Muhammad SAW.

Bicara Lemah Lembut

Berpuasa tidak hanya menahan makan dan minum, tetapi juga untuk belajar berbicara dengan lemah lembut. Belajar melakukan pembicaraan dengan tidak secara Laghwu atau kasar dan Rafast atau perkataan jorok.

Umrah

Pada bulan puasa ramadhan melakukan kegiatan ibadah umroh juga sebagai cara melaksanakan amalan sunnah di bulan puasa ramadhan.

Qiyam Ramadhan

Shalat tarawih dan kegiatan ibadah shalat tahajud lainnya merupakan salah satu amalan sunnah di bulan puasa ramadhan.

Ibadah shalat tarawih bisa melakukannya di rumah dengan khusu’. Ibadah puasa ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda di bulan puasa ramadhan.

Sebagaimana dalam hadits riwayat Abu Hurairah yang menyebutkan bahwa barangsiapa yang melakukan ibadah shalat malam di bulan puasa ramadhan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya yang lalu.

Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Menghidupkan malam Lailatul Qadar salah satu cara dekat dengan Allah SWT pada bulan ramadhan. Di malam Lailatul Qadar tersebut sunnahkan memperbanyak dzikir, shalat dan membaca Al-quran.

Namun, pada malam Lailatul Qadar itu memperbanyak shalat menjadi keutamaannya. Sebagaimana riwayat Abu Hurairah yang menyebutkan bahwa barangsiapa yang di malam Lailatul Qadar melaksanakan shalat, karena mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu

Lailatul Qadar merupakan malam seribu bulan yang datang pada tanggal-tanggal ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Pahala di 10 hari terakhir bulan ramadhan lebih baik daripada melaksanakan amalan selama seribu bulan.

Itulah ulasan dan informasi singkat tentang 10 amalan sunnah di bulan puasa ramadhan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang melaksanakan ibadah puasa.